Mudahnya Parkir Paralel Mobil Listrik Tanpa Charger dengan Nissan Kicks e-POWER!

Mudahnya  Parkir Paralel Mobil Listrik Tanpa Charger dengan Nissan Kicks e-POWER!

Parkir paralel menjadi salah satu keahlian yang wajib dimiliki pengendara mobil di kota-kota besar khususnya di Jakarta. Hal ini dikarenakan beberapa tempat parkir yang memiliki keterbatasan lahan parkir sehingga perlu untuk memaksimalkan ruang kosong yang ada. Sejalan dengan hal tersebut maka diperlukan ketepatan dalam memastikan posisi kendaraan sesuai dengan batas parkir, sekaligus tidak menyentuh kendaraan lain yang ada di depan dan belakang.

Nissan Kicks e-POWER sebagai mobil listrik tanpa charger sudah dilengkapi dengan fitur penunjang untuk memudahkan kegiatan dalam melakukan parkir paralel. Salah satu fitur yang dapat digunakan ialah Intelligent Around View Monitor. Fitur ini dapat memberikan pandangan 360 derajat di sekeliling mobil, sehingga memudahkan anda untuk melihat area sekitar saat melakukan parkir. Nah, bagaimana cara melakukan parkir paralel dengan menggunakan Nissan Kicks e-POWER? Berikut ini penjelasannya.

Cara parkir paralel mobil Nissan Kicks e-POWER

Terdapat beberapa langkah mudah bagi Anda pengguna Nissan Kicks e-POWER dalam memarkirkan kendaraan secara paralel, yakni;

1. Sejajarkan posisi mobil Nissan Kicks e-POWER dengan mobil lain

Langkah pertama adalah pastikan mobil Nissan Kicks e-POWER sejajar dengan mobil lain yang ada di depan tempat parkir. Lalu, berikan jarak sekitar 1 meter untuk memberikan ruang cukup saat mundur dan masuk ke zona parkir paralel. Jangan lupa melihat kaca spion untuk memperhatikan kendaraan sekitar yang lewat, mengingat parkir paralel membutuhkan ruang lebih saat mundur.

2. Mundurkan mobil hingga membentuk sudut 45 derajat

Langkah kedua dari cara parkir paralel mobil Nissan Kicks e-POWER adalah mulai mundurkan mobil secara perlahan dengan membentuk sudut 45 derajat. Artinya, bagian belakang kendaraan akan masuk terlebih dahulu. Jangan khawatir, jika posisinya sudah mendekat dengan kendaraan di belakang. Anda dapat kembali memajukan kendaraan dengan posisi ban dibelokkan ke kanan.

Hal ini bertujuan agar Anda juga dapat mengukur posisi depan mobil Anda dengan kendaraan di depan. Masukkan bagian belakang mobil sampai masuk ke zona parkir sepenuhnya, sehingga mobil tidak akan mengganggu laju kendaraan lain yang akan lewat.

Anda tidak perlu panik saat memundurkan mobil, teknologi Intelligent Around View Monitor pada Nissan Kicks e-POWER memastikan Anda dapat melihat seluruh kondisi jalan di luar mobil dengan mudah. Sehingga, pergerakan kendaraan belakang atau samping dapat dideteksi dengan cepat. Anda pun bisa melakukan gerakan lanjutan untuk mencegah terjadinya benturan.

3. Luruskan kemudi, kembali sejajarkan posisi mobil

Selanjutnya, Anda dapat meluruskan kemudi dan pastikan posisi mobil sudah sejajar. Jika merasa mobil belum sejajar atau masih berada sedikit jauh dari trotoar, Anda tinggal melakukan sedikit penyesuaian dengan mundur atau memajukan kendaraan secara perlahan.

4. Luruskan roda dan kemudi mobil

Sebelum Anda mematikan mesin, pastikan roda dan kemudi mobil sudah dalam keadaan lurus. Roda yang diparkirkan dalam kondisi sedang belok dapat mengganggu kendaraan lain atau mobil yang akan keluar dari zona parkirnya. Jika sudah, berarti Anda telah memahami cara parkir paralel mobil Nissan Kicks e-POWER dengan baik dan siap untuk memarkirkan kendaraan di segala situasi.

Cara mobil Nissan Kicks e-POWER bisa didorong saat parkir paralel dengan fitur N-range Hold Mode

Nissan Kicks e-POWER memiliki fitur N-range Hold Mode yaitu gigi netral (N) yang dapat Anda pilih saat parkir. Fitur ini dapat memudahkan mobil Anda saat harus parkir paralel sehingga ban tetap dapat bergerak walaupun mobil Anda dalam keadaan mati dan terkunci. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Matikan mesin mobil Anda secara normal dan tekan tombol Start sekali di posisi ON.
  2. Tekan tombol P sambil menginjak pedal rem yang menunjukkan bahwa kamu menggunakan fitur parkir.
  3. Gerakkan tuas perseneling ke kanan, lalu tahan selama 2 detik.
  4. Selanjutnya, lakukan gerakan yang sama hingga Neutral Hold Mode aktif.

Cara parkir paralel Nissan Kicks e-POWER pada dasarnya tidaklah sulit. Kuncinya adalah ketepatan untuk dapat memasukkan bagian belakang mobil ke zona parkir dalam satu kali percobaan, sehingga tidak menimbulkan kemacetan. Dengan teknologi Intelligent Around View Monitor dan N-range Hold Mode dari Nissan Kicks e-POWER, parkir paralel akan menjadi lebih mudah dikarenakan Anda dapat memeriksa sekeliling mobil melalui dasbor. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda untuk parkir paralel, ya! (07/11/2022)