5 Keunggulan Baterai Mobil Listrik The All-New Nissan Leaf

5 Keunggulan Baterai Mobil Listrik The All-New Nissan Leaf

KAMIS, 23 DESEMBER 2021


Performa baterai mobil listrik menjadi salah satu indikator untuk menentukan kualitas mobil secara keseluruhan. Ini karena baterai pada mobil listrik bisa diibaratkan sebagai jantung pada tubuh manusia. Tanpa adanya baterai, maka mobil listrik tidak akan mungkin melaju di jalanan.

Bagaimana dengan mobil listrik dari Nissan, The All-New Nissan Leaf? Seperti apa kualitas baterai yang disematkan di dalamnya? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan mengenai baterai mobil listrik The All-New Nissan Leaf berikut ini.

Kapasitas besar dengan jarak tempuh jauh

Salah satu cara untuk menentukan kualitas baterai adalah dengan melihat kapasitasnya. Semakin besar kapasitas yang ditawarkan, maka semakin jauh juga jarak yang bisa ditempuh kendaraan. Sebaliknya, jika kapasitas yang diberikan kecil, maka jarak tempuh mobil akan terbatas sebelum pengisian ulang daya.

The All-New Nissan Leaf sendiri menawarkan baterai dengan kapasitas 40 kWh. Kapasitas ini mampu membawa mobil menempuh jarak hingga 311 km berdasarkan perhitungan NEDC (New European Driving Cycle). Perlu diingat, jarak tempuh akan bervariasi mengikuti beberapa faktor seperti gaya berkendara serta kondisi lalu lintas.

Daya tahan baterai 

Bagaimana dengan ketahanan baterainya? Dalam penggunaan normal, maka baterai The All-New Nissan Leaf mampu bertahan lama bahkan Nissan memberikan garansi baterai sampai 160.000 km / 8 tahun (mana yang tercapai dahulu). Hal ini sesuai dengan prinsip Nissan untuk menghadirkan kendaraan yang sustainable eco friendly, tidak sekadar ramah lingkungan tapi juga berkelanjutan.

Baterai The All-New Nissan Leaf menggunakan tipe lithium-ion yang mampu menampung daya listrik lebih besar dan relatif lebih mudah dirawat sehingga memudahkan Anda untuk menjaga performa mobil.

Bisa isi daya baterai di mana saja

Baterai mobil listrik The All-New Nissan Leaf juga menawarkan kemudahan dalam pengisian daya. Anda bahkan bisa mengisi daya baterai di mana saja, baik itu di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), di rumah, atau di mana pun juga. Sebab, Nissan memberikan promo untuk setiap pembelian The All-New Nissan Leaf telah disertai dengan AC Home Charging* dan portable charger di dalam mobil selama periode berlangsung. Dengan portable charger, maka Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya selama perjalanan karena dapat menggunakan portable charger secara sementara.

Tiga cara pengisian daya baterai The All-New Nissan Leaf

Untuk pengisian daya, baterai mobil listrik The All-New Nissan Leaf pun cukup fleksibel. Tersedia tiga opsi pengisian daya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan situasi. Tiga cara pengisian daya baterai tersebut yaitu:

  • Quick charging

Pertama, ada quick charging. Mode pengisian inilah yang paling cepat karena menggunakan daya paling besar. Biasanya, mode pengisian ini bisa Anda temukan pada SPKLU. Dengan quick charging, baterai bisa terisi penuh hanya dalam waktu kurang lebih 40-60 menit.

  • Home charging

Berikutnya ada home charging. Sama seperti namanya, proses pengisian ini dilakukan saat Anda berada di rumah. Anda bisa menggunakan wall box dengan kapasitas listrik 2-AC untuk home charging ini. Jika dibandingkan dengan standard charging, mode pengisian ini lebih hemat waktu karena menggunakan daya yang lebih besar, yaitu sekitar 6,6-7,4 kW dengan waktu pengisian sekitar 5-7 jam hingga terisi penuh.

  • Standard charging

Dalam mode standard charging, proses pengisian baterai akan menggunakan daya kurang lebih 3,3 kW. Proses charging ini akan memakan waktu sekitar 12-15 jam hingga baterai terisi penuh. Anda bisa menggunakan portable charging bawaan untuk standard charging ini.

Garansi jangka panjang

Terakhir, baterai mobil listrik The All-New Nissan Leaf juga disertai dengan garansi jangka panjang. Untuk setiap pembelian unit baru The All-New Nissan Leaf, Anda berhak atas garansi baterai hingga 8 tahun atau 160.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu). Untuk bisa mendapatkan garansi baterai ini, pastikan Anda membeli The All-New Nissan Leaf melalui dealer resmi Nissan


Dari sini, bisa disimpulkan bahwa baterai yang digunakan The All-New Nissan Leaf adalah komponen berkualitas terbaik. Tak sabar ingin merasakan performa kendaraan listrik The All-New Nissan Leaf? Segera dapatkan melalui dealer resmi Nissan terdekat di kota Anda atau mendaftar melalui https://nissan.co.id/request-test-drive!