Hal-hal yang Harus Diwaspadai Saat Bepergian Jauh

Hal-hal yang Harus Diwaspadai Saat Bepergian Jauh

Jika Anda ingin bepergian jauh menggunakan kendaraan pribadi, ada beberapa hal yang harus Anda waspadai. Penggunaan kendaraan pribadi untuk bepergian jauh membutuhkan persiapan yang baik agar Anda dapat dengan aman dan nyaman sampai ke tujuan. Agar perjalanan jauh semakin menyenangkan, Anda bisa mengendarai Nissan Magnite, mobil SUV yang hadir sebagai pemain baru pada kelas SUV kompak berkapasitas lima penumpang.

Nissan Magnite hadir dengan opsi warna yang unik, yaitu two-tone dan one-tone. Untuk two-tone, Anda bisa memilih antara warna Flare Garnet Red, Onyx Black, dan Pearl White & Onyx Black. Sedangkan untuk one-tone, Anda bisa memilih antara tiga warna klasik, yaitu Blade Sliver, Onyx Black, dan Storm White. Apa pun warna pilihan Anda, hal-hal berikut harus Anda waspadai saat bepergian jauh. Yuk, simak!

1. Kontrol kecepatan berkendara

Sebagai pengemudi, Anda perlu secara konstan memperkirakan kecepatan yang tepat dan aman sesuai kondisi jalan, kendaraan lain, pejalan kaki, dan berbagai hal lain yang dapat terjadi setiap saat.

Batas kecepatan dan akselerasi tertinggi Nissan Magnite sendiri adalah sekitar 150 km/jam. [1] Batas kecepatan ini akan membantu membatasi kecepatan Anda, mengurangi jumlah waktu yang Anda perlukan untuk bereaksi terhadap perubahan di jalan raya atau arus lalu lintas, serta memudahkan Anda menghentikan kendaraan jika diperlukan.

2. Periksa kondisi kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan Nissan Magnite, Anda perlu periksa kondisi kendaraan. Memeriksa kondisi kendaraan dapat membantu memastikan keselamatan perjalanan jauh. Kondisi kendaraan bisa Anda periksa dengan mengecek kondisi mesin, rem, aki, ban, hingga pelumas mobil. Bawalah berbagai peralatan yang diperlukan jika kendaraan mengalami gangguan atau butuh perawatan di tengah perjalanan, misalnya obeng, dongkrak, tang, hingga kunci pas.

3. Mengemudilah di jarak yang aman

Salah satu faktor penting dalam menjaga keselamatan saat berkendara di jalan raya adalah mengikuti ketentuan jarak aman antar kendaraan. Kementerian Perhubungan telah menentukan jarak minimal dan jarak aman antar kendaraan, yaitu 30 km/jam untuk kecepatan, 15 meter untuk jarak minimal, dan 30 meter untuk jarak aman.[2] Dengan mengemudi di jarak yang aman, Anda telah mengutamakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

4. Pastikan selalu menggunakan seatbelt

Terlepas dari fitur keselamatan terbaru, seatbelt atau sabuk pengaman masih menjadi perangkat pencegahan cedera yang paling efektif pada kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan seatbelt selama perjalanan jauh dengan Nissan Magnite. Saat terjadi tabrakan, seatbelt membantu Anda tetap aman dan terlindungi di dalam kendaraan.

5. Istirahatlah secara berkala

Saat bepergian jauh mengendarai Nissan Magnite, penting untuk beristirahat secara berkala. Sebab, tubuh manusia sejatinya memiliki batas sehingga pada titik kelelahan, bukan hanya otot yang lemas. Konsentrasi dan refleks juga menurun saat Anda kelelahan. Itulah mengapa Anda harus segera beristirahat jika sudah merasa lelah saat mengemudi.

Sebagai informasi, aturan tentang durasi maksimal mengemudi di Indonesia sudah tertuang dalam UUD Pasal 90 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Dalam aturan tersebut, pengemudi dilarang mengemudi selama delapan jam non-stop. Anda boleh mengemudi dalam durasi empat jam secara berturut-turut, tapi setelahnya wajib beristirahat minimal 30 menit. Dengan beristirahat secara berkala, Anda bisa terbebas dari kelelahan yang bisa memicu kecelakaan.

Bepergian jauh dengan Nissan Magnite memang aman dan nyaman. Walau begitu, tetap ada hal-hal yang penting untuk Anda perhatikan dan terapkan, termasuk kelima poin di atas. Jadi, sudah siap bepergian jauh dengan Nissan Magnite?


Posted : 17 June 2022