Mengendarai Mobil Listrik Tanpa Perlu Charging, Apakah Bisa?

Mengendarai Mobil Listrik Tanpa Perlu Charging, Apakah Bisa?

JUMAT, 14 JANUARI 2022


Penggunaan mobil listrik memang membutuhkan pengisian daya terlebih dahulu agar bisa melaju. Namun, terkadang masalah muncul ketika daya baterai mulai menipis dan pengisian daya tidak bisa dilakukan di mana saja. Itulah kenapa akhirnya muncul pertanyaan “apakah bisa mengendarai mobil listrik tanpa harus charging?” Berikut ulasannya!

Mengendarai Mobil Listrik Tanpa Perlu Charging dengan Teknologi Nissan e-Power

Pertanyaan mengenai “‘bisakah mobil listrik dioperasikan tanpa melakukan charging”’ kini terjawab. Jawaban tersebut hadir melalui inovasi yang dilakukan Nissan dengan menghadirkan teknologi e-Power. Teknologi ini memiliki mesin bensin dengan kapasitas tangki bahan bakar 41 liter.

Lalu, terdapat pula sebuah inverter, generator, hingga motor elektrik. Generator dan mesin bensin pada teknologi ini mampu menghasilkan energi listrik yang bisa disimpan dalam baterai jenis lithium-ion dengan kapasitas 1,57 kWh. Baterai tersebut bisa menyalurkan listrik ke motor elektrik sekaligus memberikan daya tanpa harus melalui pengisian ulang listrik.

Adanya teknologi e-Power memberikan pengalaman penggunaan mobil listrik 100% tanpa pengisian daya dari luar. Secara penuh, mobil digerakkan motor listrik dan juga baterai yang disematkan. Dengan kata lain, Anda hanya perlu mengisi bahan bakar sesuai kebutuhan, lalu biarkanlah mesin mobil bekerja otomatis dalam mengubah energi bahan bakar menjadi energi listrik.

Tetap Membutuhkan Baterai

Meski mobil listrik dapat dikendarai tanpa harus diisi daya ulang, namun masih tetap memerlukan baterai sebagai sumber tenaganya. Selain itu, baterai yang ada juga berfungsi sebagai media untuk menyimpan energi listrik dari inverter. Kemudian, baterai pada mobil juga dapat menyimpan energi listrik cadangan yang didapatkan ketika pengendara melakukan pengereman.

Hal tersebut berlaku juga pada aktivitas pelambatan laju kendaraan atau deselerasi. Dengan begitu, tak perlu khawatir lagi daya baterai akan habis saat mengendarai mobil. Sebab, baterai akan terisi secara otomatis saat Anda melakukan aktivitas di atas.

Hadirkan 3 Mode Berkendara

Kenyamanan berkendara dengan mobil listrik Nissan yang memiliki teknologi e-Power juga semakin nyaman dengan adanya tiga mode berkendara. Anda sebagai pengguna dan pengendara dapat memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan di jalan. Ketiga mode tersebut adalah EV Mode, Smart Mode, dan Eco Mode.

  • EV Mode, yakni mode berkendara untuk Anda yang butuh penggunaan baterai secara maksimal. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sensasi berkendara tanpa suara dan lebih halus.
  • Smart Mode merupakan mode berkendara pada mobil Nissan untuk menyeimbangkan karakter respons seperti EV untuk melakukan penghematan bahan bakar mobil.
  • Eco Mode adalah mode berkendara bagi pengemudi yang ingin melakukan penghematan bahan bakar saat menggunakan mobil Nissan.

Telah disematkan pada Nissan Kicks e-Power

Semua kenyamanan berkendara mobil listrik dengan fitur di atas dapat Anda nikmati pada Nissan Kicks e-Power. Tak hanya memiliki fitur tanpa charging, mobil ini pun dilengkapi sejumlah fitur pendukung lainnya. Misalnya,Intelligent Trace Control, Hill Start Assist, Rear Cross Traffic Alert, Driver Attention Alert, Blind Spot Warning, dan juga Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection.

Nissan Kicks e-Power juga hadir dengan fitur unggulan lainnya untuk kenyamanan dan keselamatan mengendarai mobil listrik, di antaranya:

  • Intelligent Forward Collision Warning (IFCW)

Melalui fitur ini, nantinya sistem dapat memberikan peringatan melalui sinyal suara ketika ada risiko benturan dari depan. Fitur ini juga terintegrasi dengan Intelligent Emergency Braking (IEB) untuk menganalisis kecepatan dan jarak kendaraan yang ada di depan sekaligus mengurangi kecepatan agar mobil berhenti sehingga risiko tabrakan dapat diminimalisir.

  • Intelligent Cruise Control (ICC)

Berikutnya ada Intelligent Cruise Control (ICC) yang bisa mengatur kecepatan pada mobil secara otomatis. Khususnya saat mobil di depan melaju secara beriringan dan menjaga jaraknya agar tetap aman. Pada saat aman, mobil akan mengembalikan kecepatan sesuai keinginan pengemudi.

  • One-Pedal Operation

Melalui fitur ini, pengemudi dapat melakukan akselerasi yang cukup hanya dengan melakukan penekanan pada pedal gas. Fitur one-pedal bekerja di semua mode berkendara dan ini sangat cocok ketika melintasi jalanan padat.


Menarik bukan fitur teknologi e-Power yang disematkan pada Nissan Kick e-Power? Adanya fitur teknologi ini seolah menjadi jawaban bagi para pengguna mobil listrik yang mungkin selama ini masih bingung apakah mobil listrik dapat dikemudikan tanpa harus mengisi daya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!