Nissan Resmi Perdana Ikuti Ajang Formula E

5 Agustus 2022

Nissan Resmi Perdana Ikuti Ajang Formula E

Beberapa tahun terakhir, era elektrifikasi kendaraan mulai merambah ke tingkat arena balap dunia, salah satunya dengan diselenggarakannya ajang Formula E. Formula E sendiri merupakan balap mobil kursi tunggal yang menggunakan mobil bertenaga listrik. Mobil Formula E tidak menggunakan bahan bakar fosil, melainkan tenaga listrik dan baterai yang disematkan dalam kendaraan.

Adanya Formula E bertujuan memperkenalkan teknologi kendaraan listrik serta menghadirkan balapan yang ramah lingkungan. Formula E juga digelar di JIEC, Ancol, Jakarta, sebagai putaran kesembilan dari kalender Kejuaraan Dunia Formula E 2022. Perlu Anda ketahui bahwa pada penyelenggaraan Formula E musim ini, Nissan secara perdana resmi mengikuti ajang Formula E yang bergengsi ini.


Nissan jadi satu-satunya pabrikan Jepang yang ikut Formula E

Ajang Formula E 2022 menjadi kesempatan perdana bagi Nissan untuk mengikuti laga di kancah balap kendaraan yang ramah lingkungan tersebut. Secara resmi, Nissan turut serta berpartisipasi dalam memeriahkan penyelenggaraan Formula E. Dengan ikut sertanya Nissan dalam ajang Formula E, menjadikannya sebagai satu-satunya pabrikan asal Jepang yang berkesempatan mengikuti ajang bergengsi berskala internasional ini.


Berlaga bersama tim Nissan e.dams

Formula E menjadi ajang bagi pabrikan otomotif untuk memperlihatkan inovasinya di energi listrik, khususnya di area balap mobil. Mobil-mobil pabrikan tersebut akan dirancang untuk memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan FIA (Federation Internationale de l'Automobile) agar mampu mendorong pertumbuhan masa depan mobil listrik dunia.

Pada 2018 lalu, di awal musim kelima Formula E, Nissan menjadi mitra sekaligus pemegang saham e.dams yang bertujuan membentuk tim Nissan e.dams. Selanjutnya, pada April 2022, Nissan secara resmi mengumumkan bahwa telah mengakuisisi tim balap e.dams sehingga dapat mengambil kendali penuh terhadap keikutsertaan tim di ajang Formula E.

Membawa mobilitas elektrifikasi semakin dekat dengan masyarakat Indonesia merupakan komitmen Nissan. Maka dari itu, Nissan berpartisipasi pada ajang Formula E. Bersama tim Nissan e.dams di kejuaraan Formula E 2021/2022, ada dua pembalap Formula E yang dihadirkan, yaitu Sebastian Buemi dan Maximilian Günther.


Gunakan teknologi Nissan LEAF sebagai mobil balap

Pada ajang Formula E kali ini, seperti musim-musim sebelumnya, tim Nissan e.dams menggunakan mobil dengan basis teknologi, seperti Nissan LEAF. Nissan LEAF merupakan kendaraan tanpa emisi yang menjadi salah satu mobil listrik unggulan dari Nissan berkat adanya teknologi Nissan Intelligent Mobility yang memungkinkan mobil untuk dapat berpikir, berkomunikasi, belajar, memprediksi, mengisi ulang daya, dan segala hal sebagai partner pengendara.

Dalam Formula E kali ini, Nissan akan membawa jarak tempuh LEAF menjadi lebih dari 4 miliar kilometer ke jalur balap. Nissan membuktikan pengalamannya memproduksi mobil listrik melalui Nissan LEAF. Teknologi yang digunakan Nissan LEAF pada ajang Formula E ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2021, sedangkan peluncuran pertama kali di dunia pada 2010 dan telah berhasil menjual lebih dari 500.000 Nissan LEAF.


Bodi aerodinamis, melebihi kecepatan suara

Nissan tentu akan memberikan inovasi secara optimal dalam laga perdananya mengikuti ajang Formula E. Menghadirkan mobil dengan teknologi Nissan LEAF, Nissan melengkapi dengan bodi yang dibuat aerodinamis. Desain bodi aerodinamis pada mobil listrik tentu menjadi tantangan desain yang berbeda dari kebanyakan mobil lainnya.

Pada pandangan pertama mengenai Formula E di musim ke-5, Nissan menyuguhkan layaknya burung supersonic dalam penerbangan yang tidak mengeluarkan suara bising. Akan tetapi, Nissan akan menghadirkan ledakan kecepatan yang menggemparkan dengan dikombinasikan dengan visualisasi efek Doppler.


Ajang Formula E tidak hanya menjadi laga perdana bagi Nissan e.dams mengikuti kejuaraan balap mobil listrik, melainkan menjadikannya sebagai pabrikan pelopor dalam merancang dan membuat kendaraan listrik yang menarik di dunia. Untuk Anda yang tertarik mempelajari lebih lanjut mengenai Formula E dan inovasi-inovasi yang dihadirkan oleh Nissan, kunjungi website Nissan Indonesia!