Yuk, Kenali Perbedaan 4WD, RWD, dan FWD pada Sistem Penggerak Mobil!

Yuk, Kenali Perbedaan 4WD, RWD, dan FWD pada Sistem Penggerak Mobil!

Sistem penggerak mobil telah mengalami perkembangan signifikan. Sistem ini terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pengendara sekaligus menunjang kenyamanan selama perjalanan. Kondisi jalan yang berbeda tentunya membutuhkan mobil dengan sistem penggerak mobil yang sesuai.

Sampai saat ini, sistem penggerak mobil secara umum dibagi menjadi tiga bagian, yaitu 4WD (4 Wheel Drive), RWD (Rear Wheel Drive), dan FWD (Front Wheel Drive). Apa saja perbedaan antara FWD dan RWD? Dan apa yang membuat keduanya berbeda dari sistem 4WD? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Apa itu RWD?

RWD merupakan sistem penggerak mobil di mana seluruh tenaga untuk memacu pergerakan mobil dikerahkan kepada ban belakang, sementara ban depan difokuskan untuk mengatur pergerakan mobil saja. Pada mobil yang menggunakan sistem penggerak ini, terdapat poros penerus yang terletak di antara as roda belakang dan transmisi untuk menyalurkan tenaga kendaraan.

Mobil dengan sistem RWD memiliki sejumlah keunggulan, terutama pada berat kendaraan yang lebih seimbang. Hal ini terjadi karena sistem penggerak terfokus di belakang kendaraan, sementara seluruh komponen mesin berada di depan. Dengan begitu, mobil mampu merespons perintah kemudi dengan baik, seperti untuk maju, mundur dan belok.

Usia komponen mobil juga jauh lebih awet karena pembagian tugas dari roda depan dan belakang yang terbagi dengan baik. Oleh karena itu, sistem ini sering digunakan oleh kendaraan transportasi umum seperti bus atau taksi. Sistem RWD juga sangat unggul dalam melewati jalanan dengan kontur miring atau menanjak karena sistem penggerak yang ada dibelakang membuat roda tidak mudah kehilangan daya cengkram saat menanjak.

Apa itu FWD?

Sementara itu, sistem penggerak roda depan atau FWD merupakan sistem di mana roda depan menjadi penggerak utama kendaraan. Pada pemasangannya, sistem FWD tidak menggunakan as kopel. Sebagai gantinya, mesin mobil akan dibuat melintang dengan garis sumbu putaran mesin diletakkan sejajar dengan putaran roda. Lalu, gigi akhir tidak akan menjadi pengubah arah garis sumbu penggerak dan hanya berperan sebagai gigi reduksi saja.

Salah satu hal mencolok yang menjadi perbedaan FWD dan RWD adalah mobil dengan sistem ini cenderung lebih hemat BBM karena bobot kendaraan yang biasanya lebih ringan. Hal itu terjadi karena tidak adanya as kopel, gardan dan flywheel. Sehingga, kendaraan mampu berakselerasi lebih cepat tanpa harus membuat bahan bakar melakukan pembakaran terus menerus.

Selain itu, mobil dengan sistem FWD juga umumnya memiliki keunggulan saat berjalan di jalanan yang licin karena ban depan memiliki traksi lebih baik, ditambah lagi fungsinya sebagai penggerak sehingga menarik ban belakang. Jadi, mobil tidak akan kehilangan cengkeraman di jalanan licin.

Apa itu 4WD?

Sistem penggerak seluruh roda yang biasa disebut dengan 4WD merupakan sistem yang menggunakan seluruh rodanya untuk menggerakan mobil. Sistem ini membuat mobil memiliki daya tahan yang tinggi karena mesin membagi tenaga untuk keempat roda dengan seimbang. Sehingga, roda memiliki traksi yang baik dan kendali mobil menjadi lebih seimbang.

Karena itulah, perbedaan FWD dan RWD serta 4WD yang terletak pada traksi roda membuat sistem ini sering dipakai untuk mobil-mobil besar yang sering dipakai untuk perjalanan ke medan sulit seperti pegunungan atau jalanan berlumpur.

Hal ini sangat penting karena kekuatan mobil bahkan dapat membantu menarik mobil lain yang terjebak atau mogok di tengah sulitnya medan perjalanan. Namun seiring berkembangnya sektor otomotif, penggunaan sistem 4WD mulai merambah pada kendaraan yang biasa dipakai di daerah perkotaan.

Berkendara makin bertenaga dengan Nissan Kicks e-POWER Gen 2

Nissan Kicks e-POWER Gen 2 merupakan wajah baru dari Nissan Kicks setelah pertama kali dirilis pada Tahun 2020. Mobil listrik dengan teknologi e-POWER ini mendapat penyegaran hingga kini menjadi salah satu produk unggulan dari Nissan Indonesia. Penambahan kapasitas baterai dan tenaga mesin memastikan mobil semakin bertenaga dan mampu menjangkau jarak perjalanan lebih jauh menggunakan mode EV.

Itulah perbedaan FWD dan RWD serta hal yang membuat 4WD lebih unggul dari kedua sistem tersebut. Pemberian tenaga yang seimbang pada sistem 4WD untuk empat roda mobil membuat Anda dapat menjangkau jalanan dengan medan sulit karena kemungkinan terjadinya slip relatif minim.

Dapatkan pengalaman berkendara bersama Nissan Kicks e-POWER melalui test drive langsung di dealer Nissan terdekat atau hubungi NICOLE 1500023. (07/11/2022)