Kamu Tim MPV atau SUV?

Kamu Tim MPV atau SUV?

Saat ini telah banyak pilihan mobil bagi Anda yang telah berkeluarga untuk melakukan perjalanan. Sejak lama, MPV selalu menjadi pilihan utama keluarga Indonesia. Namun, beberapa tahun kebelakang mobil dengan jenis SUV kini termasuk kedalam pilihan keluarga Indonesia. Baik MPV maupun SUV, keduanya memiliki karakter berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Memilih MPV atau SUV yang sesuai kebutuhan, dapat memberikan pengalaman berkendara yang tak terlupakan bersama keluarga.


Perbedaan mencolok MPV dan SUV

Desain eksterior menjadi perbedaan paling mencolok untuk dapat membedakan MPV dan SUV. Pada umumnya tarikan garis pada mobil MPV terlihat lebih sederhana dan sedikit lekukan dibanding dengan SUV yang memiliki tarikan garis lebih tajam dan adanya tambahan overfender untuk menunjukkan ground clearance yang lebih tinggi dibanding MPV.


Sektor kaki-kaki pun mendapat perlakuan berbeda, jika di MPV dibuat lebih empuk, SUV mendapat pengaturan kaki-kaki sedikit lebih keras namun tetap nyaman saat melewati jalanan tidak rata. Desain sporty menjadi pembeda berikutnya dimana SUV akan mengejar kesan sporty dibanding MPV yang lebih mengutamakan kenyamanan penumpang.

Meski keduanya secara fungsi cukup berbeda, tetapi sama-sama cocok untuk dijadikan mobil keluarga.


Kapasitas mobil

Jika dulu SUV identik dengan jumlah penumpang yg lebih sedikit dibanding MPV, kini SUV telah tersedia dalam versi 7 penumpang untuk dapat menampung anggota keluarga yang lebih banyak. Adanya perubahan kebutuhan keluarga di Indonesia, membuat banyak pabrikan mobil kini menyediakan SUV dengan versi 7 penumpang. Jika SUV identik dengan sasis Ladder Frame, kini SUV telah bertransformasi dengan menggunakan sasis monokok dimana ground clearance lebih rendah namun jauh lebih nyaman. SUV dengan sasis monokok yang biasanya menampung 5 penumpang kini banyak tersedia dalam versi 7 penumpang.


Konsumsi bahan bakar

Konsumsi bahan bakar pun tak luput dalam kriteria pemilihan mobil keluarga baik MPV atau SUV. Teknologi mobil saat ini telah menerapkan mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat melintas di berbagai medan. Berbagai mode berkendara tersebut dapat menentukan tingkat kehematan yang diinginkan pengemudi. Jika ingin merasakan performa tentu membutuhkan pasokan bahan bakar yang lebih banyak namun, jika mengejar kehematan maka putaran mesin akan ditahan pada RPM tertentu untuk efisiensi bahan bakar.


Material dan varian harga

Dikarenakan fungsi keduanya berbeda, tidak heran kalau material MPV dan SUV pun cukup berbeda. Bodi MPV dibuat dengan desain tinggi dan lebar. Sepintas dilihat bentuknya mirip kabin, sehingga menciptakan banyak ruang gerak dan lebih luas. Desain ini semakin menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang.


Sebaliknya, SUV dibuat dengan bodi yang didesain berada di atas sasis. Tujuannya jelas untuk mempermudah mobil melintas di jalan-jalan dengan permukaan yang sulit. Mulai dari medan tanah berlumpur sampai jalan yang berbatu. Desain ini menjadikan mobil lebih kuat.


Kalau dilihat dari segi harga, harga mobil MPV lebih murah dibandingkan dengan mobil SUV. Ini dirasa cukup wajar, jika dilihat dari daya mobil untuk menempuh lintasan yang lebih sulit. Namun tentu saja, Anda juga harus mempertimbangkan fitur-fitur atau kelebihan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda mencari mobil keluarga.


Penggunaan mobil

Terakhir, poin sekaligus perbedaan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yakni penggunaan mobil sehari-harinya. Ketahui untuk apa mobil ini akan dipakai sehari-hari. Tujuan ini akan membantu Anda memilih mobil keluarga yang paling tepat.


Untuk mobil MPV yang memiliki suspensi lebih lembut, Anda akan melihat bagaimana kenyamanan penumpang benar-benar diperhatikan dalam desainnya. Namun, perlu diingat juga, saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi, mobil cenderung kurang stabil. Itu sebabnya MPV dikenal sebagai mobil yang digunakan untuk berkendara aman, tanpa tendensi atau kebutuhan untuk berkendara terlalu cepat.


Sebaliknya mobil SUV memiliki suspensi yang sedikit keras. Bisa jadi tidak nyaman bagi pengemudi yang belum terbiasa dengan mobil SUV. Namun, saat berkendara dengan kecepatan tinggi dan jarak jauh, mobil cenderung stabil dan penumpang bisa merasa jauh lebih nyaman. Ditambah kemampuannya menempuh medan jalan yang menantang.


Itu dia beberapa perbedaan antara mobil MPV dan SUV. Bisa Anda telaah kembali untuk menentukan mana yang cocok menjadi mobil keluarga Anda. Ingat, mobil yang cocok dengan area tempat tinggal Anda, ya. Berbagai pilihan mobil SUV dan MPV dari Nissan juga bisa menjadi pertimbangan.