Dengan alasan terburu-buru atau disengaja, beberapa pengendara nyatanya masih kerap mematikan mesin mobilnya secara tiba-tiba. Kondisi mesin yang masih cukup kencang bekerja, audio yang masih menyala, bahkan AC yang masih menyala pun kerap dihiraukan oleh beberapa Nissan Lovers. Padahal, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada mobil Anda. Meskipun Anda rutin melakukan servis pada mobil, jika perlakuan Anda terhadap mobil salah, kerusakan tetap akan mungkin terjadi.

Kerusakan tersebut bisa terjadi akibat masih adanya pergerakan mesin yang tidak diikuti oleh pelumasan, sehingga komponen mesin pun dapat bergesekan secara kasar.  Bagaimana tidak, saat Anda mematikan mesin yang menyala dengan kencang, tekanan pelumas mobil akan menurun secara drastis namun tidak dengan pergerakan mesin. Karena itulah, Anda perlu menghindari kebiasan menggeber mesin sesaat sebelum mematikan mesin. Lalu, bagaimana tahap mematikan mesin mobil yang baik? Berikut penjelasannya:

Mematikan Mesin Tiba Tiba, Bahayakah?
  1. Saat ingin berhenti, sebaiknya Anda mulai mengurangi kecepatan mobil. Dengan begitu, mesin mobil bisa menyesuaikan pergerakannya. Kemudian, saat mobil sudah terparkir dengan benar, berikanlah sedikit jeda sebelum Anda mematikan mesin.

  2. Saat memberikan jeda, Anda perlu mengecek berbagai komponen dalam mobil. Pasalnya, beberapa komponen akan tetap aktif menyala walaupun mesin mobil telah mati. Hal ini pula yang bisa menyebabkan Aki mobil Anda mati.

  3. Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mematikan mesin mobil tak lain adalah mematikan AC terlebih dahulu. Ya, beberapa pengendara justru kerap terlebih dahulu mematikan mesin yang dilanjutkan dengan AC, beberapa diantaranya justru terbiasa tidak mematikan AC. Hal ini tentu bisa memengaruhi kompresor AC, karena mesin mobil yang mati secara tiba-tiba dapat menimbulkan hentakan pada kompresor AC. Nah, jika Anda tak ingin mesin atau AC mobil Anda rusak, Anda harus membiasakan untuk mematikan AC mobil terlebih dahulu.

  4. Selain AC, hal lain yang perlu Anda matikan terlebih dahulu ialah audio mobil. Tak bisa dipungkiri beberapa orang kerap lupa untuk mematikan audio mobilnya, padahal hal ini bisa merusak audio dan juga mesin. Bayangkan saja, saat Anda lupa mematikan audio, audio akan segera menyala kembali saat Anda menghidupkan mobil. Audio yang hidup dengan dukungan aki tentu akan kaget karena tekanan aki saat mobil baru menyala tidaklah stabil.

Jika aturan-aturan tersebut Anda terapkan, akan ada beragam manfaat yang didapatkan, mulai dari terawatnya mesin, komponen listrik mobil, hingga semakin lamanya usia mobil Anda. Nah, Anda tentu juga ingin mobil sporty terbaik, Nissan Navara Anda tetap terawat bukan? Apalagi dengan performa mesin tangguh Nissan Navara yang didukung oleh Intercool Turbo-diesel yang membuat kerja mesin semakin kuat. Karena itu, mulailah hindari kebiasaan mematikan mesin secara tiba-tiba supaya performa mobil tetap terjaga dengan baik.