Kisah Sejarah Mobil Listrik, Dari Ide Menjadi Mobil Masa Depan

27 Agustus 2021

Kisah Sejarah Mobil Listrik, Dari Ide Menjadi Mobil Masa Depan

Akhir-akhir ini, Pemerintah Indonesia sedang gencar untuk mempercepat realisasi penggunaan mobil listrik berbasis baterai di dalam negeri. Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, bahkan bekerja sama dengan University of Nottingham untuk melakukan pembangunan berkelanjutan dan low-carbon transportation melalui pengembangan kendaraan listrik. Banyak negara maju dan berkembang sudah mulai terbiasa dalam hal penggunaan mobil listrik berbasis bateri. Hal ini terkait dengan penggunaannya yang ramah lingkungan serta lebih praktis dan jauh lebih hemat dibanding mobil konvensional.

Kehadiran mobil listrik membawa harapan baru dalam hal mencegah pemanasan global. Penemuan mobil listrik terbilang revolusioner, meski beritanya baru bermunculan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Sejarah tentang mobil listrik jika diputar kembali membawa kita ke awal abad 18. Yuk, simak sejarah mobil listrik yang merupakan mobil masa depan selengkapnya berikut ini.


Tercetusnya Ide Mobil Listrik

Sejarah mobil listrik berawal dari abad ke-18 saat banyak ilmuwan dari Hungaria, Belanda, dan Amerika Serikat yang berfokus pada konsep kendaraan bertenaga baterai dan mulai membuat membuat mobil listrik dalam skala kecil. Di tahun 1832, muncul pria Inggris bernama Robert Anderson yang mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik. Temuan inilah yang dicatat sebagai mobil bertenaga listrik pertama.


Seiring perkembangannya di akhir abad ke-18, terciptalah mobil bertenaga listrik yang mampu menampung sampai enam orang penumpang dengan kecepatan 22 km/jam buatan William Morrison. Mobil bertenaga listrik ini kemudian mulai muncul di New York, sampai tercatat 60 armada taksi yang menggunakan mobil listrik di masa itu. Di sisi lain, pada tahun 1898, Ferdinand Porsche juga menciptakan mobil hybrid yang menggunakan listrik dan bensin sebagai sumber utama energinya. Memasuki abad ke-19, tercatat mobil listrik mencapai kejayaannya meski masih banyak yang menggunakan kereta kuda sebagai transportasi utama.


Kejatuhan dan Kebangkitan Mobil Listrik

Thomas Alva Edison yang dikenal sebagai salah satu penemu terkenal menyatakan mobil bertenaga listrik ini akan menjadi sebuah kendaraan masa depan. Ia bahkan telah menciptakan baterai yang bisa bertahan lama untuk digunakan sebagai mobil listrik komersial. Thomas juga bekerjasama dengan Henry Ford untuk mengembangan mobil listrik dengan harga yang murah di tahun 1914 di saat mobil listrik ini menduduki kejayaannya.


Namun, kejayaan mobil listrik ini tak bertahan lama. Mobil berbahan bensin yang juga diciptakan Henry Ford justru lebih dilirik karena harganya bisa setengah dari mobil bertenaga listrik. Faktor ekonomi masyarakat yang lebih mampu membeli mobil berbahan bakar bensin menjadi penyebab mengapa permintaan akan mobil berbahan bakar fosil lebih tinggi dibandingkan yang bertenaga listrik. Akhirnya, mobil listrik semakin dikesampingkan dari pasaran.


Butuh waktu puluhan tahun untuk mobil bertenaga listrik ini dilirik kembali oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kemunculan produsen mobil yang mengembangkan mobil bertenaga listrik dengan desain yang menawan. Kini, mobil bertenaga listrik pun semakin menjamur dengan model mobil sedan dan SUV.


Mobil Listrik di Indonesia

Semakin banyak diminati di negara-negara lain, bagaimana perkembangan mobil listrik di Indonesia? Sejarah mobil listrik di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 2012 saat mobil bertenaga listrik di Indonesia pertama kali dikembangkan. Beberapa kali pengembangan mobil tenaga listrik di Indonesia mengalami masalah, namun di era pemerintahan Presiden Jokowi, pengembangannya justru lebih didorong lagi.


Jika Anda tertarik dengan mobil bertenaga listrik, Anda bisa mencoba All-New Nissan Kicks e-Power. Teknologi Nissan e-Power terdiri dari mesin 3-silinder kecil berukuran 1,2 liter, generator, inverter, dan motor elektrik. Mesin Internal Combustion Engine dan generator inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik kemudian dicadangkan di baterai lithium-ion dan menyalurkannya ke motor elektrik untuk memberi daya tanpa recharging listrik dari luar.


Dengan teknologi ini, Anda bisa berkendara dengan motor yang 100% digerakan oleh tenaga listrik. Anda juga bisa mencoba mengendarai All- New Nissan Kicks e-POWER dengan klik di sini. Sejarah mobil listrik memang panjang hingga kembali ke abad-18. Semoga Indonesia juga bisa menciptakan mobil listrik yang ramah lingkungan untuk melindungi Bumi.