Nissan Berkomitmen Pada Formula E GEN4 untuk Memperkuat Rencana Elektrifikasi Tahun 2030

2 April 2024

Nissan Berkomitmen Pada Formula E GEN4 untuk Memperkuat Rencana Elektrifikasi Tahun 2030

TOKYO, Jepang (28 Maret 2024) – Nissan mengumumkan komitmennya terhadap Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA setidaknya hingga tahun 2030, untuk memperkuat Ambisi pada tahun 2030 mengenai rencana elektrifikasi. Berlangsung dari Musim ke 13 (2026/27) hingga Musim ke 16 (2029/30), Teknologi GEN4 Formula E akan menjadi yang tercanggih hingga saat ini dan sebagai laboratorium paling inovatif di dunia untuk solusi mobilitas kendaraan listrik.


Saat konferensi pers yang diadakan di Tokyo menjelang balapan Formula E pertama di Jepang, Direktur pelaksana Tim Formula E Nissan dan Kepala Tim, Tommaso Volpe menandatangani dokumen registrasi resmi produsen mobil di FIA Formula E World untuk Kejuaraan Musim 13 (2026/27) hingga 16 (2029/30), bersama Direktur Senior Circuit Sport FIA, Marek Nawarecki dan di hadapan CEO Formula E, Jeff Dodds. Perjanjian tersebut mempertegas komitmen Nissan sebagai produsen untuk GEN4 olahraga tersebut, menjadi konstruktor pertama yang dipastikan ambil bagian di ABB FIA Kejuaraan Dunia Formula E hingga 2030.

Keputusan ini akan memperpanjang keterlibatan Nissan di Formula E setidaknya selama 12 tahun sebagai olahraga motorsport terlama Nissan di Kejuaraan Dunia FIA.


Bagi Nissan sendiri, Formula E menjadi kejuaraan yang paling tepat untuk mengembangkan teknologi kendaraan listriknya dalam menghadapi persaingan dan perjanjian ini menandai tonggak sejarah menuju Ambisi Nissan 2030, yang merupakan sebuah rencana jangka panjang untuk menjadi produsen mobil yang fokus pada BEV. Program ini menempatkan elektrifikasi sebagai inti dari strategi jangka panjang perusahaan dan Nissan akan memperkenalkan 34 model kendaraan listrik antara tahun fiskal 2024 hingga Tahun 2030 untuk mencakup semua segmen, dengan gabungan model kendaraan listrik diperkirakan mencapai 40% secara global pada tahun fiskal. 2026 dan meningkat menjadi 60% pada akhir decade.


Keterlibatan Nissan dalam Formula E, menegaskan kembali komitmennya untuk menjadi pelopor dunia balap yang berkelanjutan, selaras dengan tujuan lingkungan yang lebih luas. Teknologi GEN4 akan mencakup fitur-fitur mutakhir, seperti peningkatan efisiensi energi dengan kapasitas regenerasi hingga 700kW, peningkatan daya output hingga 600kW dan inovasi keselamatan, mewakili langkah yang signifikan dalam teknologi balap kendaraan listrik. Nissan, FIA dan Formula E memiliki visi yang sama mengenai elektrifikasi dan perjanjian ini merupakan tonggak penting dan langkah berikutnya untuk masa depan kejuaraan kendaraan berbasis baterai listrik.


Sejak bergabung dengan olahraga Formula E hingga menjelang Musim ke 5, Nissan telah berdedikasi untuk terus mengembangkan operasional Formula E demi meraih kesuksesan lebih lanjut. Hal ini termasuk perpindahan markas besar Tim Formula E Nissan baru-baru ini ke wilayah Paris yang telah memungkinkan akses ke fasilitas terbaik. Sebagai merek global, Nissan beroperasi di setiap negara pada jadwal Formula E saat ini dan menggunakan setiap seri tersebut untuk mempromosikan teknologi kendaraan listrik di seluruh dunia. Selain itu, Nissan juga memiliki beberapa pusat Penelitian & Pengembangan di 16 negara, beberapa produksi pabrik di 13 negara dan studio desain di 5 negara, untuk mendukung setiap seri balapan Formula E. Komitmen terhadap Formula E hingga tahun 2030 adalah bukti betapa pentingnya Kejuaraan Dunia FIA ini bagi Nissan di seluruh dunia dan perannya dalam komitmen perusahaan untuk membuat kendaraan listrik dapat diakses oleh semua orang, di mana saja, dan bagi dunia yang lebih bersih, lebih aman, dan lebih inklusif.


