5 Keuntungan Mobil Listrik yang Dapat Anda Rasakan

5 Keuntungan Mobil Listrik yang Dapat Anda Rasakan

SELASA, 23 NOVEMBER 2021


Mobil listrik merupakan model kendaraan yang relatif baru di industri otomotif tanah air. Walau begitu, mobil listrik seperti produksi Nissan merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Tidak hanya untuk menghemat uang, tapi juga membantu berkontribusi terhadap lingkungan. Mari simak lima keuntungan mobil listrik yang dapat Anda rasakan berikut ini.

Lebih ramah lingkungan

Keuntungan mobil listrik yang pertama adalah cenderung lebih ramah lingkungan. Mobil berbahan bakar bensin menghasilkan banyak emisi karbon yang dikeluarkan ke atmosfer alami, menghasilkan kerentanan terhadap hal-hal seperti polusi dan gas rumah kaca. Karenanya, untuk memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, menggunakan mobil listrik adalah langkah tepat.

Mobil listrik cenderung lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi, sehingga dapat mengurangi jejak karbon. Sesuai namanya, mobil listrik dijalankan dengan mesin bertenaga listrik yang tidak memancarkan gas beracun atau asap di lingkungan karena berjalan pada sumber energi yang bersih. Bahkan jika berkendara menggunakan The All-New Nissan Leaf, Anda tak perlu khawatir karena mobil listrik unggulan Nissan ini sudah Zero-Emission.

Performa tangguh dan kencang

Selanjutnya, keuntungan mobil listrik adalah menawarkan performa yang tangguh dan kencang. Jika dibandingkan dengan mobil biasa, mobil listrik mempunyai mesin yang akselerasinya lebih spontan. Mobil listrik juga terasa lebih bertenaga daripada mobil bermesin pembakaran internal dengan horsepower rating yang sama. Mobil listrik The All-New Nissan Leaf mampu menempuh kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 7,9 detik.

Performa yang tangguh dan kencang tersebut dilengkapi dengan kesenyapan suara mesin. Selain itu, mobil listrik seperti The All-New Nissan Leaf juga menjalani prosedur pengujian yang sama seperti mobil bertenaga bahan bakar lain. Performa mobil listrik yang tangguh pun lebih aman digunakan mengingat pusat gravitasinya yang lebih rendah, membuatnya jauh lebih stabil di jalan jika terjadi tabrakan. 

Apabila itu terjadi, airbag akan terbuka dan pasokan listrik dari baterai terputus sehingga mencegah Anda dan penumpang lain di dalam mobil dari cedera serius. Bahkan lebih kecil kemungkinan mobil listrik untuk meledak mengingat tidak adanya bahan bakar atau gas yang mudah terbakar.

Suara mobil tidak bising

Mesin mobil listrik cenderung lebih tenang sehingga meningkatkan kenyamanan Anda selama berkendara. Potensi dalam mengurangi kebisingan lalu lintas di tempat parkir dan di jalanan pun cukup signifikan. Ketenangan yang diberikan oleh mobil listrik saat digunakan dapat membuat pengemudi lebih tenang dan mengalami lebih sedikit stres. 

Sebagian besar pengendara mobil listrik mendapatkan keuntungan mobil yang lebih tenang sehingga membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres selama di dalam mobil. Selain mengurangi polusi kebisingan, mobil listrik juga mampu memberikan pengalaman berkendara yang mulus dengan akselerasi lebih tinggi pada jarak lebih jauh. 

Relatif lebih hemat biaya bahan bakar 

Salah satu penghematan terbesar sehari-hari dari mobil listrik adalah biaya bahan bakar. Biaya yang dibutuhkan oleh mobil listrik kurang dari setengah biaya operasional mobil bertenaga gas. Selain penghematan biaya, tarif listrik juga jauh lebih stabil daripada harga bensin. Tarif listrik yang konsisten menunjukkan bahwa pengisian bahan bakar mobil listrik relatif lebih ramah anggaran dan lebih dapat diprediksi.

Selain tidak perlu beli bensin, The All New Nissan Leaf mendapatkan daya listrik dari charging. Dalam sekali charge penuh, mobil listrik The All-New Nissan Leaf mampu menempuh jarak hingga 311 km. Mengingat teknologi baterai terus meningkat, biaya setara per mil untuk mengemudikan kendaraan listrik secara signifikan lebih murah daripada mengendarai kendaraan berbahan bakar bensin. Pada dasarnya, dengan mengendarai mobil listrik, Anda bisa mendapatkan jarak tempuh dua kali lipat untuk setiap rupiah pembelian bensin.

Tidak membutuhkan perawatan rumit

Mobil listrik berjalan dengan mesin bertenaga listrik. Jadi, Anda tidak perlu melumasi mesin atau perawatan rumit lain yang berhubungan dengan mesin pembakaran bensin. Mobil listrik tidak lagi membutuhkan perawatan mahal. Walau begitu, Anda tetap perlu melakukan servis mobil listrik setiap jarak tempuh mencapai per 10.000 km.

Pasalnya, pada mobil listrik, Anda tidak perlu lagi melakukan penggantian oli mesin, oli filter, busi, coolant radiator, hingga automatic transmission fluid (ATF) yang biasa ada dalam mobil berbahan bakar bensin. Hal ini pun menjadi salah satu keuntungan mobil listrik yang penting untuk Anda ketahui.

Bahkan jika berkendara menggunakan The All-New Nissan Leaf, perawatan mobil listrik jadi semakin terjangkau berkat adanya garansi cell battery saat sudah delapan tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dulu).


Itulah lima keuntungan mobil listrik yang dapat Anda rasakan. Perusahaan seperti Nissan menawarkan mobil listrik yang hebat dengan jumlah manfaat yang luar biasa bagi Anda yang ingin berinvestasi. Penghematan pun bisa dirasakan dalam jumlah besar. Dampak lingkungan dari mobil listrik juga nol, artinya Anda bisa mengurangi jejak karbon sekaligus berdampak positif pada ekonomi.