Langkah Perawatan Mobil Listrik Agar Performanya Tetap Terjaga

6 Agustus 2021

Langkah Perawatan Mobil Listrik Agar Performanya Tetap Terjaga

Mobil listrik identik dengan minim biaya perawatan. Hal ini dikarenakan sudah tidak ada lagi komponen mesin konvensional dan sistem mekanikal yang memiliki tingkat kesulitan di setiap bagian mesin. Namun pada mobil listrik juga dibutuhkan perhatian khusus dan perawatan demi menjaga performa saat berkendara.

Lantas, bagaimana cara merawat kendaraan tersebut agar performa tetap prima? Simak ulasannya berikut.


Jaga Kapasitas Baterai Tidak Kurang 40%

Aspek utama dalam mobil listrik adalah daya baterai. Untuk urusan ini, sebaiknya Anda selalu tetap menjaga kondisi kapasitas baterai tidak kurang dari 40%-60%, khususnya jika kendaraan tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama. Di sini, Anda bisa mengukur kapasitas daya baterai setidaknya setiap tiga bulan sekali.

Sementara, untuk pengisian maksimum, ada baiknya daya pengisian maksimum yang ideal antara 80% - 90%. Sebab, pada beberapa mobil listrik, pengisian daya yang penuh (100%) bisa berpengaruh terhadap degradasi mobil dan membuat baterai cepat rusak.


Parkir di Tempat yang Sejuk

Mobil listrik membutuhkan perhatian ekstra, terlebih bila Anda ingin memarkirkan kendaraan di tempat terbuka dan dalam waktu cukup lama. Usahakan parkir kendaraan Anda di tempat yang sejuk dan hindari parkir di tempat dengan suhu tinggi atau terkena sinar matahari secara langsung.

Pengaruh panas matahari akan berdampak pada kapasitas dan masa pemakaian baterai mobil. Jika memang Anda terpaksa memarkirkan kendaraan di tempat terbuka, sebaiknya lindungilah dengan kain cover mobil. Bahan cover juga harus mampu menangkal panas agar bagian eksterior maupun interior mobil tidak mengalami overheat.


Cek Software Mobil Listrik Secara Berkala

Beberapa mobil listrik yang berteknologi tinggi, dilengkapi juga dengan software dalam sistem pengoperasiannya. Anda memang perlu untuk memahami spesifikasi dan berbagai fitur yang ada pada software. Tak hanya itu saja, cobalah cek secara berkala mengenai perangkat lunak yang digunakan.

Misalnya, kapan waktu untuk melakukan pembaruan atau update perangkat lunak agar bisa menikmati fitur terkini. Pengecekan software penting juga untuk mendukung sistem operasional mobil listrik berjalan dengan baik.


Buatlah Jadwal Pengisian Baterai

Untuk menjaga kondisi baterai tetap baik, Anda pun perlu membuat jadwal pengisiannya dengan baik. Idealnya, pengisian tak perlu dilakukan setiap hari, paling lambat waktu pengisian bisa Anda lakukan setiap dua hari sekali. Jika lebih dari waktu tersebut, bisa saja terjadi penurunan tegangan dan membuat kondisi baterainya menurun.

Kemudian, Anda bisa memilih mode pengisian slow charging untuk menjaga usia baterai tetap tahan lama. Meskipun membutuhkan waktu pengisian cukup lama, setidaknya baterai bisa menjadi lebih awet.


Cek Pula Radiator, Filter AC, dan Kampas Rem

Sama halnya dengan merawat mobil konvensional, merawat mobil listrik juga perlu memperhatikan pemakaian radiator, filter ac, hingga kampas rem. Melakukan pengecekan radiator ketiganya bisa Anda lakukan dengan cara mudah berikut:

●       Mengecek Radiator

Radiator diperlukan untuk menjaga suhu mobil listrik tetap stabil dan sejuk. Jika tidak dicek dengan baik, maka radiator bisa cepat rusak atau kinerjanya menurun. Oleh karena itu, untuk mengganti air radiator atau coolant, sebaiknya dilakukan setiap jarak 60 ribu kilometer untuk pemakaian dalam kota setiap hari.

●       Mengecek Filter AC

Meski AC tidak berdampak langsung pada performa, setidaknya keberadaannya memberikan kenyamanan saat berkendara. Lakukanlah penggantian filter AC jika dirasa sudah tidak nyaman dan daya kerjanya menurun. Penggantian dilakukan agar sirkulasi udara yang ada pada kabin mobil terjaga dengan baik.

●       Mengecek Kampas Rem

Untuk aspek keselamatan, perhatikan kondisi perangkat rem seperti kampas. Rutinlah mengecek kondisi kampas rem di bengkel resmi. Jika Anda merasa kurang nyaman, sebaiknya gantilah kampas tersebut dengan yang baru dan juga periksa minyak rem agar tetap pakem.


Jangan Lupa Selalu Baca Buku Panduan

Terakhir, untuk perawatan mobil listrik agar tetap prima, sebaiknya jangan lupa untuk selalu membaca buku panduan setiap saat. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan mobil listrik. Selain itu, mobil listrik juga terbilang kendaraan yang cukup baru di Indonesia.

Jadi, tak ada salahnya Anda untuk mendalami semua fitur yang ada pada kendaraan. Terlebih mengingat tidak semua orang familiar dengan tipe kendaraan ini dan perawatan maupun penggunaannya berbeda dari mobil konvensional.


Itulah beberapa langkah dalam merawat mobil listrik Anda agar tetap selalu dalam kondisi prima saat digunakan maupun berada di rumah. Dapatkan informasi menarik lainnya dari Nissan mengenai perawatan mobil Anda dengan cara klik di sini.