Nissan E-POWER, Teknologi Tenaga Listrik Tanpa Charging

Nissan E-POWER, Teknologi Tenaga Listrik Tanpa Charging

KAMIS, 23 DESEMBER 2021


Tenaga listrik diperlukan mobil berbasis baterai untuk bisa menggerakkan mesin. Kebanyakan mobil listrik yang beredar di pasaran memanfaatkan charging eksternal untuk mengisi ulang baterai. Hal tersebut masih menjadi kekhawatiran masyarakat untuk berpindah ke mobil listrik. Untuk mengatasi kekhawatiran masyarakat Nissan menghadirkan inovasi teknologi terbaru bernama Nissan e-POWER. Melalui inovasi tersebut, Anda bisa mengisi kembali daya listrik baterai mobil tanpa harus melakukan proses charging . Seperti apa cara kerjanya?

Apa itu e-POWER?

Nissan e-POWER merupakan teknologi yang membuat motor 100% digerakkan oleh tenaga listrik. Untuk menciptakan e-POWER, Nissan menggabungkan mesin bensin 3-silinder yang berukuran 1,2 liter, generator, inverter, serta sebuah motor elektrik.

Perpaduan antara generator dengan mesin ICE (Internal Combustion Engine) kemudian akan menghasilkan listrik yang dialirkan menuju baterai lithium-ion. Baterai selanjutnya akan menyimpan listrik sebelum disalurkan ke motor listrik untuk memberi daya meski tanpa proses recharging dari luar.

Cara kerja e-POWER

Pada teknologi Nissan e-POWER, roda-roda mobil digerakkan oleh motor yang didukung tenaga listrik. Jika dibandingkan dengan sistem hybrid, e-POWER tidak menghubungkan mesin bensin dengan roda-roda mobil. Sebaliknya, mesin bensin hanya digunakan untuk mengisi baterai mobil karena bensin telah diubah menjadi daya listrik melalui generator.

Teknologi Nissan e-POWER sendiri bekerja menyesuaikan keadaan berkendara. Mobil yang dilengkapi teknologi ini memiliki cara kerja berkendara yaitu:

  1. Berkendara normal: Saat Anda berkendara normal, maka sistem penggerak mobil akan disokong motor elektrik bertenaga baterai. Hasilnya, suara mesin terdengar lebih tenang dan halus. 
  2. Memperlambat laju: Ketika pedal gas dilepaskan, maka laju kendaraan pun akan berkurang secara perlahan. Kemudian, sistem regenerasi akan mengambil alih dan menghasilkan listrik dari motor elektrik sekaligus mengisi kembali daya baterai. Hal ini menjadi keunggulan Nissan Kicks e-POWER yang bisa mengurangi penggunaan bahan bakar.
  3. Akselerasi cepat: Jika Anda menginjak pedal gas dan berakselerasi, maka baterai akan mengalirkan tenaga listrik yang disimpan motor elektrik untuk menggerakkan mobil.
  4. Kecepatan konstan: Ketika daya baterai melemah, maka mesin dan generator akan otomatis menghasilkan tenaga listrik yang tersimpan di dalam baterai.



Memiliki 3 jenis Drive Mode

Nissan e-POWER juga telah dilengkapi dengan tiga jenis Drive Mode: Electric Vehicle (EV) Mode, Smart (S) Mode, dan ECO Mode. EV Mode hanya didukung oleh baterai sehingga memberikan pengalaman berkendara yang tenang dan ekonomis.

Sedangkan S Mode diaktifkan jika Anda ingin meningkatkan performa berkendara dengan respons yang lebih baik saat akselerasi. Terakhir ada ECO Mode yang mengoptimalkan performa mesin untuk efisiensi energi yang maksimal sehingga mengurangi konsumsi energi tak perlu.

Fitur-fitur keselamatan Nissan Kicks e-POWER

Selain beragam teknologi yang telah disebutkan sebelumnya, Nissan Kicks e-POWER juga dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan seperti Vehicle Dynamic Control (VDC). Fitur keamanan ini mampu membantu menjaga kestabilan mobil saat harus berbelok tajam.

Nissan Kicks e-POWER juga dilengkapi dengan fitur ABS, EBD, dan BA braking system sehingga pengereman lebih efisien dan Anda bisa percaya diri dan mendapatkan kendali yang lebih baik bahkan dalam kondisi darurat sekalipun

Lebih irit daripada kendaraan bensin pada umumnya 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, teknologi Nissan e-POWER memungkinkan Anda untuk menjalankan kendaraan dengan tenaga listrik tanpa perlu proses charging eksternal. Beberapa dari Anda mungkin jadi bertanya-tanya; apakah bahan bakar yang dibutuhkan justru lebih banyak?

Jawabannya adalah tidak. Justru Nissan e-POWER cenderung lebih irit jika dibandingkan dengan kendaraan bensin pada umumnya. Tak hanya membutuhkan bahan bakar yang efisien, Nissan e-POWER juga mendapatkan tambahan daya dari listrik pada bagian motornya. Saat mobil berada di jalan turunan atau sedang melakukan pengereman, daya akan otomatis terisi.


Dengan adanya teknologi e-POWER Anda bisa melakukan pengisian daya baterai tanpa harus melakukan proses charging eksternal. Selain itu, inovasi ini juga memberikan pengalaman berkendara yang lebih intuitif dan tentunya aman. Nikmati segala kemudahan teknologi e-POWER dalam Nissan Kicks e-POWER. Teknologi canggih dari Nissan yang memanfaatkan tenaga listrik dalam sistem penggerak utama. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut dan follow Instagram @nissanid untuk mengetahui info paling update dari Nissan!