5 Fakta Menarik Seputar Race Formula E

5 Fakta Menarik Seputar Race Formula E

Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah dalam ajang balapan internasional, Formula E. Kompetisi ini telah diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) kawasan Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022 lalu. Formula E juga menjadi kejuaraan yang menarik animo masyarakat untuk menyaksikannya. Pada penyelenggaraan Formula E, terdapat beberapa fakta menarik yang tidak boleh kelewat diperhatikan. Ingin tahu apa saja fakta menarik mengenai Formula E? Simak jawabannya pada ulasan berikut ini!


Ajang balap khusus mobil listrik

Seperti halnya Formula 1, Formula E juga merupakan ajang balap mobil kursi tunggal. Hanya saja, mobil yang digunakan pada balap Formula E adalah mobil tenaga listrik. Mobil Formula E tidak menggunakan bahan bakar fosil, melainkan dengan tenaga motor listrik dan baterai yang disematkan dalam mobil.

Penggunaan mobil listrik sesuai dengan misi utama Formula E yang ingin menghadirkan balapan lebih ramah lingkungan. Setidaknya sudah terjadi tiga kali pengembangan yang dilakukan FIA untuk meningkatkan performa mobil Formula E. Saat ini, Formula E sudah menggunakan mobil generasi ketiga yang lebih ringan dan berukuran kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya.


Tahun 2022 terdiri dari 16 seri

Pada tahun 2022 musim ini, Formula E diikuti oleh 11 tim dengan 22 pembalap. Rencananya, Formula E akan menempuh total balapan sebanyak 16 seri yang kini sudah berlangsung sebanyak 9 seri. Setidaknya, terdapat 10 negara yang berpartisipasi menggelar balapan, mulai dari Arab Saudi, Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Italia, Meksiko, Indonesia, Maroko, dan Monako.

Pada musim ini, terdapat beberapa negara yang menyelenggarakan dua sesi balapan serta ada yang hanya satu sesi saja. Ketika berlangsung satu seri, maka hanya akan ada satu hari pelaksanaan. Sementara itu, yang berlangsung dua seri akan menggelar ajang balapan selama dua hari.


Indonesia jadi salah satu tempat ajang Formula E seri ke-9

Seperti yang telah Anda ketahui, Indonesia telah berhasil menjadi salah satu negara yang menyelenggarakan Formula E tepatnya pada 4 Juni 2022 lalu di JIEC, Ancol, Jakarta Utara. Perlombaan di Jakarta tersebut menjadi seri ke-9 dari total 16 seri Formula E. Formula E Jakarta hanya berlangsung selama satu seri atau satu hari.

Sebelumnya, Formula E sudah digelar di Diriyah, Arab Saudi (2 sesi), Kota Meksiko (1 seri), Roma, Italia (2 seri), Monako (1 seri), dan Berlin, Jerman (2 seri). Setelah sukses di Jakarta, kejuaraan Formula E akan berlanjut di Maroko, Amerika, Inggris, dan Korea Selatan.


Adanya fitur attack mode

Penggunaan fitur attack mode menjadi hal yang unik dari ajang balapan Formula E. Layaknya fitur booster pada video game, attack mode berfungsi untuk memberikan tambahan tenaga agar mobil dapat melaju lebih kencang.

Akan tetapi, fitur ini tidak bisa digunakan secara terus-menerus, hanya sesuai dengan jumlah dan durasi yang diperbolehkan pihak regulator. Hal ini untuk menghindari balapan yang sekadar perang attack mode. Selain itu, attack mode juga hanya bisa diterapkan setelah melewati lintasan tertentu yang sudah ditetapkan oleh pihak regulator.

Aturan mengenai penggunaan attack mode diumumkan oleh pihak regulator satu jam sebelum berlangsungnya pertandingan. Oleh karena itu, setiap tim hanya memiliki waktu satu jam untuk mengatur strategi penggunaan fitur ini agar mampu digunakan secara optimal.  


Tidak ada pergantian ban di tengah balapan

Berbeda dari balapan lainnya yang memperbolehkan pembalap masuk pit stop, baik untuk mengganti ban maupun sebagai bagian dari strategi, pada ajang Formula E, pembalap tidak diperkenankan memasuki pit stop selama berlangsungnya balapan untuk mengganti ban mobilnya. Pembalap akan diperbolehkan memasuki pit stop dan mengganti ban hanya jika ban mobilnya rusak.


Itulah beberapa fakta menarik dari penyelenggaraan Formula E yang bisa Anda ketahui, termasuk Indonesia yang telah berhasil menjadi tuan rumah ajang Formula E seri ke-9. Masih penasaran dengan fakta-fakta lain mengenai Formula E? Anda bisa menambah bacaan mengenai Formula E melalui artikel-artikel yang ada pada situs resmi Nissan!