Tips Merawat Nissan Livina di Musim Hujan agar Bebas dari Jamur dan Karat

Tips Merawat Nissan Livina di Musim Hujan agar Bebas dari Jamur dan Karat

Pada musim hujan seperti ini, bodi dan eksterior mobil rentan rusak karena jamur dan karat. Akibat suhu lembap, jamur bisa cepat menyebar hingga ke bagian-bagian mobil yang lain. Ditambah, karat yang sudah telanjur parah akan segera mengikis lapisan eksterior mobil akibat oksidasi dan korosi.

Agar hal ini tidak terjadi pada mobil Nissan Livina kesayangan Anda, ikuti panduan perawatan anti-jamur dan karat seperti berikut ini!

Segera Bersihkan Sisa Air Hujan

Saat Anda pergi berkendara menembus hujan, sebaiknya segera bersihkan sisa air hujan pada mobil begitu Anda sampai di rumah. Anda bisa mengelap bagian-bagian mobil yang basah dengan lap microfiber agar tidak menjadi jamur.

Bagian-bagian mobil Nissan Livina yang harus segera Anda bersihkan adalah area bawah mobil, karet atau list penahan air di kaca pintu, wiper, dan plat. Untuk membersihkan plat, Anda bisa gunakan bensin demi mencegah timbulnya karat.

Cuci Mobil secara Rutin

Salah satu cara ampuh untuk mencegah jamur dan karat pada mobil adalah dengan mencucinya secara rutin. Namun, pastikan Anda mencuci mobil Nissan Livina kesayangan Anda pada pagi atau siang hari saat matahari terik agar mobil benar-benar kering dan tidak lembap. Apabila Anda mencucinya pada malam hari, air sisa cucian yang menempel di bodi mobil tidak akan cepat kering sehingga bisa memicu jamur dan karat.

Karat pada mobil tak boleh Anda sepelekan. Tidak sebatas mengganggu penampilan mobil saja, karat juga dapat merusak komponen kendaraan sehingga mengganggu fungsi komponen tersebut. Maka dari itu, agar Nissan Livina Anda tetap awet, segera cuci dan keringkan setelah dipakai untuk berkendara di tengah hujan.

Gunakan Produk Water Repellent

Pernahkah Anda memanfaatkan water repellent untuk mobil? Water repellent adalah cairan semprot yang bisa memberikan efek daun talas pada permukaan mobil. Ketika terkena air, daun talas tidak akan layu kebasahan. Ia akan mengubah air yang menjatuhi dirinya menjadi butiran-butiran air yang kemudian bergulir jatuh ke tanah.

Water repellent bisa menciptakan efek daun talas itu pada permukaan mobil. Biasanya, produk ini dikemas dalam bentuk spray sehingga Anda lebih mudah mengaplikasikannya. Tinggal semprotkan pada badan mobil, maka Anda tak perlu khawatir lagi saat mobil terguyur hujan karena air hujannya akan menjadi butiran-butiran air kecil. Pemakaian water repellent untuk mobil seperti ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering bepergian.

Hindari Parkir di Tempat Lembap

Tips merawat Nissan Livina di musim hujan yang berikutnya adalah menghindari parkir di tempat lembap. Indikator tempat yang lembap ini bisa dilihat dari adanya genangan air atau tidak. Memarkir mobil di tempat yang lembap akan memicu pertumbuhan jamur yang lebih cepat. Proses oksidasi dan korosi juga semakin cepat sehingga bisa menimbulkan karat.

Apabila Anda ingin memarkir mobil di tempat umum, carilah spot parkir yang benar-benar kering. Hindari genangan air dan dinding yang lembap. Pastikan juga bahwa garasi rumah Anda senantiasa kering karena mobil Anda akan berada di sana dalam waktu yang lebih lama.

Lumasi Engsel-engsel Mobil

Bagian engsel-engsel mobil sering menimbulkan karat karena sulit untuk dijangkau. Bagian ini sangat tersembunyi dan kurang terekspos sehingga risiko berkarat menjadi lebih besar. Anda pun pasti sering luput memperhatikan bagian ini, bukan?

Tak perlu khawatir. Untuk mencegah engsel berkarat, Anda bisa mengoleskan pelumas secara rutin. Gunakan oli biasa untuk melumasi engsel-engsel tersebut. Dengan demikian, engsel Nissan Livina Anda tidak akan cepat berkarat meski diterpa hujan.

 Itulah beberapa tips merawat Nissan Livina di musim hujan agar tidak cepat berjamur dan berkarat. Intinya, Anda harus bisa memberikan perhatian ekstra pada mobil saat musim hujan seperti ini karena suhu lembap berisiko memicu pertumbuhan jamur dan menimbulkan karat.

Semakin Anda rajin merawat, mengeringkan, dan mencuci Nissan Livina kesayangan Anda, mobil tersebut akan bisa awet untuk waktu yang lebih lama. Berkendara di tengah hujan? No worries!