Tim Nissan Formula E Mencetak Poin dalam Kemenangan Akhir Pekan Misano

14 April 2024

Tim Nissan Formula E Mencetak Poin dalam Kemenangan Akhir Pekan Misano

MISANO, Italia (14 April 2024) – Tim Nissan Formula E mencetak kemenangan pertamanya di era Gen3 saat Oliver Rowland meraih kemenangan di Misano E-Prix yang pertama, sementara Sacha Fenestraz mencetak poin di kedua balapan terakhir.


Memulai balapan Hari Sabtu di posisi kelima di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Rowland menampilkan performa luar biasa, menunjukkan kecepatan konsisten sepanjang balapan. Finish di tempat kedua, Rowland menjadi pemenang balapan secara resmi setelah pembalap lain didiskualifikasi.


Pembalap asal Inggris itu kembali tampil impresif di ajang hari ini, berusaha keras dari posisi ke-10 di grid untuk memimpin. Dia memperluas keunggulan kejuaraannya, tetapi masalah teknis dengan data menyebabkan mobil kehabisan energi pada putaran terakhir dan berhenti di trek.

Sacha Fenestraz menikmati akhir pekan yang positif dengan nomor mobil #23. Pembalap Perancis-Argentina itu berjuang keras untuk kembali meraih poin di posisi kesembilan pada Hari Sabtu, sebelum mengambil langkah yang kuat untuk acara hari ini. Memulai posisi ke-13, Fenestraz lebih dari sekadar bertahan di lapangan yang sangat ketat, sekali lagi berusaha keras untuk akhirnya meraih poin yang solid di posisi kelima.


Selain dua balapan tersebut, akhir pekan ini menampilkan sesi FP0, yang dirancang bagi pembalap muda untuk mendapatkan pengalaman di bidang Formula E. Pengemudi cadangan dan simulator tim, Caio Collet, pertama kali mencicipi Nissan e-4ORCE 04 selama sesi tersebut, membantu tim mempersiapkan diri untuk akhir pekan.


Hasil di Italia membuat Rowland tetap berada di urutan ketiga dalam Kejuaraan Pembalap, sembilan poin dari pemimpin klasemen. Sementara itu, tim berada di urutan keempat Kejuaraan Tim dengan 100 poin. Formula E sekarang bertandang ke Monte-Carlo untuk E-Prix Monaco, yang berlangsung pada 27 April 2024.


Tommaso Volpe, Managing Director dan Team Principal, Nissan Formula E Team: “Secara keseluruhan, ini merupakan akhir pekan yang sangat positif bagi kami. Oli tampil luar biasa kemarin, meraih kemenangan balapan resmi, kemenangan pertama kami sejak Nissan mengambil kendali penuh atas tim. Hari ini tentu saja merupakan hari terberat, kesalahan yang sangat kecil membuat kami kehilangan potensi podium kelima berturut-turut, yang menurut saya pasti dapat diraih hari ini. Namun, dia mengemudi dengan sangat baik.


“Di pihak Sacha, dia menjalani akhir pekan yang baik dengan melanjutkan tren positif. Setelah meraih poin kemarin, ia semakin berkembang, berhasil dengan baik dan menyelesaikan balapan teratas. Dia melakukan beberapa gerakan hebat dan layak finish di lima besar. Kami telah banyak berkembang dalam hal strategi, jadi kami merasa baik saat ini dan akan terus berupaya untuk menyelenggarakan acara yang sukses di Monaco dalam waktu dua minggu.”


Oliver Rowland, pembalap Tim Nissan Formula E: “Secara keseluruhan kami harus senang dengan kinerja kami akhir pekan ini meskipun balapan hari ini berakhir dengan frustasi. Kami berada dalam performa yang luar biasa dan mencetak 26 poin di Misano adalah hal yang positif. Kecepatan kami luar biasa dan tim memiliki strategi yang tepat di kedua balapan, jadi ini adalah sesuatu yang akan kami pertahankan di balapan mendatang. Sayangnya hari ini, kami mengalami masalah di awal yang menyebabkan masalah pada penghitung putaran, artinya kami mengira kami memiliki satu putaran lebih sedikit untuk balapan daripada yang sebenarnya. Kami sangat dekat dengan kemenangan lainnya, namun kami bangga dengan apa yang telah kami capai di sini dan akan terus berjuang keras.”


