5 Cara Mencegah Ngantuk Saat Berkendara

5 Cara Mencegah Ngantuk Saat Berkendara

Kantuk sangat berbahaya saat Anda sedang mengemudi karena bisa memperlambat waktu reaksi Anda, mengurangi kesadaran, dan merusak penilaian saat mengemudi. Dampak ngantuk terhadap keselamatan lalu lintas tidak boleh diremehkan. Menurut catatan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), sebagian besar penyebab kecelakaan di jalur tol adalah rasa kantuk.

Kantuk saat berkendara jauh biasanya disebabkan oleh kondisi kurang tidur atau kelelahan. Sebuah kondisi yang disebut highway hypnosis juga kerap menyebabkan kantuk saat berkendara. Highway hypnosis adalah kondisi hilang fokus atau semi tidak sadar saat berkendara di jalan lurus atau rute yang sering dilewati. Nah, bagi Anda yang sering berkendara, berikut beberapa cara mencegah ngantuk yang perlu diketahui!

1. Istirahat sejenak di rest area

Anda perlu istirahat sejenak saat berkendara demi menjaga stamina dan menyegarkan kembali fokus untuk melanjutkan perjalanan. Jika memungkinkan, Anda sebaiknya beristirahat di tempat yang layak, seperti rest area. Namun, jika situasinya mendesak, Anda bisa memilih beristirahat di dalam mobil untuk memulihkan energi.

2. Lakukan peregangan

Melakukan peregangan juga merupakan cara mencegah ngantuk yang efektif karena ​​bergerak secara aktif membantu pikiran Anda tetap terjaga. Jadi, jika Anda mulai merasakan kantuk, segeralah menepi dan turun dari mobil untuk melakukan peregangan. Anda mungkin akan lebih cepat merasa mengantuk saat cuaca panas. Setelah peregangan, Anda bisa minum air mineral untuk tetap terhidrasi dan fokus mengemudi.

3. Konsumsi kopi supaya segar kembali

Saat mata dan tubuh Anda sudah benar-benar lelah saat berkendara, Anda mungkin membutuhkan dorongan kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Kopi membuat Anda tetap terjaga karena selama periode aktivitas otak yang berat, seperti mengemudi, tubuh Anda menghasilkan bahan kimia yang disebut adenosin dalam jumlah lebih banyak.

Bahan kimia ini terhubung ke reseptor di otak yang menyebabkan Anda merasa mengantuk meskipun tidak terlalu banyak bergerak. Kafein mengganggu proses ini dengan memblokir reseptor sehingga membuat Anda merasa lebih waspada dan membantu Anda berkonsentrasi berkendara.

Manfaat kafein dari kopi ini bisa Anda rasakan sekitar setengah jam setelah meminumnya. Untuk Anda yang biasa minum kopi, secangkir kopi mungkin tidak akan cukup. Anda bisa menambah asupan kopi sesuai kebutuhan, asal tidak lebih dari empat cangkir per hari.

4. Putar lagu-lagu upbeat

Memutar lagu-lagu upbeat dapat juga menjadi cara mencegah ngantuk karena musik upbeat bisa meningkatkan kadar adrenalin dalam tubuh dan mempercepat detak jantung seseorang. Musik di dalam mobil menurunkan laju pernapasan dan bahkan memengaruhi perilaku mengemudi. Mendengarkan musik di dalam mobil membantu memperbaiki mood pengemudi, mengurangi agresi di belakang kemudi, dan membantu menjaga fokus, terutama di lalu lintas perkotaan.

Jika mengendarai Nissan Magnite, Anda bisa menggunakan fitur hiburan dari Touchscreen Head Unit 8 inci yang sudah mengemas Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto dengan sistem pengenalan suara bawaan. Kenyamanan Anda semakin ditunjang dengan pengisian daya nirkabel, air purifier di dalam mobil, puddle lamp, ambient atau mood lighting, serta speaker premium dari JBL by Harman yang tersebar di dalam kabin.

5. Pilih waktu berkendara yang tepat

Anda perlu pilih waktu berkendara yang tepat karena tubuh Anda sudah terbiasa dengan pola tidur Anda setiap harinya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengemudi pada waktu yang mendekati waktu tidur Anda. Jika memang harus mengemudi pada waktu tersebut, usahakan untuk mengatur ulang pola tidur Anda beberapa hari sebelumnya. Tujuannya adalah agar tubuh Anda bisa menyetir kendaraan dengan aman.

 

Mengantuk merupakan salah satu kondisi yang umum dialami oleh para pengendara mobil. Walau begitu, jangan anggap sepele kondisi tersebut karena jika dibiarkan, bisa-bisa justru berujung pada hal-hal tak diinginkan. Karenanya, cobalah menerapkan kelima cara mencegah ngantuk yang telah disebutkan di atas. Mari lebih waspada dalam berkendara demi keselamatan diri sendiri dan orang lain!

 

Post : 17 June 2022