Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Pada Mobil

Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Pada Mobil

Jika Anda adalah salah satu pengguna Multi Purpose Vehicle atau MPV, pasti sudah tidak asing lagi dengan sliding door. Mobil pintu geser belakangan ini mulai menarik perhatian dan jadi pilihan beberapa konsumen. Terutama mereka yang hendak mencari mobil yang dapat dipakai untuk keluarga besar saat berpergian.


Memiliki mobil pintu geser seperti MPV tentu membutuhkan perawatan ekstra. Anda perlu tahu bagaimana merawat sliding door agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Berikut beberapa tips untuk Anda merawat sliding door ini.

 

Pengecekan kondisi rel dan bearing

Bagian krusial dari mobil pintu geser bisa jadi adalah rel dan bearing. Penyebabnya karena dua bagian pada sliding door ini seringkali bermasalah, mengingat pintu yang cukup sering dibuka dan ditutup. Kendala yang seringkali muncul adalah pintu macet atau terasa tidak lancar saat akan dibuka atau ditutup.


Saat akan melakukan pemeriksaan, pastikan untuk membersihkan rel. Untuk membersihkan roller pastikan Anda menggunakan cairan khusus. Tujuannya agar roller tidak mudah rusak. Perhatikan juga bagian karet pada pintu, bagian ini juga perlu dibersihkan dengan saksama. Setelah selesai dibersihkan, pada bagian rel dan bearing jangan lupa diberi pelumas tanpa kandungan oli.


Lakukan ini secara berkala dan saat Anda merasa ada masalah pada sliding door. Jika ternyata terlanjur terjadi kerusakan pada rel atau bearing, sebaiknya segera diganti. Dengan begini, mobil pintu geser Anda bisa digunakan kembali dengan nyaman dan aman.


Membuka dan menutup pintu jika diperlukan

Seperti halnya mobil lain pada umumnya, membuka dan menutup pintu mobil MPV juga harus dilakukan dengan hati-hati dan jika diperlukan saja. kebiasaan membuka pintu yang kurang hati-hati juga bisa merusak sliding door itu sendiri. Hindari terlalu sering membuka atau menutup sliding door pada mobil Anda.


Selain itu, saat akan membuka pintu, sebaiknya dilakukan dengan perlahan. Begitu juga saat akan menutup pintu. Tidak perlu dibanting, cukup gerakkan sedikit sliding door dan biarkan pintu bergeser dengan sendirinya. Sediakan juga sapu mobil di dekat pintu untuk membersihkan area rel jika dirasa ada kotoran atau benda asing agar pintu mobil bisa menutup dan membuka dengan baik.


Saat membuka sliding door, pastikan tidak dibiarkan terbuka untuk waktu yang terlalu lama. Ini karena kemungkinan besar debu atau kotoran akan lebih mudah menempel pada pintu. Kotoran yang menumpuk di area pintu atau rel dapat membuat pintu sulit untuk dioperasikan. Pastikan Anda mengingat dan menerapkan kebiasaan ini untuk menjaga kondisi pintu.


Menutup pintu saat kunci kontak off

Beberapa mobil pintu geser beroperasi secara elektrik. Itu sebabnya, khusus bagi Anda yang memiliki sliding door elektrik, sangat disarankan untuk membuka dan menutup pintu hanya saat mobil dalam keadaan menyala saja. Menutup pintu atau membuka pintu saat kunci kontak off alias mobil mati akan memberi beban yang cukup berat pada aki mobil.


Ini sebabnya Anda disarankan untuk menyalakan mesin mobil terlebih dulu. Setelah itu, barulah bisa membuka atau menutup sliding door elektrik ini. Dalam keadaan mesin mati, hindari juga untuk membuka paksa pintu. Mengingat sistem pintu mobil tidaklah manual, alangkah baiknya Anda menunggu sistem bekerja pada mesinnya. Dengan begini, motor elektrik yang dipakai untuk mengoperasikan pintu pun tidak cepat rusak.


Berdasarkan ketiga tips utama di atas, Anda juga perlu melakukan satu lagi hal yang tidak kalah penting. Periksa sistem operasi mobil pintu geser yang akan Anda beli atau gunakan. Bertanya pada ahlinya tentang cara operasi dan cara merawatnya secara spesifik. Dengan begini, Anda juga mendapat informasi yang dibutuhkan secara detail.


Itu dia tiga tips utama untuk merawat sliding door. Selain merawat pintu mobil, Anda juga harus merawat setiap bagian mobil secara keseluruhan. Terutama jika Anda belum terlalu akrab dengan fitur atau sistem operasinya. Tidak ada salahnya bertanya demi bisa merawat mobil dengan lebih baik. Keamanan dan kenyamanan Anda selama berkendara akan terjaga jika mobil selalu dalam kondisi prima.