Mengenal Nissan Intelligent Mobility, Fitur Safety Canggih dari Nissan

Mengenal Nissan Intelligent Mobility, Fitur Safety Canggih dari Nissan

Nissan Indonesia terus berupaya memberikan pengalaman berkendara yang menjadi salah satu kunci bagi konsumen dalam memilih mobil. Konsumen butuh lebih dari sekedar alat transportasi yang tidak hanya memindahkan dari satu titik ke titik lainnya. Fitur keselamatan menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih kendaraan mobil demi pengalaman berkendara yang baik. Nissan Intelligent Mobility menjadi fitur keselamatan yang disematkan pada produk Nissan di Indonesia. 

Apa itu Nissan Intelligent Mobility?

Nissan Intelligent Mobility atau NIM adalah prinsip berisi visi Nissan untuk menciptakan kendaraan yang memberikan pengalaman berkendara menyenangkan. Nissan Intelligent Mobility memiliki tiga pilar utama terkait dengan inovasi produk, yakni Intelligent Power, Intelligent Driving, dan Intelligent Integration. 

Tujuan Nissan Intelligent Mobility adalah membuat pengendara Nissan menjadi lebih percaya diri, memiliki pengalaman berkendara yang menyenangkan, lebih terhubung dengan lingkungan sekitar serta meningkatkan keselamatan berkendara. 

Fitur-fitur Nissan Intelligent Mobility

Berikut ini beberapa fitur Nissan Intelligent Mobility (NIM) yang telah tersedia pada produk Nissan yang dipasarkan di Indonesia.

1. Intelligent Cruise Control (ICC)

Intelligent Cruise Control atau ICC adalah teknologi yang mengatur kecepatan mobil secara otomatis berdasarkan kecepatan mobil di depan Anda. Sistem akan menjaga jarak antar kendaraan dan ketika sudah aman, kecepatan akan kembali sesuai dengan yang telah ditentukan pengemudi diawal berkendara.

2. Intelligent Forward Collision Warning (IFCW)

Intelligent Forward Collision Warning atau IFCW adalah teknologi cerdas berupa peringatan akan tabrakan depan. Sistem akan mengeluarkan suara peringatan saat mendeteksi adanya resiko tabrakan dari depan.

3. Intelligent Emergency Braking (IEB)

Intelligent Emergency Braking atau IEB adalah teknologi cerdas yang mencegah tabrakan. Sistem ini terintegrasi dengan IFCW yang membantu menganalisa jarak dan kecepatan kendaraan di depan Anda, dan mampu mengurangi kecepatan hingga menghentikan mobil untuk menghindarai resiko tabrakan. Bekerja sama dengan sistem sebelumnya, yakni IFCW, Intelligent Emergency Braking atau IEB adalah fitur yang dapat melakukan pengurangan kecepatan apabila terdapat potensi kecelakaan dari arah depan mobil. Dalam kondisi mendesak, fitur ini juga memungkinkan untuk melakukan pengereman mendadak.

4. Driver Attention Alert (DAA)

Driver Attention Alert atau DAA adalah fitur yang membantu mendeteksi cara mengemudi yang tidak menentu yang disebabkan oleh rasa kantuk atau kurangnya fokus saat berkendara. Sistem akan mengeluarkan suara peringatan dan menampilkan pesan untuk segera beristirahat jika pola mengemudi sudah berubah yang dapat menyebabkan terjadi nya kecelakaan.

5. Blind Spot Warning (BSW)

Blind Spot Warning atau BSW, sistem peringatan yang membuat Anda percaya diri ketika mengubah lajur. Ketika aktif, sistem akan membunyikan peringatan dengan lampu berkedip untuk memberi tahu bahwa ada kendaraan atau obyek lain di lajur yang dituju pengemudi.

6. Hill Start Assist (HSA)

Hill Start Assist atau HSA adalah fitur yang mencegah mobil mundur ketika melepas pedal rem dan pindah ke pedal gas untuk berakselerasi setelah berhenti di tanjakan curam.

7. Rear Cross Traffic Alert (RCTA)

Rear Cross Traffic Alert atau RCTA, teknologi detektor obyek di belakang mobil ketika mundur. Sistem akan memperingatkan pengemudi kalau ada kendaraan dari arah kiri atau kanan ketika mundur melalui sinyal suara dan lampu berkedip ( sama seperti BSW ) sesuai dengan arah kendaraan yang mendekat.

8. One-Pedal Operation

Terakhir, One-Pedal Operation, fitur yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan kontrol berkendara hanya lewat satu pedal saja. One-pedal operation hanya aktif pada saat mode berkendara S dan ECO. Cukup satu pedal gas untuk berakselerasi, menyalip atau memperlambat dengan perasaan aman dan percaya diri. Ketika hendak bergerak maju cukup menginjak pedal gas dan untuk mengurangi kecepatan cukup dengan mengangkat kaki dari pedal gas. Pedal rem juga tetap tersedia dan berfungsi normal untuk membantu pengereman seperti biasanya.


Delapan fitur di atas ditawarkan oleh Nissan melalui Nissan Intelligent Mobility atau NIM. Selain meningkatkan keamanan berkendara, NIM juga dapat menambah kenyamanan perjalanan Anda. Rasakan manfaat dari NIM pada produk Nissan, salah satunya Nissan Kicks e-POWER! Informasi lebih lengkap mengenai mobil Nissan, klik di sini!