4 Tips Membeli Mobil Pertama untuk Pemula agar Tidak Salah Beli

4 Tips Membeli Mobil Pertama untuk Pemula agar Tidak Salah Beli

Membeli mobil untuk pertama kalinya harus dilakukan secara tepat agar tidak muncul perasaan bersalah saat menggunakannya beberapa tahun kemudian. Tak sekadar menetapkan budget, Anda juga harus mengetahui kebutuhan dan fitur yang ditawarkan oleh mobil tersebut. Berikut adalah empat tips membeli mobil pertama yang bisa Anda jadikan sebagai pedoman.

1. Sesuaikan tipe mobil dengan kebutuhan

Tips pertama saat akan melakukan pembelian mobil untuk pertama kalinya adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum Anda memilih mobil berdasarkan budget yang ditentukan, cari tahu dahulu untuk siapa mobil ini akan digunakan. Kemudian, apa mobilitas yang akan dijalani dengan mobil tersebut?

Jika Anda adalah orang tua dengan dua orang anak, misalnya, kebutuhan mobil Anda tentu akan berbeda dari seorang pekerja single. Selanjutnya, jika Anda adalah orang yang menyukai tantangan dan harus menempuh medan yang ekstrem, jenis mobil yang harus Anda pilih pun berbeda dari orang yang hanya akan mengitari pusat kota saja. Jadi, pastikan dahulu kebutuhan Anda, ya!

2. Tentukan fitur yang diinginkan

Setelah menentukan tipe mobil dan budget yang dimiliki, langkah berikutnya adalah menentukan fitur-fitur yang diinginkan. Terdapat dua jenis fitur utama yang biasanya disediakan oleh kendaraan, yakni fitur keamanan dan kenyamanan.

Untuk fitur keamanan, pastikan calon mobil Anda memiliki sensor, fitur peringatan, pengereman, serta berbagai teknologi otomatis lainnya yang dapat memberikan rasa aman saat berkendara di medan yang sulit dan membahayakan sekalipun.

3. Perhatikan konsumsi bahan bakar

Memperhatikan konsumsi bahan bakar mobil menjadi tips membeli mobil pertama yang tak kalah penting. Pasalnya, harga bahan bakar akan semakin meningkat. Selain itu, polusi yang disebabkan dari kendaraan bermotor juga sudah semakin membahayakan lingkungan. Oleh karenanya, pilih kendaraan yang hemat bahan bakar.

Biasanya, mobil sudah menyediakan mode eco yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Fitur ini akan penting bagi Anda, apalagi jika Anda akan sering bermacet-macetan di jalanan kota. Anda tentu tidak ingin mogok di jalan, kan? Maka dari itu, perhatikan konsumsi bahan bakar pada mobil pertama Anda.

4. Pilih mobil dengan desain yang baik

Setelah seluruh syarat di atas terpenuhi, pilihlah mobil dengan desain yang baik. Ini tentu disesuaikan dengan selera Anda selaku pengendara mobil. Desain mobil menjadi salah satu hal yang dapat menggambarkan kepribadian penggunanya, mulai dari warna hingga bentuk mobilnya.

Jika Anda menyukai hal-hal yang tidak biasa, mobil dengan warna mencolok dapat menjadi pilihan. Selain itu, bentuk mobil juga perlu Anda pertimbangkan, apakah akan memilih mobil dengan nuansa mewah atau dengan desain yang cenderung compact. Pilihan warna dan bentuk mobil juga dapat memengaruhi harga jual mobil di kemudian hari. Warna-warna netral cenderung memiliki harga jual tinggi dibandingkan dengan warna mencolok yang tidak biasa.


Empat tips membeli mobil pertama di atas dapat Anda jadikan pedoman sebelum mengambil keputusan. Agar tak perlu bingung menimbang, Nissan Magnite sangat tepat dijadikan mobil pertama Anda. Selain harganya yang terjangkau, terdapat pula beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh mobil SUV andalan Nissan ini.

Mobil ini memiliki dimensi yang cukup besar untuk ukuran SUV. Kelebihan lainnya terletak pada akselerasi mesin yang mulus, digitalisasi spidometer, pemantau tekanan angin ban, kamera 360 derajat, sistem kontrol traksi, hingga fitur cruise control yang dapat membebaskan kaki Anda ketika berada di jalan raya.

Selain itu, Nissan Magnite juga menawarkan fitur Hill Start Assist yang memungkinkan mobil melakukan pengereman otomatis, bahkan ketika pengemudi telah melepaskan rem di tanjakan dan akan mulai berjalan. Fitur tersebut dapat meningkatkan keamanan saat sedang berkendara di medan yang curam.

Kelebihan paling penting dari mobil ini adalah harganya yang terjangkau. Mulai dari Rp240 juta, Anda sudah bisa mendapatkan mobil pertama yang memiliki desain berkelas, dilengkapi fitur keamanan yang meningkatkan pengalaman berkendara Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi website resmi Nissan untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai mobil Nissan Magnite!