Kelebihan Menggunakan Mobil dengan Sistem Keyless

Kelebihan Menggunakan Mobil dengan Sistem Keyless

KAMIS, 30 DESEMBER 2021


Sistem keyless merupakan salah satu inovasi dalam dunia otomotif yang memungkinkan Anda sebagai pengemudi untuk bisa mengaktifkan mesin mobil tanpa menggunakan kunci. Fitur ini jelas menghemat waktu dan sangat praktis digunakan. Untuk lebih mengenal tentang mobil dengan sistem keyless, mari simak ulasannya berikut ini.

Cara kerja keyless entry

Sebenarnya, bagaimana sistem keyless entry bekerja? Keyless bekerja dengan memanfaatkan sensor. Biasanya, keyless entry akan dilengkapi dengan sebuah smart key untuk menggantikan kunci konvensional. Nah, saat keyless bekerja, smart key mengirimkan sinyal yang kemudian dibaca oleh sensor pada pintu serta start button.

Saat smart key ada dalam jangkauan sensor, pintu mobil akan otomatis terbuka (jika sebelumnya dalam keadaan terkunci). Begitu pula saat Anda ingin mengaktifkan mesin mobil. Sinyal dari smart key akan ditangkap sensor pada start button hingga akhirnya mesin mobil aktif.

Khawatir smart key pada sistem keyless tidak berfungsi? Tak perlu khawatir karena pada dasarnya smart key pun dilengkapi dengan kunci konvensional yang bisa Anda gunakan saat terjadi gangguan seperti baterai habis.

Kelebihan sistem keyless entry

Lalu, jika dibandingkan dengan kunci konvensional, apa kelebihan keyless entry? Berikut adalah beberapa kemudahan yang bisa Anda nikmati saat menggunakan keyless entry.

1. Praktis

Keunggulan utama keyless entry jelas terletak pada kepraktisannya. Teknologi keyless memungkinkan Anda untuk bisa mengakses mobil dengan mudah. Untuk membuka pintu mobil, misalnya, Anda tidak perlu lagi memutar kunci, cukup dengan mendekatkan smart key saja maka pintu akan otomatis terbuka.

Begitu pula saat ingin menghidupkan mobil. Anda tidak perlu lagi memutar kunci. Asalkan smart key masih ada dalam jangkauan sensor keyless, maka mesin bisa langsung dihidupkan. Cukup dengan menginjak pedal rem dan menekan start button, maka mobil akan langsung melaju.

Beberapa mobil keluaran terbaru juga telah menerapkan sistem penguncian otomatis. Dengan sistem tersebut, saat pengemudi dan smart key menjauh, maka pintu mobil akan otomatis terkunci tanpa harus menekan tombol lock.

2. Lebih aman

Selain itu, sistem keyless juga menawarkan keamanan yang lebih advanced. Kunci mobil konvensional sangat mudah diduplikasi. Sebab, sistem keamanannya melekat pada bentuk kunci itu sendiri. Namun, smart key pada keyless entry memiliki proteksi keamanan yang lebih canggih.

Proteksi tersebut hadir dalam bentuk transponder. Smart key “berkomunikasi” dengan sensor menggunakan sebuah kode unik yang sulit untuk ditiru. Pintu dan mesin hanya akan aktif jika kode yang dikirimkan smart key sama atau sesuai. Sistem ini akan meminimalisir terjadinya risiko pembobolan mobil.

3. Kenyamanan ekstra

Adanya keyless entry juga mampu memberikan kenyamanan ekstra bagi pengemudi. Bagaimana tidak, sistem keyless memungkinkan Anda untuk bisa menyiapkan kendaraan lebih awal sebelum digunakan dengan cepat.

Katakanlah Anda mengemudi pada hari yang panas. Jika kendaraan diparkir saat matahari sedang terik-teriknya, suhu udara di bagian kabin akan tinggi. Namun, dengan keyless entry, Anda bisa menghidupkan mesin terlebih dulu tanpa harus berada di dalam mobil. Jadi, saat Anda masuk ke dalam mobil, Anda sudah bisa langsung menikmati kesejukan. 

Nissan lengkapi mobil dengan Intelligent Key

Anda bisa menikmati segala kemudahan sistem keyless pada mobil-mobil Nissan. Pabrikan asal Jepang ini memiliki beberapa seri mobil yang dilengkapi keyless entry. Pada Nissan, keyless entry hadir melalui fitur Intelligent Key. Mobil Nissan yang ada di Indonesia telah dilengkapi dengan fitur Intelligent Key seperti The All New Nissan Leaf, Nissan Kicks e-POWER, Nissan Livina, Nissan Magnite, dan Nissan Serena. 


Dengan adanya keyless entry, maka Anda bisa menghemat banyak waktu saat menghidupkan mesin mobil. Selain itu, sistem ini juga memiliki proteksi keamanan tambahan yang tidak dimiliki kunci konvensional sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya tindak pembobolan mobil.

Nikmati segala kemudahan sistem keyless dengan mobil-mobil keluaran Nissan yang dilengkapi fitur Intelligent Key. Cek detail selengkapnya melalui www.nissan.co.id!