5 Fitur Keamanan Nissan Safety Shield pada Nissan Kicks e-POWER

5 Fitur Keamanan Nissan Safety Shield pada Nissan Kicks e-POWER

JUMAT, 25 MARET 2022


Nissan menghadirkan Kicks e-POWER dengan sejumlah fitur keselamatan yang sudah menjadi standar di semua lini produk. Nissan Safety Shield, teknologi keselamatan masa depan yang memberikan rasa percaya diri di segala situasi. Standar keamanan yang menggabungkan kerja sama teknologi dan fitur dalam menghasilkan tiga tingkat keamanan; pantauan, respon dan perlindungan. Nissan Safety Shield memberikan Anda kendali penuh dalam situasi sulit dan meningkatkan keamanan dalam situasi tak terduga.

Lantas, perlindungan seperti apa yang hendak ditawarkan oleh Nissan Safety Shield ? Berikut ini penjelasan singkat seputar Nissan Safety Shield di Nissan Kicks e-POWER


6 SRS airbag

Airbag merupakan komponen keamanan utama yang harus ada dalam setiap kendaraan. Komponen ini bertujuan mengurangi dampak yang timbul akibat benturan. Adanya airbag akan meminimalisir risiko cedera pada penumpang saat terjadi kecelakaan.

Nah, sistem keamanan Nissan Safety Shield yang ada pada Nissan Kicks e-POWER telah dilengkapi dengan enam SRS airbags. Ketika terjadi tabrakan, 6 titik kantung udara; 2 didepan dan 4 di samping akan mengembang seketika untuk mengurangi dampak benturan bagi pengemudi dan penumpangnya. Sensornya bekerja mengikuti tekanan sabuk pengaman.


ABS, EBD & BA Brake System

Nissan Kicks e-POWER juga telah dilengkapi dengan sistem pengereman yang canggih. Terdapat tiga sistem pengereman modern, yaitu ABS, EBD, dan BA.

ABS atau Anti-lock Braking System membantu Anda mendapatkan kendali yang lebih baik saat pengereman mendadak. Dengan adanya fitur ABS ini, risiko terjadinya selip saat jalanan licin pun bisa diminimalisir.

EBD atau Electronic Brake-force Distribution mengatur pembagian tekanan rem pada masing-masing ban. Perlu diketahui, tekanan pengereman yang diperlukan masing-masing ban berbeda, tergantung pada arah mobil melaju. Saat fitur keamanan EBD ini aktif, tekanan pengereman pada setiap ban tetap sesuai dan tidak terlampau besar kekuatannya.

BA atau Brake Assist. Sistem ini membantu Anda mencapai pengereman sempurna meski pedal rem hanya sedikit ditekan. BA akan aktif otomatis saat pedal gas dilepas mendadak. Jadi, Anda bisa tetap mengerem dengan optimal.


Pretensioner & Load Limiter Seat Belts

Salah satu risiko yang mungkin timbul saat terjadi tabrakan adalah cedera pada dada. Pada Nissan Kicks e-POWER, risiko tersebut diminimalisir dengan adanya sistem penguncian tiga titik ELR (Emergency Lock Retractor).

Seat belt depan yang otomatis menarik dan mengendur. Sistem penguncian 3 titik ELR bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh penumpang. Saat terjadi kecelakaan, tubuh pengemudi dan penumpang akan ditarik menempel ke sandaran kursi. Setelah airbag mengembang, belt akan mengendur untuk mengurangi risiko cedera dada.


Vehicle Dynamic Control

Saat mobil membelok tajam, kemudi menjadi lebih sulit untuk dikontrol. Jika pengemudi tidak memiliki kendali yang baik, mobil akan rentan berpindah posisi atau bahkan terputar. Kondisi tersebut bisa semakin parah jika permukaan jalan sedang licin karena hujan atau cuaca sedang berangin.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, teknologi Nissan Safety Shield dilengkapi dengan fitur Vehicle Dynamic Control atau VDC. Fitur VDC ini merupakan teknologi responsif yang akan membantu Anda dalam menjaga stabilitas mobil saat harus membelok tajam. VDC memudahkan Anda mendapatkan kontrol yang lebih baik meski dalam kondisi darurat.


Intelligent Trace Control

Fitur keamanan dari Nissan Safety Shield yang terakhir adalah Intelligent Trace Control atau ITC. Teknologi modern ini mengurangi risiko terjadinya selip saat mobil sedang menikung.

Sensor pada ITC akan memerintahkan roda pada sisi tertentu untuk mengurangi kecepatan. Hasilnya, posisi mobil tidak akan berubah drastis dan bisa membahayakan keselamatan. Fitur ini efektif untuk menjaga arah kendaraan agar tetap sesuai dengan keinginan pengemudi mobil meski sedang berada pada tikungan tajam.

 

Seperti yang sudah Anda ketahui, keamanan sangat penting saat berkendara. Pasalnya, Anda tidak hanya bertanggung jawab atas keselamatan diri sendiri, tapi juga penumpang dan pengguna jalan yang lain.

Memiliki sejarah panjang dalam hal merancang kendaraan, Nissan benar-benar memahami kondisi tersebut. Lewat teknologi Nissan Safety Shield yang tersedia pada mobil Nissan Kicks e-POWER, Anda bisa merasakan proteksi terbaik lewat fitur keamanan yang tersedia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur lain dari Nissan Kicks e-POWER, silakan klik di sini!