Mengenal Fitur-fitur Nissan Intelligent Mobility pada The All-New Nissan Leaf

 Mengenal Fitur-fitur Nissan Intelligent Mobility pada The All-New Nissan Leaf

SELASA, 14 DECEMBER 2021


The All-New Nissan Leaf hadir tidak hanya sebagai mobil listrik berbasis baterai, tapi juga sebagai mobil pintar. Sebab, mobil listrik pertama yang diproduksi secara masal di dunia ini telah dibekali dengan Nissan Intelligent Mobility, fitur-fitur modern nan canggih untuk memudahkan, memberikan kenyamanan, dan keamanan bagi pengemudi. Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan?

Teknologi e-Pedal

Fitur pertama Nissan Intelligent Mobility pada The All-New Nissan Leaf adalah teknologi e-Pedal. Teknologi ini dirancang untuk memudahkan pengemudi berakselerasi atau melakukan pengereman. Seperti apa cara kerjanya? 

Dengan teknologi e-Pedal ini, Anda bisa menambah kecepatan dan melakukan pengereman hanya dengan menekan satu pedal. Saat pedal diinjak, maka kecepatan akan bertambah. Namun, saat pedal dilepas, maka regenerative motor mobil akan menurunkan kecepatan perlahan hingga berhenti sempurna. Dengan hanya menggunakan satu pedal, maka membantu Anda saat menghadapi kemacetan.

Hill Start Assist

Berikutnya ada Hill Start Assist (HSA). Fitur ini berhubungan dengan sistem pengereman. Saat Anda berkendara di jalanan yang menanjak, HSA secara otomatis akan mengaktifkan rem. Adanya fitur HSA ini akan mencegah mobil mundur saat pengemudi melepas pedal rem setelah berhenti di jalanan dengan tanjakan curam. HSA memungkinkan Anda untuk bisa langsung berakselerasi dengan cepat dan aman saat berada di tanjakan curam. Anda tidak perlu khawatir kendaraan mundur saat tanjakan curam secara tiba-tiba.

Intelligent Trace Control

The All-New Nissan Leaf juga dilengkapi dengan Intelligence Trace Control (ITC). Seperti namanya, fitur ini bertugas mengontrol stabilitas mobil saat menikung. Sistem ITC secara otomatis akan memindai kecepatan serta sudut kemudi saat Anda menikung. Jika dirasa perlu, sensor akan mengaktifkan pengereman mobil. Dengan begitu, arah mobil bisa tetap sesuai arah roda kemudi yang dikendalikan pengemudi.

Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection

Sering merasa was-was saat parkir karena takut menabrak objek lain? Sering merasa khawatir saat melewati jalan yang sempit? Pada The All-New Nissan Leaf, masalah tersebut bisa langsung teratasi. Sebab, mobil listrik ini telah dibekali dengan teknologi Intelligent Around View Monitor (IAVM). Sistem cerdas ini akan membantu pengemudi memeriksa area di sekitar mobil melalui empat buah kamera yang terpasang di empat sudut sehingga Anda bisa melihat kendaraan dalam sudut 360 derajat.

Kamera kemudian akan langsung memproses gambar yang ditangkap menjadi sudut pandang atas. Nah, Anda bisa melihat area sekitar mobil lewat sudut pandang tersebut. Sistem ini juga dilengkapi dengan sensor yang disebut Moving Object Detection (MOD). Sensor MOD akan memberikan peringatan otomatis saat terdapat objek di sekitar mobil.

Forward Collision Warning

Kehadiran teknologi Nissan Intelligent Mobility pada The All-New Nissan Leaf bukan sekadar untuk memudahkan pengemudi saja, tapi juga untuk meningkatkan keselamatan berkendara di jalanan. Salah satu bentuk proteksi Nissan Intelligent Mobility bisa Anda temukan lewat fitur Forward Collision Warning (FCW).

Fitur FCW dilengkapi dengan sensor yang kemudian memberikan peringatan suara saat terdapat risiko tabrakan dari arah depan mobil. Jadi, saat peringatan FCW aktif, Anda bisa langsung mengubah arah mobil untuk menghindari tabrakan.

Forward Emergency Braking

Salah satu masalah yang mungkin terjadi saat Anda berkendara adalah risiko tabrakan, tepatnya dengan kendaraan lain di depan kita. Untuk meminimalisir risiko tersebut, Nissan menyisipkan fitur Forward Emergency Braking atau FEB pada The All-New Nissan Leaf.

Teknologi FEB bekerja dengan bantuan sensor di bagian depan mobil untuk mengukur jarak antara mobil dengan kendaraan lain di depan. Jika sensor mendeteksi jarak yang terlalu dekat, maka sistem pengereman akan otomatis aktif untuk menghindari tabrakan sehingga ini meningkatkan keamanan bagi penumpang The All New Nissan Leaf

Driver Attention Alert (DAA)

Ada banyak sekali risiko kecelakaan yang mengintai saat pengemudi kehilangan fokusnya. Untuk membantu pengemudi agar tetap fokus selama berkendara, The All-New Nissan Leaf melalui teknologi Nissan Intelligent Mobility telah dilengkapi dengan fitur Driver Attention Alert (DAA).

Fitur ini akan menganalisis pola pergerakan roda kemudi. Jika sensor mendeteksi adanya pergerakan roda kemudi yang statis (terutama saat kecepatan mobil melebihi 65 km/jam), maka kemungkinan besar pengemudi sedang mengalami penurunan fokus. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka sistem akan mengirimkan peringatan dalam bentuk bunyi sehingga pengemudi bisa menepi untuk beristirahat terlebih dahulu.


Dengan beragam fitur canggih yang ditawarkan melalui Nissan Intelligent Mobility, berkendara dengan The All-New Nissan Leaf tidak hanya nyaman, tapi juga aman. Ingin menjajal segala fitur dan menjadi bagian dari perubahan hidup yang positif bersama All-New Nissan Leaf? Kunjungi dealer Nissan terdekat atau akses www.nissan,co.id untuk mengetahui penawaran terbaru The All-New Nissan Leaf!