Tim Formula E Nissan Mengambil Pole Bersejarah serta Podium di Tokyo E-Prix yang pertama

1 April 2024

Tim Formula E Nissan Mengambil Pole Bersejarah serta Podium di Tokyo E-Prix yang pertama

TOKYO, Jepang – Tim Formula E Nissan melanjutkan performa kuatnya saat Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA mengunjungi negara asalnya untuk pertama kalinya, dengan Oliver Rowland mengambil pole position dan podium kedua di Tokyo E-Prix yang pertama.

Setelah naik podium berturut-turut di Diriyah dan São Paulo, baik Rowland maupun tim merasa percaya diri menjelang debut seri tersebut di Jepang.

Pembalap Inggris itu mendukung penampilannya beberapa waktu terakhir dengan menjadi yang tercepat di Kualifikasi Grup A, sebelum mencatat waktu tercepat di ketiga tahapan Duel untuk meraih pole position Julius Baer keduanya musim ini. Setelah memimpin sebagian besar balapan, Rowland turun ke posisi kedua dalam upaya menghemat energi, dan menyerang untuk meraih kemenangan di beberapa lap terakhir. Meskipun sempat berada di samping sang pemimpin, dia tidak dapat merebut kembali posisi tersebut, dan harus puas mendapat posisi kedua.

Sementara itu, setelah kualifikasi yang mengecewakan, Sacha Fenestraz memberikan upaya yang kuat untuk naik dari posisi ke-20 di grid menjadi urutan ke-11, hanya satu posisi di luar poin. Pembalap Prancis-Argentina ini melakukan beberapa overtake yang sangat baik, dan menghindari insiden apapun saat melaju di sirkuit.

Hasil balapan Formula E ronde ini membuat Rowland melonjak ke posisi ketiga di musim ini, yang membantu tim Nissan mencapai urutan keempat dalam klasemen Tim.

Selain aksi di trek, Tokyo E-Prix juga penting bagi Nissan dalam hal lain, karena Nissan menjadi pabrikan pertama yang mengumumkan komitmen jangka panjangnya terhadap Formula E, dan berjanji untuk tetap mengikuti olahraga tersebut hingga setidaknya tahun 2030. Pengumuman ini menandai tonggak penting dan memperkuat target elektrifikasi Ambisi 2030 perusahaan.

Tim Fomrula E Nissan akan kembali ke sirkuit dalam waktu dua minggu menuju Misano, Italia, pertama kalinya untuk Formula E, pada Putaran 6 dan 7 musim 10.


Tommaso Volpe, direktur pelaksana dan kepala tim, Tim Formula E Nissan: "Ini adalah akhir pekan yang luar biasa dan saya sangat bangga dengan tim. Banyak hal yang terjadi karena ini adalah balapan pertama kami sebagai tuan rumah. Ada banyak penggemar, media dan rekan-rekan Nissan di bengkel kami, termasuk CEO kami Makoto Uchida, yang merupakan motivasi besar bagi tim. Semua orang tetap fokus dan memberikan mobil yang sangat kuat dan strategi yang cerdas, sementara kami benar-benar dapat mendengar, melihat dan merasakan dukungan dari para penggemar di tribun Nissan – sungguh luar biasa, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka!

“Kami cepat dari FP1 dan Oli tampil luar biasa di kualifikasi untuk merebut pole. Dia mengontrol balapan dengan baik, namun harus turun ke posisi kedua untuk menghemat tenaga di slipstream. Dia berusaha keras untuk mendapatkan kembali posisinya dan sayang sekali dia tak berhasil, tapi P2 tetap hasil yang fantastis. Tim sempat kecewa setelah balapan, tapi ini pertanda baik karena menunjukkan bagaimana mentalitas kami sekarang adalah untuk menang. Di pihak Sacha, kesalahan kecil di kualifikasi mengakibatkan dia memulai dengan urutan di bawah. Sangat mudah untuk menabrak dinding di trek seperti ini, tapi dia kembali dengan sangat baik. Untuk merebut sembilan posisi di sirkuit yang ketat seperti itu adalah upaya yang hebat. Itu mungkin perjalanan terbaiknya musim ini dan kami perlu mengembangkannya untuk sisa tahun ini.

“Kami juga senang dengan aktivitas off-track kami sepanjang minggu ini yang kami habiskan di Jepang. Mengumumkan komitmen kami terhadap GEN4 di balapan kandang adalah langkah yang sangat penting bagi kami, dan kami tidak sabar untuk melanjutkan perjalanan kami di Formula E sembari mengambil langkah menuju tujuan elektrifikasi Ambisi 2030 kami.

"Minggu ini tidak hanya menegaskan betapa seriusnya kami dalam keterlibatan kami dalam olahraga ini, namun juga potensi kami untuk menjadi pemenang kejuaraan. Kami akan terus berusaha dan saya yakin kami dapat mempertahankan arah positif ini di ajang-ajang mendatang."


Oliver Rowland, pembalap, Tim Formula E Nissan: "Saya sangat senang dengan performa dan hasil akhir pekan ini, meraih pole kedua musim ini dan podium ketiga berturut-turut adalah hal yang luar biasa, terutama melakukannya di kandang kami. Tentu saja, setelah memimpin sebagian besar balapan, saya agak frustrasi karena tidak meraih kemenangan. Saya harus melepaskan keunggulan


untuk menghemat energi setelah Safety Car, dan melakukan semua yang saya bisa di beberapa lap terakhir untuk mendapatkan kemenangan, tapi pada akhirnya terlalu beresiko dan saya tidak bisa merebut posisinya kembali. Mobilnya bagus, kami tahu kami punya kecepatan, terutama di kualifikasi. Lintasannya luar biasa, tantangan besar bagi para pembalap dan Saya sangat menikmati berada di luar sana. Sungguh luar biasa mendapat begitu banyak dukungan di sini, jadi terima kasih banyak kepada penggemar Jepang yang telah menyemangati kami!"


Sacha Fenestraz, pembalap Tim Nissan Formula E: "Ini adalah akhir pekan yang positif bagi tim, namun sayangnya kesalahan saya di kualifikasi sangat berdampak pada balapan kami, karena sebetulnya kami memiliki kecepatan yang kuat. Saya bergerak sedikit terlalu kencang dan menabrak tembok saat di tikungan 2, yang memberi saya sedikit kerusakan. Meskipun demikian, menyelesaikan P11 dari P20 di grid adalah penampilan yang bagus, terutama di trek yang sulit untuk menyalip. Saya harus terus membangun pengalaman saya di kejuaraan untuk hilangkan kesalahan-kesalahan ini dan manfaatkan performa yang kami miliki. Secara keseluruhan ini adalah acara yang luar biasa, treknya sangat keren dan kehadiran CEO Nissan di sini serta seluruh kolega dan penggemar Nissan yang menunjukkan dukungan mereka sungguh luar biasa. Selamat kepada Oli untuk podium ketiganya dan mudah-mudahan lain kali saya bisa bergabung dengannya di sana!"


Untuk informasi terbaru tentang Nissan, kunjungi www.nissan.co.id dan ikuti media sosial kami di Facebook (@NissanZoneIndonesia) dan Instagram (@NissanID).