Formula E Jakarta Sukses Digelar pada Awal Juni 2022

5 Agustus 2022

Formula E Jakarta Sukses Digelar pada Awal Juni 2022

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan pertandingan Formula E. Formula E merupakan ajang balapan yang ramah lingkungan. Berbeda dengan balapan pada umumnya, Formula E tidak menggunakan bahan bakar fosil, melainkan dengan tenaga motor listrik atau baterai yang ditanam pada kendaraannya. Inilah yang menjadikan balapan Formula E lebih ramah lingkungan.

Ajang balap yang pertama kalì diadakan pada 2014, tepatnya di kompleks Olimpiade Beijing, China ini, bertujuan untuk memperkenalkan kendaraan listrik pada masyarakat kota demi masa depan lebih bersih. Formula E Jakarta masuk dalam kalender Kejuaraan Dunia Formula E yang digelar pada 2022. Pada kesempatan kali ini, Nissan juga turut hadir berpartisipasi.


Formula E Jakarta digelar pada 4 Juni 2022

Ajang balap Formula E Jakarta sukses dilaksanakan pada awal Juni, tepatnya pada 4 Juni 2022. Formula E Jakarta atau disebut juga Jakarta e-Prix 2022 ini digelar di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara tepatnya di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).


Jumlah penonton diklaim capai 60.000 orang

Adanya pagelaran Formula E Jakarta membuat animo masyarakat untuk mengunjungi kawasan Ancol meningkat. Banyak sekali pengunjung yang ingin menyaksikan secara langsung bagaimana para pembalap beraksi menaklukkan sirkuit yang ada di JIEC tersebut.

Berdasarkan informasi dari penyelenggara, ada sekitar 60.000 orang yang mengunjungi kawasan Ancol pada saat ajang balap Formula E Jakarta. Dari total jumlah tersebut, ada 20.000 pengunjung yang berada di area sirkuit dan 40.000 pengunjung lainnya berada di sekitaran kawasan Ancol menonton bersama melalui layar besar yang telah disediakan.

Terdapat beberapa kategori tiket yang disiapkan oleh panitia dan ludes terjual habis. Dari 60.000 tiket yang disiapkan, terdapat 22.000 tiket dengan kategori area dalam sirkuit JIEC. Kategori tiket ini termasuk jenis tiket VIP dan VVIP, Grandstand, dan Circuit Festival yang dibanderol mulai dari Rp450 ribu sampai dengan RP10 juta per tiket. Sementara itu, ada juga 30.000 tiket untuk penonton di luar sirkuit atau kategori Ancol Festival. Kategori Ancol Festival ini dihargai Rp250 ribu.


Info impression pembalap Nissan

Seperti yang diketahui, Tim Formula E Nissan e.dams turut menjadi partisipan dalam ajang balap Formula E Jakarta. Ini adalah kali pertamanya Nissan e.dams berlaga di sirkuit baru untuk putaran 9 Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA 2021/2022. Pada kesempatan kali ini, Nissan e.dams menghadirkan Sébastien Buemi dan Maximilian Günther sebagai pembalapnya.

Buemi membalap dengan menggunakan Nissan Ariya#23 yang dinamakan berdasarkan SUV crossover all-electric all-new pabrikan Jepang. Sementara rekan setimnya, Günther, menggunakan Nissan LEAF#22 sebagai EV merek terkenal yang pertama kali diluncurkan pada 2010.

Dalam kedatangan perdananya di Indonesia, Buemi mengaku bersemangat untuk menjajal trek baru mereka di Jakarta. Kondisi Indonesia yang panas dan lembap juga menjadi tantangan tersendiri untuk Buemi yang tidak sabar keluar dan mengeksplor kondisi balapan yang baru.

Tidak jauh berbeda dari Buemi, Günther juga sangat menantikan perjalanannya di Jakarta. Bersama Formula E, dia bisa menemukan tempat baru dan kota baru. Günther menilai lintasan yang ada di JIEC terlihat sangat teknis dan akan menyenangkan untuk dilintasi. Mengendalikan suhu dalam mobil serta manajemen energi menurutnya akan menjadi tantangan dalam kondisi Formula E Jakarta dengan cuaca panas dan kondisi lembap.


Jadi prestasi membanggakan bagi Indonesia

Penyelenggaraan Formula E Jakarta tentu menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi Indonesia. Mengingat Indonesia menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang dapat menyelenggarakan Formula E musim 2022. Tidak hanya itu, ajang yang mendapat perhatian hampir seluruh dunia ini bisa menjadi ajang memperkenalkan Indonesia di mata dunia. Terlebih untuk penonton televisi, diperkirakan setidaknya 500 juta pasang mata penduduk dunia turut menyaksikan kejuaraan bergengsi ini.


Formula E Jakarta telah sukses diselenggarakan pada awal Juni 2022 lalu. Ajang kejuaraan bergengsi ini diharapkan mampu memberikan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, salah satunya dengan adanya perkembangan penggunaan mobil listrik yang ramah terhadap lingkungan. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Formula E maupun Nissan e.dams, kunjungi situs resmi Nissan di sini!