Makoto Uchida selaku CEO Nissan Motor Corporation mengatakan “Kami sangat senang melanjutkan keterlibatan kami di Formula E hingga tahun 2030. Selain membawa keseruan dan tontonan di balapan bagi para penggemar kami, partisipasi kami dalam seri ini akan membuat kontribusi signifikan terhadap tujuan elektrifikasi kami yang ditetapkan dalam rencana Ambisi 2030 kami. Terobosan teknologi yang kami lakukan di lintasan akan memberikan wawasan yang luar biasa terhadap pengembangan produk masa depan kita. Kami sangat antusias melihat masa depan balapan mobil listrik dan terus berupaya menuju dunia yang berkelanjutan untuk semua orang.”


Tommaso Volpe, Direktur Pelaksana dan Kepala Tim Nissan Formula E mengatakan, “Saya dengan senang hati mengonfirmasi masa depan jangka panjang kami di Formula E sebagai pabrikan. Kami juga bangga menjadi perusahaan pertama yang berpartisipasi hingga tahun 2030, yang merupakan tahun besar bagi Nissan karena kami bertujuan untuk mencapai atau melampaui target yang ditetapkan dalam janji Nissan Ambition 2030. Formula E adalah ajang uji coba yang luar biasa bagi teknologi mobil listrik dan kami sangat antusias untuk terus berkembang dan berkompetisi setidaknya hingga akhir musim ke 16. Tim ini sedang dalam tren yang meningkat, dan kantor pusat baru kami akan memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan masa depan dengan fasilitas canggih untuk membantu mengembangkan mobil di musim mendatang. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Operasional Formula E dan FIA atas dukungan mereka, kami sangat bersemangat untuk terus bekerja sama.”


Jeff Dodds, CEO Formula E menambahkan, “Kami sangat senang di Formula E melihat Nissan memperluas keterlibatan mereka dalam seri ini hingga tahun 2030. Nissan memiliki nilai-nilai yang sama dengan kami dalam mempromosikan keberlanjutan di seluruh dunia, mengupayakan kinerja otomotif terbaik melalui solusi mobil listrik. Merek besar dan mendunia seperti Nissan, yang hadir di setiap negara yang kami kunjungi, sangatlah penting bagi kami sebagai kejuaraan global yang sesungguhnya. Hal ini tidak hanya membantu kami mempromosikan seri ini ke khalayak yang lebih luas dan beragam, namun juga berkontribusi besar dalam mempromosikan teknologi EV di seluruh dunia. Nissan adalah pabrikan yang sangat dihormati dan sangat selaras dengan tujuan dan nilai-nilai kami dan kami sangat antusias melihat peran yang akan dimainkan oleh merek ini di masa depan yang lebih baik.”


Marek Nawarecki, Direktur Senior Circuit Sport FIA mengatakan, “Kami sangat senang dengan kehadiran Nissan sebagai pabrikan di Formula E hingga tahun 2030. Kami sangat bersemangat untuk fase berikutnya dari satu-satunya Kejuaraan Dunia FIA yang sepenuhnya bertenaga listrik. Teknologi yang terlibat dalam Formula E berkembang dengan cepat dan kami bangga melihat kejuaraan ini terus berkembang. Hal ini merupakan bukti relevansi jangka panjang dari peta jalan yang diterapkan oleh produsen dan kami yakin bahwa komitmen ini menandai era baru Formula E yang cerah.”



Untuk informasi terbaru tentang Nissan, kunjungi www.nissan.co.id dan ikuti media sosial kami di Facebook (@NissanZoneIndonesia) dan Instagram (@NissanID).


###



For more information about Nissan’s products, services and commitment to sustainable mobility, visit nissan-global.com. You can also follow us on Facebook, Instagram, Twitter and LinkedIn and see all our latest videos on YouTube.


Contact


Ignatius Jethro

Marketing-Communication

Nissan Motor Distributor Indonesia

08119594168

Ignatius.jethro@nmdi.indomobil.co.id