Sacha Fenestraz, pembalap Tim Nissan Formula E: “Mendapatkan poin di kedua balapan akhir pekan ini merupakan sebuah langkah maju bagi saya. Dalam balapan seperti ini, yang terpenting adalah berada di posisi dan waktu yang tepat untuk mengambil keuntungan. Saya telah belajar banyak dari Oli, dan dari pengalaman saya yang semakin berkembang serta mundur lebih awal hari ini, saya berjuang untuk mencapai posisi 10 besar. Kami senang dengan P5, ini adalah perolehan poin yang bagus setelah beberapa balapan yang sulit menjelang ini. Kami berkembang di setiap ajang, jadi kami akan terus berupaya untuk berada di posisi yang kuat di Monaco.”


Caio Collet, pembalap cadangan dan simulator, Tim Nissan Formula E: “Saya sangat senang mengendarai Nissan e-4ORCE 04 untuk pertama kalinya di Latihan Bebas. Sebagai lintasan baru bagi tim, penting bagi saya untuk membantu mengumpulkan data dan mengikuti rencana yang kami miliki, yang telah kami lakukan dengan baik. Itu merupakan pengalaman luar biasa dan saya senang bisa membantu tim. Tidak sabar untuk segera kembali ke mobil!”



Tentang Nissan di Formula E

Nissan melakukan debut balap di Musim 5 (2018/19) Kejuaraan Formula E ABB FIA, menjadi pabrikan Jepang pertama dan satu-satunya yang mengikuti seri tersebut.


Pada Musim 7 (2020/21), Nissan mengumumkan keterlibatan jangka panjangnya di Formula E dan komitmennya terhadap era Gen3, yang akan berlangsung dari Musim 9 (2022/23) hingga akhir Musim 12 (2025/26).


Pada bulan April 2022, Nissan mengakuisisi tim balap e.dams dan produsen mobil Jepang tersebut mengambil kepemilikan penuh atas keterlibatannya dalam Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA.


Pada Juni 2022, Nissan mengumumkan akan memasok teknologi powertrain Nissan EV ke McLaren Racing selama era Formula E Gen3.


Untuk Musim 10 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA, pembalap Nissan Formula E adalah Oliver Rowland dan Sacha Fenestraz.


Pada tanggal 28 Maret 2024, menjelang E-Prix Tokyo yang pertama, Nissan mengumumkan komitmen jangka panjangnya terhadap Formula E, menjadi pabrikan pertama yang mengikuti era Gen4, yang berlangsung hingga tahun 2030, memperkuat janjinya pada Ambisi Elektrifikasi 2030.


Nissan berlomba di Formula E untuk menghadirkan keseruan dan kesenangan kendaraan listrik tanpa emisi kepada khalayak global. Sebagai bagian dari tujuannya untuk mencapai netralitas karbon di seluruh operasi dan siklus produknya pada tahun 2050, Nissan berencana untuk menjual mobil listrik pada setiap kendaraan baru pada awal tahun 2030an di pasar-pasar utama. Produsen mobil Jepang ini bertujuan untuk membawa keahliannya dalam mentransfer pengetahuan dan teknologi antara arena balapan dan jalan raya untuk kendaraan listrik yang lebih baik bagi pelanggan.

 

Untuk informasi terbaru tentang Nissan, kunjungi www.nissan.co.id dan ikuti media sosial kami di Facebook (@NissanZoneIndonesia) dan Instagram (@NissanID).

 

###


Contact

Ignatius Jethro

Marketing-Communication

Nissan Motor Distributor Indonesia

08119594168

Ignatius.jethro@nmdi.indomobil.co.id