Bolehkah Ganti Ban Mobil Satuan pada Nissan Kicks e-POWER?

Bolehkah Ganti Ban Mobil Satuan pada Nissan Kicks e-POWER?

Saat punya kendaraan roda empat atau mobil, Anda tentu memiliki kewajiban dan tantangan tersendiri dalam mengurusnya. Selain perlu melakukan servis rutin setiap beberapa bulan sekali atau per kilometer tertentu, Anda juga harus tahu ketentuan-ketentuan tentang perbaikan mobil, misalnya berkaitan dengan aturan ganti ban mobil.

Fenomena ganti ban mobil satuan

Tidak sedikit dari para pemilik kendaraan yang memutuskan untuk ganti ban mobil satuan saat ada kendala di jalan. Hal ini antara lain disebabkan oleh faktor keuangan, sebab mengganti ban mobil satuan dirasa bisa menghemat pengeluaran untuk hal-hal darurat seperti ban bocor, aus, dan sebagainya.

Di samping menghemat pengeluaran, ganti ban mobil satuan juga banyak dilakukan karena pemilik mobil tidak mengetahui resiko dari tindakan tersebut terhadap performa sebuah mobil. Ganti ban mobil satuan dapat membuat sebuah mobil tidak bisa bekerja secara maksimal karena adanya perbedaan traksi yang membuat mobil menjadi kurang seimbang.

Saat ban mobil hanya diganti sebelah, ban mobil yang baru tersebut cenderung memiliki grip yang lebih cakram dibandingkan ban lainnya, apalagi jika tiga ban lainnya sudah tipis. Hal ini akan membuat mobil terasa tidak nyaman, bahkan ketika sedang melaju di medan yang lurus. Bisa dibayangkan, bukan, jika Anda mengemudi di medan yang basah? Tentu bisa berbahaya bagi keamanan berkendara Anda.

Bisakah ganti ban mobil satuan?

Meski ganti ban mobil satuan tidak disarankan, Anda tetap bisa menerapkan metode ini apabila kondisi tiga ban lainnya masih layak untuk dipakai. Mengutip Kompas.com, pembelian ban baru harus selalu didasarkan pada kondisi ban lainnya.

Jika ban dirasa masih cukup layak untuk digunakan dan dipadukan dengan ban baru, Anda boleh dan bisa saja mengganti ban mobil satuan. Pada akhirnya, semua bergantung pada kondisi ban mobil dan keputusan Anda selaku pemilik mobil tersebut.

Bagaimana sebaiknya ganti ban mobil?

Lalu, bagaimana sebaiknya Anda mengganti ban mobil? Apabila ban mobil dirasa sudah kurang layak, pemilik mobil bisa mengganti ban minimal sepasang. Penggantian ban mobil memang bisa dilakukan pada satu unit saja. Akan tetapi, untuk kasus ban mobil yang sudah cukup halus, penggantian perlu dilakukan pada sepasang ban.

Penggantian ban sepasang ini akan membuat mobil bekerja lebih optimal dan nyaman, sebab grip pada ban memiliki daya cengkeram yang setara. Sehingga, saat mobil harus berhadapan dengan medan sulit atau melakukan manuver tertentu, ban mobil bisa bergerak secara saksama dan tidak bertumpu pada satu ban saja, yakni pada ban mobil yang masih baru.

Jika Anda ingin mengganti ban mobil sepasang, pastikan untuk menggantinya pada ban bagian belakang. Pasalnya, ban belakang mobil punya peran yang cukup besar. Selain itu, penggantian ban di bagian belakang juga dilakukan untuk menghindari adanya oversteer saat berkendara

karena ban depan berpotensi masih bisa terkendali lewat setir mobil.

Namun, untuk beberapa kasus yang terjadi di mobil dengan sistem all-wheel-drive, seperti Nissan Kicks e-Power, penggantian ban mobil disarankan untuk dilakukan pada keempat bagian. Pasalnya, sistem all-wheel-drive membuat mobil bergerak berdasarkan kinerja keempat buah ban. Dengan kondisi empat ban mobil yang seimbang, laju kendaraan akan terasa lebih nyaman.

Tips ganti ban mobil satuan

Selain memperhatikan jumlah ganti ban mobil, Anda juga harus mempertimbangkan merek dan pola tapak ban yang dipilih. Menggunakan ban mobil baru dengan pola tapak yang sama akan membuat laju mobil lebih nyaman dibandingkan dengan mobil yang memiliki model dan tipe berbeda.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa ban mobil yang dipilih bermerek sama atau setidaknya asli (OEM). Hal ini akan sangat berpengaruh pada daya tahan ban dan performanya saat dipakai di jalanan. Membeli ban asli (OEM) memang lebih mahal dibandingkan ban bekas, tetapi hal ini bisa menjamin kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara di berbagai medan.

 

Selain memastikan kualitas ban mobil, pilihan mobil juga menjadi salah satu faktor untuk menunjang keamanan. Gunakan mobil Nissan Kicks e-Power yang menggunakan tenaga listrik tanpa perlu di-charge, sehingga mampu memberikan akselerasi luar biasa dan kenyamanan maksimal bagi pengendaranya. Informasi lengkapnya bisa Anda baca di sini!



Posted : 17 June 2022

Artikel Terkait

 Spesifikasi Nissan Kicks e-POWER, Fitur, dan Harganya

Spesifikasi Nissan Kicks e-POWER, Fitur, dan Harganya

ALL-NEW NISSAN KICKS E-POWER YANG INOVATIF DILUNCURKAN DI INDONESIA

ALL-NEW NISSAN KICKS E-POWER YANG INOVATIF DILUNCURKAN DI INDONESIA