3 Pilar Utama yang Sempurnakan Nissan Intelligent Mobility

3 Pilar Utama yang Sempurnakan Nissan Intelligent Mobility

JUMAT, 14 JANUARI 2022


Sebagai pabrikan otomotif terkemuka di dunia, Nissan terus berinovasi dalam hal teknologi melalui fitur yang disematkan pada berbagai mobil unggulannya. Hal ini sejalan dengan visi pengembangan mobil yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan dalam Nissan Intelligent Mobility.

Pada dasarnya, konsep Nissan Intelligent Mobility mengedepankan teknologi kecerdasan buatan yang dipadukan dengan kebutuhan otomotif terkini. Agar semakin dikenal luas oleh masyarakat, pihak Nissan pun terus melakukan sosialisasi. 

Secara umum, elemen dari Nissan Intelligent Mobility terdiri dari tiga pilar utama, yakni Nissan Intelligent Integration, Nissan Intelligent Power, dan Nissan Intelligent Driving. Tujuan dari Nissan Intelligent Mobility tidak lain untuk menghadrikan pengalaman berkendara yang terintegrasi, aman, dan menyenangkan. Berikut penjelasan mengenai ketiga elemen tersebut yang perlu Anda ketahui.

Nissan Intelligent Integration

Pilar pertama dari Nissan Intelligent Mobility ialah Nissan Intelligent Integration yang memungkinkan pengemudi tetap terkoneksi dengan smartphone. Nissan mengembangkan sebuah sistem yang dinamakan Seamless Autonomous Mobility (SAM). Teknologi tersebut terintegrasi dengan kecerdasan buatan. 

Melalui pilar ini, Nissan juga mengembangkan teknologi untuk terintegrasi dengan objek eksternal seperti mobil merek lain dan juga marka jalan. Namun, di Indonesia, fitur Nissan Intelligent Integration masih dalam tahap pengembangan. Hal ini karena masih diperlukan infrastruktur khusus untuk mendukung penggunaan teknologi tersebut.

Nissan Intelligent Power

Pilar utama lain yang disempurnakan dari teknologi Nissan Intelligent Mobility adalah Nissan Intelligent Power. Bagian terpenting dari pilar ini adalah mengedepankan teknologi mobil listrik guna mengurangi nol emisi dan menghasilkan torsi secara instan hingga 100%. Salah satu fitur unggulannya adalah e-Pedal yang menawarkan kenyamanan mengemudi dengan satu pedal.

e-Pedal pada Nissan LEAF memberikan kendali yang mudah. Anda dapat mempercepat akselerasi maupun mengurangi kecepatan hanya dengan satu gerakan saja, yakni dengan melepaskan akselerator untuk melakukan pengereman secara otomatis. Selain itu, baterai yang disematkan pada Nissan LEAF juga memiliki keandalan yang baik. 

Teknologi e-Power yang memungkinkan Anda dapat menggunakan mobil listrik Nissan tanpa harus melakukan pengisian daya baterai. Jadi, sumber energi listrik didapatkan dari mesin bensin dan disalurkan pada baterai. Baterai inilah yang menyimpan energi listrik dan dapat digunakan sebagai sumber tenaga utama. 

Nissan Intelligent Driving

terakhir dari Nissan Intelligent Mobility adalah Nissan Intelligent Driving. Fitur ini dilengkapi dengan driver assistance yang membantu pengemudi dengan peringatan ketika akan terjadi masalah dari sisi depan. Dua driver assistance yang menjadi andalan dari Nissan Intelligent Driving adalah ProPILOT untuk berkendara lebih nyaman. Kemudian ada ProPILOT Park untuk memudahkan pengendara dalam mencari area parkir yang cukup sulit sekalipun.

Fitur keselamatan dari Nissan Intelligent Driving di antaranya adalah Intelligent Distance Control yang menjaga mobil tetap pada jarak aman, Intelligent Forward Collision Warning yang mengingatkan pengemudi akan potensi tabrakan dari arah depan. Tidak ketinggalan Intelligent Emergency Braking with Pedestrian Detection untuk melakukan pengereman secara otomatis di saat darurat.

Fitur lainnya adalah Intelligent Blind Spot Intervention dan Intelligent Lane Intervention yang menjaga pengemudi tetap berada pada jalur aman, termasuk saat berada pada posisi blind spot. Kenyamanan lainnya mencakup Intelligent Arround View Monitor, Intelligent Backup Intervention, dan Rear Cross Traffic Alert. 

Untuk kenyamanan berkendara, pilar Nissan Intelligent Driving juga dilengkapi dengan fitur High Beam Assist, Traffic Sign Recognition, dan Intelligent Driver Alertness. Termasuk pula fitur unggulan lainnya seperti Intelligent Trace Control. Hill Start Assist, Intelligent Engine Brake, dan Intelligent Ride Control.


Itulah ketiga pillar utama dari Nissan Intelligent Mobility yang disematkan pada beberapa mobil unggulan Nissan. Keseluruhan fitur ini akan meningkatkan pengalaman berkendara pengemudi, termasuk dalam hal keselamatan, kenyamanan, dan akselerasi maksimum yang dihasilkannya. Anda bisa mendapatkan berbagai mobil unggulan Nissan di dealer-dealer resmi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.