Apa Itu Fitur Vehicle Dynamic Control yang Ada di Nissan Livina?

Apa Itu Fitur Vehicle Dynamic Control yang Ada di Nissan Livina?

Nissan Livina, mobil favorit andalan keluarga Indonesia, memiliki fitur VDS atau Vehicle Dynamic Control yang mampu menjamin keselamatan Anda dan keluarga selama berkendara. Fitur ini sudah banyak disematkan pada produk-produk kendaraan roda empat canggih yang mengedepankan kenyamanan dan keamanan berkendara. Memangnya, apa itu fitur VDC pada Nissan Livina? Bagaimana pula cara kerjanya?

Vehicle Dynamic Control Nissan Livina

VDC atau Vehicle Dynamic Control adalah fitur keamanan pada kendaraan yang mampu mengantisipasi hilangnya kontrol kemudi akibat kondisi jalan yang licin atau jalan menanjak. VDC hampir sama dengan ESC (Electronic Stability Control) yang telah diwajibkan ada pada kendaraan di Amerika Serikat sejak tahun 2012.

Fitur VDC menggunakan sensor elektronik terkomputerisasi yang mampu mendeteksi selip roda bahkan sebelum disadari oleh pengemudi. Saat sensor ini aktif, sistem keamanan VDC akan menerapkan penanggulangan secara otomatis untuk mencegah traction loss pada kendaraan. Tindakan ini akan sulit dilakukan oleh pengemudi sendiri.

Bagaimana cara kerjanya?

Sistem Vehicle Dynamic Control atau VDC bekerja dengan prinsip stabilitas yang lebih terarah. Alih-alih mengarahkan kendaraan, sistem VDC akan membuat pengemudi terus mengarahkan mobil ke arah yang diinginkan dengan kendali penuh.

Selama mode pengendaraan normal, sensor komputer VDC akan memonitor laju kemudi dan arah kendaraan secara terus-menerus. Sensor pintar ini menganalisis arah kendaraan berdasarkan sudut roda kemudi dan jalanan di depannya. Ketika mobil akan mengalami selip atau kehilangan traksi, sensor akan memerintahkan sistem mobil untuk melakukan tindakan pencegahan.

Misalnya, saat kendaraan mulai understeer atau tidak menanggapi masukan roda kemudi untuk berbelok dan malah terdorong lurus ke depan, VDC akan melakukan pengereman pada roda depan luar sehingga memaksa mobil untuk berbelok.

Untuk mencegah selip, VDC juga akan menerapkan rem ke masing-masing roda mobil dan mengurangi kecepatan kendaraan. Jadi, cara kerja VDC ini lebih ke arah antisipasi dengan masukan otomatis yang akan membantu Anda tetap memegang kendali atas kendaraan. Sensornya yang mampu mendeteksi selip dengan cepat akan sangat membantu Anda untuk mengarahkan kendaraan.

Keuntungan mobil yang dibekali fitur VDC

Apabila Anda memiliki mobil yang dibekali dengan fitur VDC, seperti Nissan Livina, Anda akan bisa mengemudi dengan lebih stabil meski kondisi jalanan buruk. Artinya, manuver yang Anda lakukan akan jauh lebih sempurna jika dibandingkan dengan mengendarai kendaraan tanpa fitur VDC.

Teknologi ini sangat memudahkan pengemudi untuk mengarahkan kendaraan. Mobil tidak akan mudah tergelincir, understeer atau oversteer, hilang kendali saat di tanjakan, dan sebagainya. Vehicle Dynamic Control pada Nissan Livina mampu membuat kendaraan tetap stabil saat bermanuver dan berakselerasi di tikungan. Anda pun akan merasa aman dan nyaman selama berkendara.

Kombinasi Hill Start Assist + Vehicle Dynamic Control + Traction Control System

Nissan Livina tidak hanya dibekali dengan Vehicle Dynamic Control saja, tetapi juga fitur Hill Start Assist dan Traction Control System. Fitur VDC sendiri sudah memiliki sensor otomatis yang mengarahkan pengemudi untuk tetap berada pada jalur yang semestinya. Dengan kombinasi antara VDC dengan Hill Start Assist dan Traction Control System, manuver kendaraan akan jauh lebih sempurna.

Mengenal fitur keamanan lain pada Nissan Livina

Fitur Vehicle Dynamic Control pada Nissan Livina adalah fitur keamanan andalan bagi para pengendara. Sistem antisipasi yang dikeluarkan oleh sensor sangat membantu keamanan laju kendaraan pada jalan yang menanjak. Namun, fitur ini sebaiknya dinonaktifkan saat Anda melintasi jalan berlumpur atau bersalju. Tak perlu khawatir, tombol VDC Off sudah disematkan pada mobil ini sehingga Anda bisa lebih mudah menonaktifkannya saat diperlukan.

Selain Vehicle Dynamic Control, Nissan Livina juga dibekali dengan fitur keamanan lain yang luar biasa, yaitu Hill Start Assist dan Traction Control System. Hill Start Assist akan membantu kendaraan untuk melalui jalan yang menanjak seperti perbukitan. Sedangkan, Traction Control System akan membuat kendaraan terus stabil dan tidak kehilangan traksi selama digunakan. Kombinasi ketiganya akan membuat Anda semakin percaya diri dalam menyetir kendaraan meski melalui jalanan yang sulit sekalipun.

Kini, Anda telah mengetahui apa itu fitur Vehicle Dynamic Control atau VDC pada Nissan Livina. Berkat kehadiran fitur satu ini, Nissan Livina mampu memberikan performa terbaik berkendara dengan manuver yang stabil. Alhasil, Anda pun dapat merasakan pengalaman berkendara dengan keamanan optimal bersama Nissan Livina. Untuk info lebih lengkap seputar fitur lainnya, klik di sini.