IEMS 2022 Digelar Akhir September, Jangan Sampai Terlewat!

IEMS 2022 Digelar Akhir September, Jangan Sampai Terlewat!

Para pencinta otomotif Indonesia akan kembali dimanjakan dengan hadirnya pameran kendaraan setelah GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 pada Agustus 2022 lalu. Kali ini, Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan didukung Ikatan Mobil Indonesia mengadakan pameran kendaraan listrik bertajuk Soft Launching Indonesia Electric Motor Show atau IEMS 2022. di Jakarta Convention Center (JCC) pada 28-30 September 2022. 

Dalam IEMS tahun ini, para pengunjung berkesempatan menjajal kendaraan berbahan energi listrik dan mendapat pengetahuan tentang perkembangan kendaraan listrik yang siap dipasarkan di Indonesia. Namun, apakah Anda sudah tahu apa itu IEMS? Mari kenalan dengan event IEMS di bawah ini!


Apa itu IEMS?

Indonesia Electric Motor Show atau IEMS merupakan pameran yang mempertunjukkan kendaraan listrik sekaligus menjadi ajang edukasi tentang kendaraan listrik. Pameran ini diadakan pertama kali pada tahun 2019 sebagai realisasi dari Peraturan Presiden (Perpres) No.55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan listrik di sektor transportasi darat.

Selain itu, IEMS 2022 juga menjadi ajang untuk memberi dukungan kepada produsen kendaraan listrik di Indonesia agar terus mengembangkan produknya. Tujuannya untuk mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil di tengah fluktuasi harga BBM. Dengan begitu, animo masyarakat terhadap kendaraan listrik akan meningkat, sehingga diharapkan dapat berimbas pada produksi massal dan masuknya kendaraan tersebut ke pasar Indonesia.


Inovasi dan pembaruan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia

Selain pameran kendaraan listrik dari berbagai merek ternama, pengunjung IEMS 2022 juga berkesempatan untuk mengikuti seminar dan talkshow seputar ekosistem kendaraan listrik. Hal ini bertujuan untuk memberi edukasi bahwa ekosistem mobil listrik di Indonesia sudah semakin maju, sehingga masyarakat dapat mempertimbangkan untuk migrasi ke mobil berbahan bakar listrik.

Di samping seminar dan bincang-bincang bersama ahli, IEMS 2022 juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengetahui lebih jauh tentang kendaraan listrik dan komponen pendukung, seperti sistem charging dan baterai. Sering kali masyarakat yang berminat untuk memiliki kendaraan listrik khawatir dengan naiknya biaya konsumsi listrik karena penggunaan kendaraan listrik.

Dalam event ini, pihak penyelenggara akan membahas miskonsepsi tersebut karena pada dasarnya, charging kendaraan listrik tidak akan memakan banyak konsumsi listrik. Sebaliknya, penggunaan kendaraan satu ini akan menghemat biaya pengguna karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli BBM kendaraan.


Didukung lebih dari 50 partisipan

Pada IEMS 2022 kali ini, terdapat lebih dari 50 partisipan yang berkesempatan untuk memamerkan produk terbaiknya. Para partisipan ini tak hanya berasal dari merek kendaraan ternama, tapi juga instansi pemerintah seperti PT PLN, PT Pertamina, dan beberapa perguruan tinggi. Tentunya sebagai salah satu pabrikan otomotif unggulan di Indonesia, Nissan juga akan hadir sebagai gold sponsor yang turut memamerkan mobil bertenaga listrik dengan teknologi terbaru.


Sediakan test drive untuk jajal mobil listrik

Penasaran untuk menjajal mobil listrik? IEMS 2022 adalah saat yang tepat untuk melakukannya! Pada event ini, pengunjung berkesempatan untuk menjajal sensasi mengendarai kendaraan listrik dengan test drive, sekaligus berkenalan dengan berbagai teknologi pendukungnya.

Terlebih, mengingat banyaknya produsen mobil listrik yang menjadi partisipan, pengunjung yang berminat untuk membeli mobil listrik dapat melakukan perbandingan produk, mana yang lebih nyaman untuk Anda.


Nissan hadirkan mobil listrik andalan

Sementara itu, sebagai gold sponsor, Nissan juga berkesempatan untuk memperkenalkan produk mobil listrik andalannya, yaitu Nissan Kicks e-POWER dan All-New Nissan Leaf. Kedua mobil ini sudah terintegrasi dengan teknologi listrik dan siap untuk mengaspal di jalanan Indonesia.

Nissan Kicks e-POWER merupakan mobil berkonsep hybrid yang memanfaatkan BBM sekaligus tenaga listrik untuk bisa berkendara. Sedangkan, All-New Nissan Leaf sudah menggunakan teknologi listrik secara full, baik dari mesin hingga bahan bakarnya.


Demikian penjelasan tentang event IEMS 2022 yang akan diadakan pada akhir September 2022 ini. Bagi Anda pencinta otomotif, jangan sampai lewatkan event ini untuk menambah pengetahuan seputar ekosistem kendaraan listrik, sekaligus kesempatan untuk menjajal sensasi mengendarai mobil listrik. See you there!