Kenalan dengan Nissan New Terra, Mobil Terbaru Nissan yang Muncul di GIIAS 2022

Kenalan dengan Nissan New Terra, Mobil Terbaru Nissan yang Muncul di GIIAS 2022

Pameran otomotif terbesar Indonesia, GIIAS, selalu menjadi ajang bagi brand otomotif untuk memperkenalkan berbagai produk baru. Hal ini juga berlaku dalam gelaran GIIAS 2022 pada 11-21 Agustus 2022 lalu. Beberapa brand memperkenalkan keluaran terbaru mereka, termasuk Nissan dengan Nissan New Terra. Akankah seri Terra kembali mengaspal di jalanan Indonesia?


Nissan Terra

Kedatangan Nissan Terra sebenarnya bukanlah hal baru di Indonesia. Seri Terra pertama kali diperkenalkan kepada pencinta otomotif tanah air pada tahun 2018 lalu di ajang yang sama, GIIAS atau Gaikindo Indonesia International Auto Show.

Mid-size SUV ini hadir untuk menjawab kebutuhan di pasar Asia Tenggara. Selain di Indonesia, Terra juga diluncurkan di Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam. Nissan Terra generasi awal juga mengaspal di Tiongkok. Namun, pada tahun 2020, Nissan Terra terpaksa discontinue di Indonesia karena terkendala pada masalah produksi.


Nissan New Terra, SUV untuk berpetualang di berbagai kondisi

Di GIIAS 2022 kemarin, selain memboyong The All-New Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER di lini EV (electric vehicle), Nissan memberi kejutan dengan memperkenalkan seri terbaru Terra, yakni New Nissan Terra.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Nissan New Terra tampak lebih sporty. Bagian belakangnya benar-benar dirombak, mulai dari spoiler atap hingga bumper bawah. Tambahan aksen krom dan perak memberikan kesan mewah. Versi facelifted ini juga sudah menggunakan ladder frame, menawarkan ground clearance yang lebih tinggi serta artikulasi roda yang lebih luas sehingga cocok untuk berbagai medan, termasuk jalanan kasar berbatu.

Dapur pacunya pun lebih bertenaga dengan mesin 2.3-liter twin-turbo diesel yang mampu menghasilkan tenaga hingga 190 tenaga kuda dan torsi 450 Nm, memberikan performa akselerasi terbaik di kelasnya. Selain performa mesin yang bertenaga, Nissan New Terra juga didukung oleh teknologi penggerak 4x4 (4WD) terbaru yang memungkinkan pengemudi berpindah ke mode penggerak empat roda, cukup dengan mengaktifkan sakelar rotor di konsol tengah mobil.


Desain interior elegan

Perbedaan lain yang kentara adalah bagian kabin mobil. Interior kabin dibuat stylish dan lebih luas, memberikan kenyamanan ekstra untuk seluruh penumpang. Kursi pun dibuat lebih ergonomis dengan upgrade pada bagian bantalan kursi serta sandaran yang menyesuaikan bentuk punggung.

Ruang antara tempat duduk penumpang dan bagasi dapat disesuaikan sepenuhnya melalui desain khusus yang memungkinkan baris kedua dan ketiga mobil dikonfigurasikan ulang. Pengaturan kursi juga sudah diberi opsi “fold and tumble” sehingga bisa otomatis terlipat. Hadirnya teknologi Auto Lift Gate untuk membuka pintu bagasi belakang juga memberikan kenyamanan tambahan.


SUV keluarga dengan teknologi keamanan canggih

Keamanan selalu menjadi perhatian khusus Nissan. Nissan New Terra ini telah dilengkapi dengan berbagai teknologi keamanan canggih. Terdapat perlindungan tingkat lanjut, 360° Safety Shield yang memberikan perlindungan menyeluruh dari berbagai sisi.

Intelligent Emergency Braking dilengkapi dengan sensor yang mampu menentukan apakah ada risiko tabrakan dengan kendaraan di depan dan akan memperingatkan pengemudi serta menerapkan pengereman ringan. Jika kecepatan tak kunjung berkurang dan risiko tabrakan meningkat, sistem keamanan ini akan langsung menerapkan pengereman darurat secara otomatis.

Selain itu, Nissan juga telah menghadirkan teknologi Intelligent Rear View Mirror terbaik di segmennya. Sistem keamanan canggih ini akan memberikan sudut pandang yang lebih jelas dan tanpa halangan, bahkan hingga ke area di belakang mobil. Pengemudi pun bisa memilih untuk melihat tampilan tersebut di monitor LCD maupun melalui kaca spion standar.

 

Di GIIAS 2022 kemarin, Nissan New Terra memang masih baru “diperkenalkan”. Kemungkinan besar, SUV keluarga ini akan launching secara resmi pada 2023 nanti. Namun, dengan melihat berbagai upgrade serta penyematan bermacam-macam teknologi canggih, rasanya semakin tak sabar untuk menunggu Terra comeback di jalanan Indonesia.

Nah, agar tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Nissan New Terra, mulai dari perkiraan harga hingga tanggal launching, silakan kunjungi website resmi www.nissan.co.id atau follow Instagram kami di @nissanid.