Road Trip Seru Naik Mobil Bersama Teman dan Keluarga

Road Trip Seru Naik Mobil Bersama Teman dan Keluarga

Keseruan dan pengalaman road trip memang tidak ada duanya. Apalagi jika dilakukan bersama teman-teman atau keluarga. Dengan persiapan yang lengkap ditambah beberapa tips road trip di bawah ini, dijamin Anda bisa merasa ekstra aman dan nyaman selama perjalanan.


Terkhusus Anda yang baru pertama kali akan merencanakan road trip bersama, deretan tips road trip ini dijamin akan sangat berguna. Mulai dari persiapan untuk diri sendiri, maintenance kendaraan, hingga banyak hal lainnya yang dibutuhkan selama perjalanan bersama teman atau keluarga. Ini dia tips-tipsnya.


Cek Kondisi Mobil

Kondisi kendaraan yang prima akan membawa rasa aman saat melakukan perjalanan jauh. Pemeriksaan kondisi kendaraan penting dilakukan untuk mengantisipasi perjalanan jauh atau untuk persiapan mobil sebelum mudik luar kota atau untuk perjalanan sangat mendadak.


Persiapan kondisi fisik

Tips road trip yang pertama dimulai dengan memeriksa kondisi fisik semua orang yang akan ikut serta dalam road trip ini. Mengingat perjalanan berkendara ini akan dilakukan selama berjam-jam, bahkan berhari-hari tergantung jaraknya. Jadi, kondisi fisik yang kuat dan sehat sangatlah penting di sini. Jika sedang sakit, sebaiknya tidak melakukan perjalanan sama sekali. Tidak hanya akan merepotkan diri sendiri, tetapi juga orang lain.


Terutama jika road trip akan dilakukan di tengah pandemi. Sebaiknya lakukan swab test untuk memastikan kondisi dengan lebih pasti sebelum berangkat. Jauh-jauh hari, jaga kondisi kesehatan juga penting. Makan makanan bergizi, berolahraga, dan pastikan tidur yang cukup.


Bawa barang secukupnya

Apa tujuan road trip yang akan Anda dan teman-teman atau keluarga lakukan? Untuk berapa lama perjalanan di jalan dan tinggal di tujuan? Semua pertanyaan ini akan membantu Anda untuk memilih dan memilah barang yang paling dibutuhkan untuk dibawa.


Ingat, road trip ini dilakukan dengan menggunakan mobil. Artinya, tidak banyak ruang yang cukup jika ada terlalu banyak barang yang dibawa. Apalagi jika yang ikut serta cukup banyak, barang-barang bawaan tentu akan mengambil ruang yang cukup banyak.


Jadi, benar-benar bawa barang yang dibutuhkan saja selama perjalanan. Pilih dan siapkan pakaian secukupnya serta Anda juga bisa membawa alat mandi dalam volume kecil untuk menghemat ruang.


Lakukan pengecekan mobil

Setelah beres dengan barang bawaan, tips road trip lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah memeriksa mobil yang akan digunakan. Jika tidak menggunakan mobil pribadi, sebaiknya minta tenaga ahli membantu pemeriksaannya dengan teliti. Tujuannya untuk meminimalisir potensi kerusakan, dan gangguan perjalanan lainnya.


Pemeriksaan dapat dimulai dari mesin, hingga fungsi-fungsi fitur kendaraan tersebut. Periksa kondisi oli mobil apa perlu diganti atau tidak. Oli rem, tekanan angin ban, serta ada atau tidaknya ban serep untuk keadaan darurat. Cek juga air radiator, air wiper, dan karet wiper. Lalu, hal yang tidak kalah penting, jangan lupa memeriksa kondisi bahan bakar. Pastikan Anda mulai road trip dengan tangki terisi penuh.


Bawa obat-obatan

Selain membawa barang-barang pribadi, pastikan juga Anda menyiapkan dan membawa obat-obatan. Terutama obat-obatan yang paling umum dibutuhkan. Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya mempersiapkan kotak P3K untuk kondisi darurat.


Pelajari cuaca dan medan yang akan dilalui

Tips road trip yang terakhir adalah memeriksa cuaca dan medan yang akan dilalui selama road trip. Anda tidak bisa hanya memeriksa berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan. Sebaiknya periksa juga rute mana yang paling aman dan nyaman .


Perpaduan kondisi cuaca yang sedang sering hujan dan jalan berbatu jelas cukup berbahaya karena bisa jadi licin untuk dilalui. Hal-hal seperti ini perlu dipertimbangkan sebelum melakukan road trip bersama teman atau keluarga. Tidak lain untuk menjaga keamanan semua orang yang berkendara bersama-sama.