Merasakan Sensasi Mobil Listrik dengan Teknologi e-POWER dari Nissan

Merasakan Sensasi Mobil Listrik dengan Teknologi e-POWER dari Nissan

JUMAT, 25 MARET 2022


Nissan Indonesia memperkenalkan teknologi e-POWER pertama kali pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Teknologi e-POWER hadir sebagai mobil listrik dengan sensasi berbeda. Dengan teknologi e-POWER, setiap mobil memiliki daya jelajah tinggi sehingga Anda tidak perlu melakukan pengisian daya saat baterai menipis.

Baterai sendiri sering menjadi permasalahan mobil listrik. Banyak yang enggan beralih pada mobil listrik karena merasa sistem charging terlalu ribet dan menghabiskan waktu. Nissan melalui produk Kicks e-POWER menawarkan solusi yang tidak hanya praktis, namun juga ramah lingkungan.

Berkendara dengan 100% tenaga listrik tanpa perlu charging

Teknologi e-POWER adalah rangkaian tenaga (powertrain) listrik 100%, yang masih dibekali bensin yang berfungsi sebagai sumber utama pengisian baterai. Mesin tidak bekerja sendiri, ada perangkat generator listrik dan inverter yang membantu. Teknologi e-POWER memanfaatkan teknologi kendaraan listrik (EV) yang disempurnakan dari Nissan Leaf. 

Dalam teknologi e-POWER, mobil akan disokong dapur pacu yang terdiri dari mesin 3-silinder kecil berukuran 1,2 liter, motor elektrik, generator, dan inverter. Internal Combustion Engine bersama generator akan menghasilkan tenaga listrik yang kemudian disimpan dalam baterai lithium-ion.

Setelah itu, tenaga listrik dari baterai akan disalurkan ke motor elektrik untuk bisa memberikan daya tanpa proses recharging listrik dari luar. Artinya, 100% motor Nissan Kicks e-POWER digerakkan oleh tenaga listrik.

Performa berkendara dengan akselerasi cepat dan torsi tinggi

Dengan listrik sebagai tenaga penggeraknya, performa Nissan Kicks e-POWER begitu menjanjikan. Mesin berkapasitas 1.198 cc milik mobil listrik ini mampu menghasilkan tenaga hingga 129 HP (setara 95 kilowatt) dan torsi maksimal di level 260 Nm.

Seperti yang diketahui bahwa mobil listrik sudah tidak memiliki transmisi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke penggerak roda sehingga tidak ada tenaga yang terbuang. Pada Nissan Kicks e-POWER terdapat electric gear atau perseneling elektrik yang berfungsi sebagai tuas selektor berkendara untuk maju dan mundur. Electric gear tersebut juga telah terintegrasi dengan pedal gas pintar yang memungkinkan Anda untuk melakukan akselerasi sekaligus deselerasi (pengereman) hanya dengan menginjak satu pedal.

 

Pengalaman berkendara optimal dengan 3 Drive Mode

Untuk memaksimalkan pengalaman berkendara Anda, Nissan Kicks e-POWER juga telah dibekali dengan tiga mode berkendara, yaitu:

1. EV Mode

Dalam mode ini, mobil akan digerakkan oleh tenaga baterai sepenuhnya. Pada waktu yang bersamaan, mesin tidak akan menghasilkan listrik. EV Mode menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman, tenang, dan tentunya ekonomis.

2. S Mode

Bagi Anda yang memerlukan kecepatan, bisa memilih S Mode. Saat mobil dalam posisi ini, maka mesin akan diatur untuk memiliki respons yang lebih baik ketika Anda berakselerasi. Hasilnya, performa berkendara pun semakin optimal.

3. ECO Mode

Terakhir, ada ECO Mode. Jika Anda mengaktifkan mode satu ini, maka kinerja mesin akan disetel agar dapat menggunakan energi seefisien mungkin. Jadi, konsumsi tenaga listrik pun jauh lebih hemat.

Nissan Intelligent Mobility ciptakan pengalaman fun driving

Selain memiliki mesin dengan torsi tinggi, Nissan Kicks e-POWER juga telah dilengkapi dengan teknologi Nissan Intelligent Mobility. Nah, Nissan Intelligent Mobility sendiri merupakan teknologi yang dirancang untuk memudahkan pengemudi dalam mengontrol laju mobil.

Anda bisa menemukan teknologi Intelligent Cruise Control yang mampu mengatur kecepatan mobil secara otomatis berdasarkan kecepatan kendaraan di depan Anda. Selain itu, tersedia juga teknologi cerdas pemberi peringatan tabrakan, Intelligent Forward Collision Warning (IFCW).

Untuk mengurangi risiko kecelakaan, Nissan Intelligent Mobility juga dibekali dengan sistem Intelligent Emergency Braking (IEB). Dengan sistem ini, kecepatan mobil akan berkurang secara otomatis jika terdapat potensi kecelakaan.

Aman berkendara dengan teknologi Nissan Safety Shield

Tidak cukup sampai di situ saja, untuk melindungi keselamatan Anda dan para penumpang, Nissan Kicks e-POWER juga memiliki teknologi Nissan Safety Shield.

Teknologi Nissan Safety Shield terdiri dari 6 SRS airbags yang akan mengembang seketika dalam kondisi darurat. Tersedia pula pretensioner and load limiter seat belts yang mengencang dan mengendur otomatis saat terjadi tabrakan untuk mengurangi risiko terjadinya cedera dada.

 

Nissan mengawasi ketat setiap tahapan produksi Nissan Kicks e-POWER dengan standar kualitas dan keamanan hingga tiga level. Semuanya dilakukan untuk memberikan kontrol berkendara yang lebih aman di kondisi sulit demi melindungi Anda dan orang tersayang.