5 KELEBIHAN MOBIL LISTRIK YANG MENJADIKANNYA PILIHAN KELUARGA

25 Juni 2021

5 KELEBIHAN MOBIL LISTRIK YANG MENJADIKANNYA PILIHAN KELUARGA

The future is here, mobil listrik yang dulu hanya angan kini kian populer. Tentunya ini jadi angin segar bagi masyarakat yang menginginkan solusi berkendara yang lebih baik lagi. Hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya kelebihan mobil listrik yang tidak bisa didapatkan dari mobil berbahan bakar bensin.


Ramah lingkungan

Mobil berbahan bensin menghasilkan emisi berupa gas CO2 dan CO yang tidak hanya buruk bagi lingkungan, namun juga bagi kesehatan manusia. Ditambah lagi dengan banyaknya jumlah mobil berbahan bakar bensin yang ada di jalanan, semakin menambah urgensi untuk memilih alternatif yang lebih ramah lingkungan. Inilah salah satu kelebihan mobil listrik.


Ketimbang mengeluarkan asap ke udara seperti mobil berbahan bakar bensin, pemakaian mobil listrik bisa membantu mengurangi polusi udara. Bahkan, satu mobil listrik bisa mengurangi pencemaran udara hingga 4,6 metrik ton gas rumah kaca. Selain itu, tenaga listrik bisa dihasilkan dari sumber energi terbarukan yang selalu bisa diperbaharui. Berbeda dengan bahan bakar bensin yang diambil dari minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui dan jumlahnya terus berkurang.


Perjalanan yang lebih mulus

Kenyamanan berkendara adalah salah satu kelebihan mobil listrik. Anda tidak perlu khawatir soal mobil yang bising atau bergetar ketika sedang melaju kencang di jalanan. Mobil listrik terkenal dengan kualitas mesinnya yang hampir sama sekali tidak mengeluarkan suara, terutama saat dikendarai dalam kondisi baterai penuh. Sehingga, perjalanan Anda bersama keluarga jadi lebih nyaman dengan menggunakan mobil listrik.


Hal ini juga yang mendorong Menteri Perhubungan untuk mencetuskan peraturan baru yang mengharuskan mobil listrik dilengkapi dengan speaker agar bisa menghasilkan suara berfrekuensi 75 desibel. Dengan begitu, mobil listrik bisa melaju dengan lebih aman tanpa mengurangi kenyamanan berkendara.


Perawatan mobil yang mudah

Busi, oli, radiator, dan lain sebagainya. Segelintir dari banyaknya perawatan mobil berbahan bakar bensin yang harus dilakukan secara rutin. Namun, hal-hal ini tidak perlu Anda pusingkan bila berkendara dengan mobil listrik. Perawatan mobil yang mudah menjadi kelebihan mobil listrik yang dicari-cari banyak orang.


Anda tidak perlu lagi mengingat jadwal ganti oli ataupun istilah-istilah mesin mobil karena mobil listrik hanya terdiri dari baterai saja. Terlebih lagi, mesin mobil listrik juga lebih upgraded, sehingga tidak memerlukan perawatan mobil yang terlalu rumit.


 

Aman dalam berkendara

Selain kenyamanan berkendara, keamanan pun menjadi prioritas ketika Anda sedang memilih mobil. Kelebihan mobil listrik juga terletak pada segi keamanannya. Mobil listrik tentunya sudah melalui proses uji tipe seperti uji ketahanan mobil, uji tahan api dan air, serta uji vibrasi dan guncangan. Secara istimewa, mobil listrik juga dilengkapi dengan Intelligent Transport System (ITS) yang akan langsung memutus aliran listrik pada mesin ketika terjadi tabrakan.


Kantung udara akan terbuka dan mesin mobil pun akan otomatis mati, sehingga mampu menekan risiko cedera pada penumpang yang lebih parah. Kelebihan mobil listrik ini yang menjadikannya salah satu pilihan transportasi yang paling aman.



Hemat untuk jangka panjang

Masih banyak orang yang ragu untuk memilih mobil listrik sebagai mobil keluarga karena faktor harga. Memang, harga mobil listrik masih terbilang lebih mahal dibanding beberapa mobil berbahan bakar bensin, namun ini hanyalah perhitungan di awal saja. Seperti yang Anda ketahui, biaya kepemilikan mobil berbahan bakar bensin berupa biaya pokok membeli mobil itu sendiri, biaya perawatan rutin, biaya bensin, dan biaya pajak. Kelebihan mobil listrik antara lain Anda bisa menghemat semua biaya tersebut.


Mobil listrik tidak membutuhkan oli dan bensin, Anda cukup mengisi daya baterai menggunakan listrik di rumah. Penelitian pun menyebut bahwa untuk menempuh 120 kilometer, mobil listrik hanya memakan biaya Rp75 ribu, sementara mobil berbahan bakar bensin bisa memakan biaya 2x lipat. Kabar baiknya lagi, pembelian mobil listrik dibebaskan dari PPnBM.


Tertarik dengan berbagai kelebihan mobil listrik yang ditawarkan di atas? Saatnya Anda untuk menghapus keraguan untuk membeli mobil listrik. Segala kelebihan mobil listrik di atas bisa Anda dapatkan dari All-New Nissan Kicks e-Power yang memiliki tenaga listrik 100% tanpa charging. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.




Ada banyak kelebihan mobil listrik yang sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Berikut ini 5 kelebihan mobil listrik yang menjadikannya pilihan bagi kenyamanan berkendara Anda.

Sources:

https://weplus.id/article/ini-6-manfaat-mobil-listrik-digunakan-harian-lebih-hemat/376/

https://www.seva.id/blog/perlu-diketahui-ini-kelebihan-dan-kekurangan-mobil-listrik/

https://www.simulasikredit.com/kelebihan-dan-kekurangan-mobil-listrik/#:~:text=Hal%20yang%20menarik%20dari%20mobil,jaringan%20ke%20daya%20di%20roda

https://www.caranddriver.com/research/a32758614/electric-cars-pros-and-cons/

https://oto.detik.com/mobil/d-5363675/nggak-perlu-nunggu-akhir-tahun-beli-mobil-listrik-sekarang-sudah-bebas-pajak

https://www.liputan6.com/otomotif/read/3973766/mobil-listrik-harus-berisik-ini-sebabnya

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/15/121500915/aturan-baru-mobil-listrik-harus-berisik

https://www.pikiran-rakyat.com/otomotif/pr-01371309/simak-manfaat-dari-mobil-listrik-diklaim-bisa-mengurangi-gas-rumah-kaca-46-metrik-ton