Nissan LEAF Debut di Sirkuit Balap Formula E!

5 Agustus 2022

Nissan LEAF Debut di Sirkuit Balap Formula E!

Nissan LEAF debut di sirkuit balap Formula E Indonesia pada 4 Juni 2022 lalu di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, kejuaraan balap mobil listrik ini akan menjadi ajang pembuktian teknologi Nissan LEAF. Nissan sekarang memiliki tim Formula E karena telah mengakuisisi tim balap e.dams. Berikut informasi selengkapnya!


Tim Nissan e.dams gunakan teknologi Nissan LEAF

Nissan telah membalap di Formula E sebagai mitra tim e.dams sejak memulai debutnya di sirkuit pada 2018 lalu. Sekarang, produksi mobil asal Jepang ini telah mengumumkan posisinya bukan lagi hanya mitra e.dams, tapi telah mengakuisisi tim balap tersebut dan menjadi pemilik penuh.

Resmi jadi pemilik tim balap e.dams, Nissan akan menggeber mobil listrik Nissan LEAF. Teknologi Nissan LEAF yang dipakai pada mobil balap tim Nissan e.dams terbukti bisa membawa perubahan terhadap konsumen mobil di Indonesia berkendara dan menikmati kehidupannya.

Nissan memanfaatkan kesempatan untuk memperlihatkan inovasi terbaru yang diberikan penyelenggara balap mobil listrik Formula E pada berbagai pabrikan otomotif. Teknologi Nissan LEAF ini akan diadaptasi untuk memenuhi spesifikasi FIA (Federation Internationale de l’Automobile) guna menggenjot mobil listrik dunia.

Sebagai pabrikan mobil Jepang pertama dan satu-satunya yang mengikuti Formula E 2022, Nissan pada 2021 lalu mengumumkan investasi sebesar 17,6 miliar USD untuk mengembangkan kendaraan listrik berteknologi baterai agar dapat mencapai 23 model listrik pada 2030 dan memiliki armada yang 40 persen dialiri listrik di AS dan di Cina pada tahun yang sama.

Di tanah air, Nissan LEAF yang dipakai pada balap Formula E diluncurkan pada Agustus 2021. Lebih dari 500.000 mobil listrik Nissan LEAF berhasil dijual oleh Nissan Global sejak peluncuran pertama di dunia pada 2010. Nissan memiliki harapan bahwa pada debutnya di sirkuit balap Formula E Indonesia ini, tim Nissan e.dams mampu meningkatkan kualifikasi yang sudah dicapai.


Nissan LEAF, perwujudan Nissan Intelligent Mobility

Nissan LEAF merupakan perwujudan Nissan Intelligent Mobility. Sebab, kendaraan tanpa emisi ini menjadi bukti nyata filosofi Nissan untuk membawa perubahan terhadap cara mobil dikemudikan, ditenagai, dan diintegrasikan dalam masyarakat.

Pada debutnya di sirkuit balap Formula E tanah air, Nissan LEAF menjadi bukti bahwa Nissan telah memanfaatkan pengalaman panjangnya dalam memproduksi mobil listrik massal untuk menggeber mobil balap Formula E. Partisipasi tim Nissan e.dams pada ajang Jakarta Formula E 2022 membuktikan secara nyata kepada pelanggan bahwa Nissan serius berkomitmen membawa mobilitas elektrifikasi menjadi semakin dekat bagi masyarakat Indonesia.


Keunggulan produk mobil listrik Nissan LEAF

Sebagai mobil listrik produksi Nissan yang debut di sirkuit balap Formula E, berikut sejumlah keunggulan mobil listrik Nissan LEAF yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. e-Powertrain - Dibekali dengan teknologi e-Powertrain, Nissan LEAF generasi terbaru ini diklaim 30 persen lebih senyap daripada mesin bensin atau mesin hybrid milik kompetitor. Nissan LEAF menawarkan respons yang cepat dibandingkan mesin turbo 2 L, serta peningkatan torsi hingga 14 persen menjadi 320 Nm dibanding versi sebelumnya.

2. e-Pedal - e-Pedal merupakan salah satu perlengkapan standar dari Nissan LEAF generasi terbaru ini. Keunggulan mobil listrik Nissan LEAF ini membuat pengemudi hampir tidak perlu lagi menggunakan pedal rem, meski sesekali masih dibutuhkan. Dengan e-Pedal, pengemudi bisa menggunakan satu pedal saja dalam 90 persen kegiatan berkendara. Mobil akan berhenti dengan mulus tanpa perlu menekan pedal rem saat pedal gas dirilekskan.

3. Memiliki ketahanan baterai - Dilengkapi dengan baterai Li-ion berkapasitas 40 kWh 350V, Nissan LEAF generasi terbaru ini mampu menjelajah hingga 322 km per pengisian daya. Tidak mengherankan jika lebih dari 400.000 unit terjual sejak peluncurannya pada 2010, tidak pernah ada kasus mengenai baterai mobil Nissan LEAF.

4. Pengisian daya dua arah - Tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi, Nissan LEAF juga bisa menjadi pengisi daya bagi rumah tangga saat keadaan darurat berkat baterainya. Fitur ini dinamakan pengisian daya dua arah dan dapat dimanfaatkan sebagai catu daya cadangan untuk keadaan darurat.


Itulah serba-serbi seputar Nissan LEAF, mobil listrik Nissan yang memulai debutnya dalam ajang balap mobil Formula E di JIEC, Ancol, Jakarta pada Juni 2022 lalu. Informasi lebih lanjut mengenai mobil Nissan LEAF dan acara Formula E di Indonesia, Anda bisa lihat di website resmi Nissan Indonesia.