Traveling Menggunakan Mobil Listrik, Bisakah Diandalkan?

Traveling Menggunakan Mobil Listrik, Bisakah Diandalkan?

RABU, 10 NOVEMBER 2021


Traveling menggunakan mobil listrik semakin mudah karena jaringan pengisian daya nasional yang meluncurkan semakin banyak titik lokasi charging. Anda juga tidak perlu khawatir karena mobil listrik bisa diandalkan untuk melakukan perjalanan jauh. Sebagai pemilik kendaraan listrik, Anda bahkan mungkin akan menemukan beberapa manfaat yang mengejutkan. Berikut informasinya!


Pemilik kendaraan listrik melakukan perjalanan lebih jauh

Kendaraan listrik menjadi pilihan realistis untuk melakukan perjalanan darat karena daya baterai yang cukup besar dan stasiun pengisian menjadi lebih umum. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Nissan, diketahui bahwa pemilik kendaraan listrik rata-rata menempuh perjalanan 630 km lebih banyak daripada pemilik kendaraan berbahan bakar bensin setiap tahunnya.

Temuan tersebut menjadi bukti bahwa traveling dengan mobil listrik tidak perlu dikhawatirkan. Kecemasan konsumen soal jangkauan mobil listrik yang singkat merupakan sebuah mitos dan diharapkan akan lebih banyak masyarakat yang tahu bahwa melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan listrik justru lebih nyaman. Sebagai perbandingan, perjalanan rata-rata pemilik kendaraan dengan mesin pembakaran adalah 13.600 km per tahun, sedangkan pemilik mobil listrik menempuh jarak 14.300 km per tahun.


Hemat energi selama traveling dan lebih ramah lingkungan

Mobil listrik hemat energi selama traveling karena jauh lebih efisien daripada kendaraan bertenaga gas konvensional. Baterai mobil listrik mengubah 59-62% energi menjadi pergerakan kendaraan, sementara kendaraan bertenaga gas hanya mengubah antara 17-21%. Ini berarti mengisi daya baterai mobil listrik relatif lebih berguna untuk menjalankan kendaraan dibanding mengisi kendaraan dengan bensin.

Menggunakan mobil listrik juga lebih ramah lingkungan karena mengurangi emisi. Pengurangan emisi, termasuk pengurangan penggunaan bahan bakar, adalah keunggulan lain untuk semua kendaraan listrik yang mengandalkan baterai sebagai penggerak motor. Baterai isi ulang juga berarti memungkinkan Anda untuk mengurangi pengeluaran karena tak perlu membeli bensin. Bahkan jika traveling dengan mengendarai The All-New Nissan Leaf, Anda dapat menempuh jarak hingga 311 km hanya dalam sekali charge penuh!


Sudah tersedia titik-titik lokasi charging

Traveling menggunakan mobil listrik juga bisa diandalkan karena sudah tersedia titik-titik lokasi charging atau pengisian ulang energi mobil listrik, salah satunya di rest area jalan tol. Berbagai titik lokasi charging mobil listrik dihadirkan guna menggencarkan program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Sebagai informasi, hingga saat ini sudah ada empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah rest area, seperti:

  1. Rest Area KM 207 A Ruas Palikanci
  2. Rest Area KM 379 A Ruas Batang-Semarang
  3. Rest Area KM 519 A Ruas Solo-Ngawi
  4. Rest Area KM 519 B Ruas Solo-Ngawi

Selain itu, berikut daftar titik-titik lokasi charging yang tersedia di berbagai tempat di Indonesia:

  1. Senayan City, Jakarta
  2. AEON Mall, Serpong
  3. Tangerang City Mall
  4. PLN Kantor Pusat
  5. PLN UID Jaya, DKI Jakarta
  6. PLN UID Jawa Barat
  7. PLN IUD Bali
  8. PLN UID Jawa Tengah dan DIY
  9. PLN ULP Embong Wungu, Surabaya
  10. Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
  11. SPBU Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan
  12. Kantor BPPT Thamrin
  13. Kantor BPPT Serpong
  14. Kantor PT LEN Bandung
  15. Diler Resmi Nissan (4 unit)

Agar lebih memudahkan Anda dalam melacak lokasi charging station, Nissan juga telah bekerja sama dengan PLN dalam menghadirkan aplikasi Charge.IN. Melalui aplikasi ini, Anda pun bisa dengan mudah mengetahui titik-titik charging station sepanjang perjalanan hanya dari smartphone.


Tak perlu khawatir soal kecepatan

Banyak orang masih mengira bahwa keheningan mesin mobil listrik berarti kurang dalam kecepatan dan kinerja. Faktanya justru sebaliknya, mobil listrik berakselerasi lebih cepat daripada mobil bertenaga gas dan memiliki kecepatan lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari dan traveling

Mesin listrik cenderung jauh lebih sederhana daripada mesin pembakaran internal sehingga dapat memberikan torsi penuh yang menghasilkan akselerasi instan. Apalagi jika traveling menggunakan The All-New Nissan Leaf dengan teknologi Nissan Intelligent Mobility yang memberikan akselerasi optimal dan bisa diandalkan. Mobil listrik unggulan Nissan ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik saja.


Keamanan selama traveling tak kalah terjamin

Kebanyakan mobil listrik sudah dilengkapi sistem keamanan menyeluruh, seperti The All-New Nissan Leaf. Kenyamanan Anda traveling dengan The All-New Nissan Leaf didukung oleh kabin mewah dan senyap yang akan membantu Anda merasa rileks dan nyaman berkendara dalam waktu lama. Anda juga bisa berkendara ditemani alunan musik dari audio berkualitas sehingga semakin bersemangat mengemudi.

Untuk memaksimalkan keamanan Anda selama traveling, The All-New Nissan Leaf dilengkapi 6 SRS airbags yang berfungsi saat terjadi tabrakan. Sebanyak enam titik airbag, dua di depan dan empat di samping, akan secara otomatis mengembang untuk meminimalisir dampak benturan bagi pengemudi dan penumpang jika tabrakan terjadi. Jadi, keamanan selama traveling bersama mobil listrik pun tak kalah terjamin.


Kini Anda sudah yakin, kan, untuk traveling atau melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil listrik? Anda bisa mengandalkan The All-New Nissan Leaf untuk perjalanan traveling yang aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!