Seperti Apa Teknologi Mobil Listrik yang Diusung Nissan?

Seperti Apa Teknologi Mobil Listrik yang Diusung Nissan?

Kehadiran kendaraan listrik menjadi solusi transportasi modern, khususnya untuk mengurangi polusi udara. Nissan turut menyumbangkan inovasi dalam perkembangan ini dengan hadirnya All-New Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER. Memangnya, seperti apa keunggulan teknologi mobil listrik Nissan? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!


Teknologi 100% listrik Nissan Kicks e-POWER

Mobil Nissan Kicks e-POWER dijalankan dengan 100% listrik, tapi tidak perlu charging sama sekali. Listrik sudah dihasilkan sendiri oleh mesin ICE (internal combustion engine) dan generator mobil. Setelah proses tersebut, listrik disimpan dalam baterai lithium-ion sebelum disalurkan ke motor elektrik.

Alhasil, baterai mobil pun dapat menyalurkan tenaga listrik dengan efektif, sehingga Anda dapat merasakan berkendara cepat dengan sensasi modern. Aliran listrik tidak akan mandek, mobil pun tidak mengeluarkan suara mesin yang mengganggu.

Masih terdapat berbagai faktor canggih e-POWER untuk membuat pengalaman berkendara aman dan nyaman. Di antaranya ada tiga mode mengemudi (drive mode), yaitu EV Mode, S Mode, dan Eco Mode. Perbedaannya ada pada pengaturan performa mesin. EV Mode untuk penggunaan sehari-hari, S Mode untuk mode sport, dan Eco Mode untuk menghemat penggunaan energi selama berkendara.


Dukungan e-POWERTRAIN All-New Nissan Leaf

Sementara itu, kendaraan All-New Nissan Leaf diproduksi dengan ciri khas berupa teknologi canggih dan jarak tempuh lebih jauh. Dukungan teknologi e-POWERTRAIN membuat mobil satu ini mampu menghadirkan daya 110 kW dan torsi 320 Nm. Selain itu, teknologi ini mendorong peningkatan akselerasi dan menambah kenyamanan saat bepergian.

Berdasarkan uji emisi Jepang, jangkauan tempuh All-New Nissan Leaf adalah 400 kilometer. Dengan jarak tempuh begitu besar, mobil ini aman digunakan untuk perjalanan jauh. Anda bisa bebas mengajak mobil ini untuk berlibur atau bekerja ke luar kota.

Selain itu, All-New Nissan Leaf juga dilengkapi dengan ProPILOT dan ProPILOT Park, teknologi self-driving car. Teknologi swakemudi ProPILOT dapat digunakan jika ingin bersantai saat lewat jalan bebas hambatan. Biarkan mobil berjalan di satu lajur jalan. Sementara itu, ProPILOT Park otomatis membawa mobil ke posisi parkir yang aman.


Sistem keamanan Nissan Intelligent Mobility

Nissan menetapkan standar keamanan sebagai wujud komitmennya menyediakan kendaraan berbasis teknologi yang aman dan canggih. Diberi nama Nissan Intelligent Mobility, Anda bisa berkendara dengan tenang karena keselamatan terjamin.

Apa saja bentuk Nissan Intelligent Mobility? Ada sejumlah fitur keamanan yang termasuk di sini, salah satunya adalah Intelligent Cruise Control (ICC). ICC secara otomatis mengatur kecepatan mobil dengan mendeteksi kecepatan mobil di depannya. Program sistem ICC memastikan keselamatan dengan menjaga jarak aman, lalu akan mengembalikan kecepatan sesuai keinginan pengemudi jika sudah aman.

Apakah Anda sering merasa lelah di jalan? Tenang, ada sistem Driver Attention Alert (DAA) yang dirancang untuk memberikan peringatan ketika pengemudi kurang konsentrasi di atas kecepatan 60 km/jam. Menyetir dalam keadaan lelah bisa mengundang bahaya, sehingga fitur ini membantu Anda menghindari kecelakaan.

Tidak lupa, tersedia juga fitur untuk mencegah tabrakan mobil. Salah satunya adalah Intelligent Forward Collision Warning (IFCW) supaya tidak terlalu dekat dengan mobil di depan Anda. Untuk titik buta, terdapat Blind Spot Warning (BSW) yang akan memperingatkan Anda ketika ada objek di area titik buta pengemudi.

Teknologi mobil listrik Nissan juga dilengkapi dengan teknologi e-Pedal atau One Pedal Operation. Cara kerjanya hanya dengan mengatur tekanan pada pedal. Tekanan yang lebih dalam akan membuat mobil berjalan lebih cepat, begitu juga sebaliknya. Mobil pun akan berhenti total jika pedal dilepas meski di medan curam sekali pun. Teknologi tersebut membuat menyetir semakin praktis dan tidak membuat lelah.


Di luar teknologi mobil listrik yang dimilikinya, All-New Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER juga dirancang dengan desain modern, apalagi di bagian interior. Kabin mobil hybrid keluaran Nissan memberikan sensasi berkendara premium karena pemilihan material mewah. Dari bahan hingga warna, semuanya ditentukan untuk menghadirkan suasana hi-tech yang nyaman.

Penasaran dengan inovasi Nissan? Yuk, coba langsung teknologi listrik Nissan di event IEMS 2022! Bahkan, penyelenggara menyediakan tempat luas untuk test drive, lho. Jangan lewatkan pameran mobil listrik tersebut pada 28-30 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), ya!