Kembali Digelar, IEMS 2022 Dimeriahkan Lebih dari 50 Partisipan

Kembali Digelar, IEMS 2022 Dimeriahkan Lebih dari 50 Partisipan

Dengan tujuan mendorong inovasi dan perkembangan di sektor kendaraan otonom, Strengthening Autonomous Ecosystem ditetapkan sebagai tema dari event Indonesia Electric Motor Show atau IEMS 2022. Rangkaian pameran otomotif ini akan diselenggarakan pada 28-30 September 2022 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.


Dimeriahkan lebih dari 50 partisipan

Acara yang diadakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini akan dimeriahkan oleh lebih dari 50 partisipan. Jumlah itu tidak hanya mencakup brand produsen kendaraan listrik, tapi juga termasuk stakeholders penting. Ada instansi pemerintah yang turut memberi dukungan, seperti PT PLN, PT Pertamina, Kementerian Perhubungan, dan instansi lainnya. Ikatan Motor Indonesia (IMI) pun akan meramaikan acara, begitu juga perguruan tinggi yang akan menampilkan inovasi kendaraan listrik, dan masih banyak lagi.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, sempat menyatakan bahwa kendaraan otonom atau tanpa pengemudi bakal menjadi standar kendaraan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Pandangan inilah yang mendasari tema acara dan pengembangan kendaraan listrik otonom ramah lingkungan oleh Pusat Elektronika BRIN.

Kendaraan tersebut didasari konsep Micro Electric Vehicle Teleoperated Driving System (MEViTDS). Artinya, mobil listrik bisa digerakkan dari jarak jauh. Harapan dari pengembangan ini adalah bisa menyediakan moda transportasi massal otonom ramah lingkungan. Untuk menuju cita-cita tersebut, dibutuhkan penguatan ekosistem kendaraan listrik otonom yang akan melibatkan berbagai stakeholders.


Ajak masyarakat coba langsung teknologi mobil listrik

Oleh karena itu, partisipasi sejumlah produsen mobil listrik hingga perwakilan perguruan tinggi dalam IEMS 2022 sangat penting. Ini bisa menciptakan hubungan erat antara pihak yang meramaikan acara sekaligus meminta dukungan masyarakat.

Menariknya lagi, pengunjung diberi kesempatan untuk test drive teknologi mobil listrik secara langsung. Bukan sekadar melihat atau duduk-duduk saja, tapi IEMS 2022 memang menyediakan tempat luas supaya leluasa mencoba mobil listrik.


Kesempatan interaksi langsung dengan mobil listrik Nissan

Dengan kata lain, masyarakat yang hadir bakal punya kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mobil listrik Nissan. Pasalnya, Nissan bakal bawa mobil hybrid andalannya, All-New Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER. Apakah Anda penasaran dengan Nissan Kicks e-POWER, salah satu mobil listrik terlaris di Indonesia selama bulan Juli dan Agustus 2022?


Torehan penjualan Nissan Kicks e-POWER bukan tanpa sebab. Nissan kini menggebrak pasar dengan menghadirkan keunggulan mobil bertenaga listrik yang tidak perlu charging. Gabungan mesin ICE (internal combustion engine) dan generator pada mobil ini sudah menghasilkan listrik yang tersimpan di baterai lithium-ion. Tenaga listrik kemudian disalurkan ke motor elektrik untuk memberi daya.

Inovasi teknologi Nissan Kicks e-POWER menjadi jawaban dari kekhawatiran masyarakat terkait isi ulang mobil listrik. Penyebaran charging station tidak sebanyak SPBU untuk BBM biasa, sehingga banyak orang yang ragu untuk membeli mobil listrik. Namun, kini sudah ditemukan solusi untuk masalah itu.

Sementara itu, All-New Nissan Leaf juga merupakan mobil hybrid yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Keunggulannya ada pada penerapan teknologi canggih dan jarak tempuh lebih jauh. Seperti film-film futuristik, All-New Nissan Leaf sudah memiliki teknologi swakemudi atau self-driving yang dinamakan proPILOT.

Sebagai permulaan dari inovasi self-driving car, teknologi ProPILOT dapat bekerja di satu jalur jalan tol. Ada juga ProPILOT Park yang bisa mengendalikan setir, rem, hingga ganti gigi untuk memarkir mobil. Pengemudi pun dapat parkir dengan tenang, termasuk saat parkir paralel.

Masih ada teknologi canggih lain dari All-New Nissan Leaf, yaitu e-Pedal. Pengemudi hanya perlu menaikkan atau menurunkan tekanan kaki pada pedal jika ingin mulai menjalankan mobil, menambah atau mengurangi kecepatan, hingga menghentikan mobil. Ketika e-Pedal dilepas, mobil akan berhenti sepenuhnya. Kecanggihan e-Pedal juga berlaku di medan curam, sehingga dapat mengurangi rasa lelah akibat mengemudi.


Kehadiran All-New Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER diyakini sebagai masa depan Nissan. Ini karena strategi Nissan ke depannya digambarkan sebagai langkah untuk menerapkan inovasi teknologi pintar yang disebut sebagai Nissan Intelligent Mobility.

Jika Anda berminat untuk mengunjungi IEMS 2022, jangan lewatkan kesempatan untuk kenal lebih dekat dengan mobil hybrid Nissan, ya! All-New Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER bakal menunggu Anda di sana. Sampai bertemu di IEMS 2022!