20 Lebih Merek Mobil Ikuti Event Otomotif GIIAS 2022

22 September 2022

20 Lebih Merek Mobil Ikuti Event Otomotif GIIAS 2022

Pameran otomotif terbesar di tanah air, Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS), kembali lagi. Setelah sebelumnya sempat kurang terasa geregetnya akibat pandemi, GIIAS 2022 hadir dengan berbagai event menarik, termasuk launching produk baru yang selalu ditunggu-tunggu pencinta otomotif di Indonesia. Lalu, apa saja yang menarik di GIIAS 2022?


The Future is Bright

GIIAS 2022 mengangkat tema “The Future is Bright”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan masa depan industri otomotif Indonesia yang diharapkan semakin cerah, bisa terus tumbuh, dan siap menyongsong berbagai inovasi canggih.

Masih sama seperti GIIAS pada tahun-tahun sebelumnya, GIIAS 2022 juga hadir untuk memberikan informasi seputar perkembangan industri otomotif di tanah air kepada masyarakat. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menyebutkan bahwa sudah menjadi komitmen Gaikindo untuk menyampaikan edukasi dan informasi terkini seputar perkembangan industri otomotif di Indonesia.


Fokus ke elektrifikasi

Untuk GIIAS 2022, hal tersebut diwujudkan melalui Electric Vehicle Test Track. Tahun ini, GIIAS memang fokus ke sektor elektrifikasi. Nangoi berharap, program tersebut bisa memberikan edukasi yang tepat kepada masyarakat mengenai teknologi yang digunakan kendaraan listrik. Dengan edukasi yang tepat, diharapkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia bisa segera terwujud.


Lebih dari 20 merek kendaraan berpartisipasi

Setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan digelar secara hybrid tahun lalu, GIIAS 2022 terasa benar-benar meriah. Pameran yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang pada 11-21 Agustus 2022 tersebut diikuti lebih dari 20 merek kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua. Selain itu, GIIAS juga menghadirkan lebih dari 100 brand industri pendukung seperti aksesoris dan asuransi kendaraan.

Sama seperti sebelum-sebelumnya, GIIAS 2022 juga menjadi ajang launching kendaraan maupun teknologi otomotif baru. Tercatat, ada 39 kendaraan penumpang yang diluncurkan selama gelaran GIIAS 2022. Menariknya, 16 kendaraan yang launching di GIIAS adalah electric vehicles (EV) alias mobil listrik.

Nissan hadirkan mobil listrik unggulan

Nissan pun tak ketinggalan untuk memeriahkan pameran GIIAS 2022. Masih sejalan dengan tema “The Future is Bright”, Nissan menghadirkan dua kendaraan listrik unggulannya, yaitu The All-New Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER.

Leaf merupakan generasi pertama mobil listrik Nissan. EV ini begitu populer hingga sempat dinobatkan sebagai mobil listrik plug-in terlaris pada 2019. Versi terbarunya, The All-New Nissan Leaf, menghadirkan eksterior yang lebih ramping dan dinamis. Dari aspek teknologi, mobil listrik andalan Nissan ini menghadirkan teknologi easy charging yang menghadirkan kemudahan dalam pengisian daya baterai mobil. Anda juga bisa menemukan teknologi e-Pedal untuk akselerasi yang lebih mudah dan tentunya aman.

Sedangkan, Nissan Kicks e-POWER menghadirkan pengalaman berkendara dengan tenaga listrik tanpa harus recharging. EV yang satu ini telah dilengkapi dengan teknologi Nissan e-POWER yang mampu mengolah bahan bakar menjadi energi listrik. Anda pun bisa berakselerasi dengan optimal tanpa harus menunggu recharging listrik dari luar.


Tawarkan sentuhan baru

Nissan Kicks e-POWER yang dipamerkan di GIIAS 2022 telah mendapatkan beberapa peningkatan. Salah satu upgrade yang menarik adalah peningkatan kapasitas baterai, dari yang semula 1,75 kWh kini menjadi 2.06 kWh. Peningkatan kapasitas ini membuat jarak tempuh yang mampu dijangkau bertambah sekitar 30 persen. Output-nya pun naik ke angka 136 PS dengan torsi 280 Nm. Otomatis, upgrade ini juga memberi peningkatan tenaga.


Juga hadirkan mobil konvensional

Di samping mobil listrik, Nissan juga memamerkan mobil-mobil konvensional. Hadir seri paling baru dari SUV legendaris, Nissan New Terra. Seri terbaru Nissan Terra ini memiliki eksterior yang lebih gagah. Begitu pula dengan fitur-fitur yang ditawarkan.

Misalnya, rangkaian fitur keamanan 360° Safety Shield yang memberikan perlindungan menyeluruh di setiap sudut mobil. Rangkaian keamanan ini dibekali fitur IAVM atau Intelligence Around View Monitor yang akan membantu pengemudi mendapat sudut pandang yang lebih baik dengan dukungan empat buah kamera dan sensor.

 

Dengan tema “The Future is Bright”, GIIAS 2022 menjadi ajang untuk menunjukkan perkembangan ekosistem kendaraan listrik yang digadang-gadang jadi kendaraan masa depan di Indonesia. Melalui kesempatan tersebut, Nissan menghadirkan dua mobil listrik, The All-New Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER, yang telah ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.