Aman Berkendara dengan Nissan Magnite di Tanjakan

17 Juni 2022

Aman Berkendara dengan Nissan Magnite di Tanjakan

Resmi meluncur di Indonesia pada Desember 2020 lalu, Nissan Magnite diharapkan dapat memperkuat eksistensi merek Nissan di Indonesia. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh mobil SUV unggulan ini, salah satunya adalah aman berkendara di tanjakan. Agar Anda selalu aman berkendara dengan Nissan Magnite di tanjakan, mari simak informasi berikut ini!

1. Pasang di gigi 1 atau 2

Tips pertama agar aman berkendara di tanjakan dengan Nissan Magnite adalah pasang gigi satu atau dua. Sebaiknya jangan menginjak setengah kopling jika melewati jalan tanjakan karena cara ini akan membuat kopling akan cepat aus, bahkan jebol akibat terlalu sering diinjak. Agar lebih aman, Anda bisa gunakan gigi satu atau dua, khususnya gigi satu jika tanjakannya sangat curam. Jika tanjakan rendah, Anda bisa gunakan gigi dua.

2. Gunakan rem tangan agar mobil tidak merosot

Fungsi rem tangan adalah menjaga agar kendaraan tetap diam ketika parkir, terutama saat berada di jalanan yang tidak rata seperti naik atau turun. Di samping menggunakan gigi satu atau dua jika berada di jalan tanjakan, Anda juga bisa memainkan rem tangan untuk menggantikan kopling, khususnya saat menghentikan kendaraan.

Anda cukup menarik tuas rem tangan agar mobil tidak mundur saat melewati jalan tanjakan curam. Kemudian, lepas rem tangan secara perlahan sambil melepas kopling saat mobil berjalan. Pastikan kaki lainnya menekan pedal gas sehingga mobil dapat bergerak ke depan.

3. Injak rem kaki di tanjakan landai

Pada kondisi tanjakan yang tidak curam, Anda bisa injak rem kaki dan kopling sesuai putaran mesinnya. Coba injak pedal rem saat mobil berhenti, lalu pindahkan tuas persneling pada posisi N. Anda bisa melepas injakan pada pedal rem secara pelan sambil melepas kopling setelah mobil berjalan. Dengan begitu, mobil akan bergerak maju dengan pelan.

4. Beri jarak dengan kendaraan lain

Penting untuk memberikan jarak dari pengendara lainnya agar kendaraan Anda tidak bertabrakan dengan kendaraan lain, khususnya saat berada di tanjakan. Kementerian Perhubungan telah menentukan jarak minimal dan jarak aman antar kendaraan, yaitu 30 km/jam untuk kecepatan, 15 meter untuk jarak minimal, dan 30 meter untuk jarak aman. Dengan mengemudi di jarak yang aman, Anda telah mengutamakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Menjaga jarak antar kendaraan penting diperhatikan saat berkendara untuk mengantisipasi munculnya kendaraan lain di depan atau belakang kendaraan Anda. Dengan memberikan jarak, Anda akan memiliki banyak waktu untuk bereaksi saat menghadapi kondisi yang berbahaya.

 

 

5. Manfaatkan fitur Hill Start Assist

Sudah tersedia pada mobil All-New Nissan Magnite, Hill Start Assist adalah fitur keamanan mobil di tanjakan. Fitur ini hanya ada pada mobil-mobil terkini dan modern, serta pada mobil-mobil bertransmisi otomatis. Berfungsi menahan mobil di tanjakan atau anti-mundur pada jalan menanjak, fitur ini akan melakukan deteksi saat melewati jalan tanjakan dan sensornya akan melacak arah putaran roda walaupun sangat pelan sampai hampir diam.

Fitur Hill Start Assist pada Nissan Magnite ini memberikan solusi bagi Anda yang sering ragu ketika harus melewati tanjakan. Dengan mencegah mobil mundur ketika melintasi medan tanjakan, fitur ini mengurangi rasa was-was ketika Anda harus melewati jalan pegunungan atau masuk gedung parkir bertingkat.

6. Latih kemampuan menyetir

Anda juga perlu melatih kemampuan menyetir sesuai jenis mobil yang digunakan. Tenang saja, Anda dapat aman berkendara di tanjakan menggunakan Nissan Magnite dengan mengandalkan rem dan kopling pada gigi satu atau dua. Dengan melatih kemampuan menyetir, Anda bisa lebih aman berkendara menggunakan Nissan Magnite di tanjakan.

7. Perkirakan kemiringan tanjakan

Dengan memperkirakan kemiringan tanjakan, Anda bisa memprediksi gigi berapa yang akan digunakan agar kendaraan tidak mundur saat di tanjakan. Jika Anda bingung mengganti gigi di tanjakan, maka Anda bisa mengganti gigi ke tingkat rendah sebelum kendaraan kembali melajur. Dengan begitu, mobil akan kuat menanjak dan tidak mati mendadak. Tidak perlu khawatir jika suara mesin terdengar kasar, sebab hal tersebut menandakan mobil sedang menanjak.

 

Medan tanjakan kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para pengemudi mobil, terutama bagi para pemula. Namun, tak perlu khawatir jika Anda mengendarai Nissan Magnite di tanjakan karena mobil ini telah dibekali dengan Hill Start Assist. Fitur ini mampu menahan mobil agar tidak mundur di area tanjakan. Berkendara pun jadi lebih aman!


Posted : 17 June 2022

Artikel Terkait

Nissan Magnite: Spesifikasi, Fitur, dan Harga

Nissan Magnite: Spesifikasi, Fitur, dan Harga

Nissan Magnite, SUV dengan Mesin Turbo dari Nissan

Nissan Magnite, SUV dengan Mesin Turbo dari Nissan