Simak Perbedaan Mobil Listrik Murni dan Mobil Hybrid

Simak Perbedaan Mobil Listrik Murni dan Mobil Hybrid

Walaupun teknologinya sudah ada sejak lama, mobil listrik dan mobil hybrid adalah sebagian topik yang kerap diperbincangkan oleh masyarakat di tengah berbagai upaya penyelamatan lingkungan. Jenis mobil tersebut digadang-gadangkan sebagai solusi kendaraan pribadi yang lebih ramah lingkungan karena konsumsi bahan bakar fosilnya lebih sedikit. Agar Anda tidak salah kaprah antara mobil listrik dan mobil hybrid, pelajari perbedaan keduanya di bawah ini.

Apa itu mobil listrik murni?

Sesuai namanya, mobil listrik murni mengandalkan energi listrik sebagai sumber tenaganya. Umumnya, tipe mobil ini dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang melalui sumber energi dari luar. Sumber energi tersebut biasanya hadir dalam bentuk EV charging station atau tempat isi ulang khusus tanpa BBM.

Apa itu mobil hybrid?

Berbeda dari mobil listrik, mobil hybrid adalah tipe kendaraan yang memadukan dua sumber energi sekaligus untuk menggerakkan roda kendaraan. Jika mobil listrik hanya memiliki komponen motor listrik, mobil hybrid dilengkapi dengan mesin konvensional yang menggunakan BBM dan motor listrik.

Apa beda mobil listrik murni dan mobil hybrid?

Agar lebih mudah memahami perbedaan antara mobil listrik murni dan mobil hybrid, berikut beberapa faktor pembeda yang dapat Anda perhatikan:

●  Sumber tenaga dan pengisian daya

Untuk bepergian dengan mobil listrik, Anda harus mengisi ulang baterai yang berperan sebagai tangki penyimpanan energi listrik. Selain mengunjungi charging station khusus di luar, Anda juga bisa menyuplai baterai mobil listrik dengan alat khusus yang terhubung dengan stop kontak rumah sebelum berkendara.

Sementara itu, mobil hybrid memiliki sumber tenaga yang berbeda. Untuk mengisi ulang tenaganya, Anda bisa membawa mobil hybrid ke SPBU pada umumnya sebagaimana mobil konvensional. Bahan bakar fosil ini akan menjadi sumber energi penting bagi proses pembakaran pada mesin mobil.

●  Cara kerja

Saat Anda menyalakan mobil listrik murni, baterai akan mengalirkan listrik yang tersimpan di dalamnya ke motor listrik. Motor listrik inilah yang menggerakkan roda mobil, sehingga Anda dapat pergi ke mana pun yang Anda inginkan. Oleh sebab itu, jika baterai mobil listrik Anda kosong, Anda tidak dapat menggunakan kendaraan tersebut.

Di sisi lain, sistem kerja mobil hybrid bisa dibilang cukup beragam, bergantung dari teknologi masing-masing. Ada mobil hybrid yang dapat mengubah BBM menjadi tenaga listrik melalui sistem elektriknya. Lalu, ada juga mobil yang menggunakan dua bahan bakar sekaligus pada kecepatan tertentu.

●  Keunggulan

Mobil hybrid menawarkan jarak tempuh yang lebih panjang sebagai daya tarik utamanya. Hal ini dikarenakan sumber energi utamanya tetaplah bensin alih-alih baterai listrik. Anda juga tidak perlu mengisi ulang baterai yang terpasang pada mobil karena mesin akan mengubah bensin menjadi listrik. Karena itu juga, Anda bisa mengisi ulang BBM di SPBU konvensional ketika bensin sudah berkurang banyak.

Karena mobil listrik sama sekali tidak menggunakan bahan bakar fosil dan proses pembakaran, jenis kendaraan ini tidak menghasilkan asap. Jadi, emisinya lebih bersih dan ramah lingkungan. Perawatannya juga terhitung cukup mudah sebab Anda tidak perlu terlalu sering ke bengkel untuk perawatan komponennya.

●  Contoh mobil

Popularitas mobil listrik murni dan hybrid sudah meningkat, sehingga tidak mengherankan jika ada banyak kendaraan yang beredar di pasaran. Salah satu contoh utama mobil listrik yang mengandalkan baterai berkapasitas besar adalah Nissan Leaf. Anda dapat mengisi ulang tenaga listriknya di charging station khusus atau di rumah Anda sendiri.

Di sisi lain, Nissan Kicks e-POWER adalah mobil hybrid yang dapat mengubah bahan bakar fosil menjadi sumber tenaga listrik. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengisi ulang baterai listriknya. Namun, Anda tetap bisa memilih untuk menggunakan BBM atau tenaga listrik selama berkendara.

Mobil listrik dan mobil hybrid adalah dua kendaraan yang berbeda walaupun sekilas terlihat mirip. Mobil listrik hanya menggunakan listrik, sedangkan mobil hybrid memadukan bensin dan listrik. Oleh sebab itu, mobil listrik murni cocok untuk Anda yang mengutamakan kebersihan energi dan mobil hybrid lebih pas untuk perjalanan lebih jauh.

Apakah Anda ingin mengenal perbedaan mobil listrik dan mobil hybrid dengan lebih mendalam? Jangan ragu-ragu mengunjungi website resmi www.nissan.co.id untuk merencanakan waktu test drive Nissan Leaf dan Nissan Kicks e-POWER dan rasakan perbedaannya. Jangan lupa follow Instagram kami di @nissanid untuk update mobil listrik dan hybrid terkini!