CARVAGANZA EDITORS’ CHOICE AWARD 2021 Best Engineering Excellence Award: All-New Nissan Kicks e-POWER

20 Agustus 2021

CARVAGANZA EDITORS’ CHOICE AWARD 2021 Best Engineering Excellence Award: All-New Nissan Kicks e-POWER

JAKARTA, Carvaganza - Nama All-New Nissan Kicks e-POWER yang didaulat menjadi Best Engineering Excellence Award dari ajang Carvaganza Editors’ Choice Award 2021 tidak melalui keputusan yang mudah, tetapi tidak terlalu sulit juga. Pasalnya pada awalnya kami mengajukan nama- nama yang didominasi oleh mobil bertenaga listrik murni dengan struktur rekayasa paling menarik sepanjang tahun. Kemudian dari beberapa nominasi tersebut tercetus lah nama Nissan Kicks e-POWER yang kami anggap paling cocok menyandang gelar Best Engineering Excellence.


Awalnya kami melihat dari konsep besar yang ditawarkan oleh All-New Nissan melalui Kicks e-POWER pada konsumen. All-New Nissan Kicks e-POWER adalah mobil listrik yang disokong oleh baterai yang tidak memerlukan stasiun pengisian daya seperti mobil listrik pada umumnya. Sehingga ia menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda tapi ia tetap memiliki lubang knalpot yang membuang gas emisi.


Ringkasnya begini, All New Nissan Kicks e-POWER memiliki mesin bensin 3-silinder 1.2L yang berguna untuk mengisi daya baterai berkapasitas 1,57 kWh yang menggerakan motor listrik. Performa motor listriknya menghasilkan tenaga 128 hp dan torsi maksimal yang mencapai 260 Nm tanpa jeda yang menggerakan roda depan secara langsung.


Kehadiran All-New Nissan Kicks e-POWER di era elektrifikasi yang belum sepenuhnya didukung infrastuktur ini sangat cocok untuk pasar otomotif seperti Indonesia. Pengendara tidak perlu khawatir akan fasilitas pengisian yang kurang. Cukup pastikan bensin penuh sehingga mesin konvensionalnya mampu menyuplai baterai untuk motor listriknya.


Di samping performa yang menarik yang ditawarkan oleh All-New Nissan Kicks e-POWER, tersedia pula berbagai fitur pendukung di dalamnya. Nissan juga ingin memberikan menu yang tepat untuk dipadukan dengan konsep hybrid yang ditawarkan. Pada mode pengendaraannya, All-New Nissan Kicks e-POWER menyediakan tiga pilihan yakni Eco, Normal dan Smart. Sehingga pengendara dapat menyesuaikan karakteristik berkendara yang sesuai dengan kebutuhan. Pada mode Eco pengendara juga dapat memanfaatkan fungsi One-Pedal Operation sehingga untuk berakselerasi dan deselerasi hanya dioperasikan dengan satu pedal.


Peranti pendukung lainnya adalah Nissan Safety Shield System yang menyediakan beberapa teknologi seperti Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System. Nissan mengklaim peranti pengereman otomatis tersebut adalah fitur pertama di kelasnya. Sementara fitur Intelligent Forward Collision Warning akan memperingatkan kondisi di depan kendaraan jika terjadi kemungkinan kecelakaan.


Fitur-fitur unggulan All New Nissan Kicks e-POWER


Fitur selanjutnya adalah Intellegent Cruise Control yang dapat secara otomatis menjaga jarak dari kendaraan di depannya dan menyesuaikan kecepatan yang lebih aman. Selain itu tersedia pula fitur Blind Sport Warning, Intelligent Aroun View Monitoring with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control dan Hill Start Assist. Ragam fitur tersebut sangat cukup untuk pengguna mobil elektrifikasi saat ini dengan paket menarik di dalamnya.


Setelah penjelasan di atas, kami di redaksi sepakat Nissan Kicks e-POWER pantas untuk menyandang gelar Best Engineering Excellence. Memang secara kasat mata Nissan Kicks e-POWER tidak menampilkan sesuatu yang mencolok seperti mobil elektrifikasi pada umumnya. Tapi kami setuju rancang bangun yang terdapat di dalam dan di luar merupakan sebuah terobosan bagi Nissan untuk pasar khusus seperti di Indonesia.


Guratan garis di sekujur bodinya tampak cukup agresif yang merupakan bagian dari bahasa desain V-Motion serta penyematan grille yang besar dan mengapit sistem pencahayaan dengan teknologi LED. Pada model ini Nissan menggunakan konsep dua warna eksterior atau two-tone yang menegaskan kesan mewah dari luar. Salah satu identitas yang dapat dilihat sebagai mobil listrik adalah terdapat emblem e-POWER di bagian buritan dengan aksen krom. Di sisi lain All-New Nissan Kicks e-POWER ingin menegaskan kesan SUV yang kental, tetapi terdapat ramuan yang lebih menarik di dalamnya salah satu ruang kabin.


Interior All-New Nissan Kicks e-POWER didominasi oleh kelir hitam dengan penggunaan material di beberapa bagian mulai dari jok, lingkar kemudi hingga dashboard dan door-trimnya. Pada cluster meternya All-New Nissan Kicks e-Power menampilan dualisme yang menarik yakni tampilan speedometer analog dengan layanan informasi digital yang sangat canggih. Seluruh informasi kendaraan dan menu yang terdapat di cluster meter dapat anda atur melalui lingkar kemudi Nissan Kicks. Tidak ada unsur “murahan” di dalam sini, maka banderol harga OTR NIK 2021 mulai dari Rp 471 juta cukup pantas untuk menebus Nissan Kicks e-POWER.


Di samping itu, tersedia pula layanan hiburan yang berpusat di layar sentuh berukuran 8 inci dengan dukungan Nissan Connect. Tentu saja layanan tersebut merupakan fasilitas nirkabel yang memungkinkan menyambungkan smartphone Anda ke layar hiburan tersebut. Tidak hanya itu, layar sentuh tersebut juga akan menampilkan kondisi kendaraan secara 360 derajat saat memarkirkan kendaraan dan didukung dengan sensor di setiap sudut kendaraan.


KESIMPULAN


Melihat kondisi pasar Indonesia yang permintaan mobil listriknya masih terus tumbuh, rasanya Nissan Kicks e-POWER ini bisa menjadi jawaban. Paling tidak, ia dapat menjadi jembatan bagi konsumen yang labil dan kurang edukasi tentang mobil listrik. All-New Nissan Kicks e-POWER memberikan performa maksimal dari sebuah mobil listrik tanpa rasa khawatir soal stasiun pengisian listrik yang belum merata. Selamat untuk All-New Nissan Kicks e-POWER. (ALVANDO NOYA)

 

ALL-NEW NISSAN KICKS E-POWER

LAYOUT: SUV, Mesin Depan, 4-pintu, 5-penumpang, FWD MESIN: 3-silinder 1.2-liter dengan motor listrik 1,57 kWh Lithium Ion, 128 hp, 260 Nm TRANSMISI: e-transmision, DIMENSI: 4.305 mm x 1.760 mm x 1.615 mm WHEELBASE: 2.620 mm, BOBOT KOSONG: 1.350 kg KAPASITAS TANGKI: 41 liter