Jok mobil yang bersih membantu menjaga kenyamanan perjalanan Nissan Lovers. Mari cari tahu cara merawat dan membersihkan jok mobil.

jok mobil

Banyak hal yang bisa membuat kotor dan merusak jok mobil. Mulai dari kejatuhan serpihan makan, ketumpahan minuman, bahkan sampai terinjak sepatu. Hal-hal seperti itu bisa membuat jok mobil tidak sedap dipandang mata dan menimbulkan bau tak sedap. Segera luangkan waktu untuk menyayangi mobil Nissan Lovers dengan merawat dan membersihkannya.

Sebelum memulai membersihkan jok, persiapkan car vacuum cleaner, sikat gigi, lap microfiber kering, plas chamois, dan obat pembersih khusus sesuai bahan jok. Apapun bahan jok Anda, mulailah melakukan proses pembersihan dengan car vacuum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran.

Namun perlu Anda ingat, sebelum membersihkan jok mobil, perhatikan bahan apa yang melapisi jok mobil Anda karena perawatannya berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

1.       Genuine Leather

Mobil-mobil premium seperti Nissan Teana pasti menggunakan kulit asli pada joknya. Ketika jok erkena noda atau kotor gunakan gunakan vacuum cleaner, setelah itu usap permukaan jok menggunakan plas chamois yang sudah lembap. Bisa juga semprotkan atau tuangkan sedikit cairan pembersih ke area yang ingin dibersihkan lalu sikat perlahan dengan sikat gigi. Setelah itu, keringkan bagian tersebut dengan lap microfiber bersih sebelum cairan pembersih tersebut mengering.

Anjuran perawatan: Bersihkan secara rutin minimal 2 bulan sekali. Jaga kelembapan jok dengan conditioner khusus jok kulit asli setiap tiga bulan sekali. Jangan parkir di bawah sinar matahari langsung atau sebaiknya gunakan sun visor. Bila terkena noda harus langsung dibersihkan.

2.       Synthetic Leather

Bila tidak memiliki obat pembersih khusus, gunakan shampoo atau pembersih kaca. Jangan menggunakan detergen atau alkohol karena akan merusak jok berbahan sintetis.

Anjuran perawatan: Parkir di tempat teduh atau gunakan sun visor dan rutin dibersihkan minimal sebulan dua kali.

3.       Soft Fabric

Bahan Soft Fabric bisa ditemukan di berbagai jenis mobil, salah satunya yang menggunakan bahan ini adalah Nissan Evalia Type FV. Untuk membersihkan debu dan kotoran cukup gunakan vacuum cleaner, lalu semprotkan sedikit cairan pembersih ke area yang ingin dibersihkan, selanjutnya sikat perlahan menggunakan sikat gigi searah permukaan. Bila sudah bersih, keringkan jok dengan cara melepas jok dan menjemurnya tidak langsung di bawah sinar matahari langsung. Bisa juga Anda mengeringkannya dengan membuka semua pintu mobil.

Anjuran perawatan: jangan parkir di bawah sinar matahari langsung atau sebaiknya gunakan sun visor, bila terkena noda langsung dibersihkan, dan bersihkan secara rutin.

Ternyata, membersihkan jok mobil Anda tidak lah sulit. Peralatan yang digunakan pun mudah dibeli di toko otomotif. Jadi, lakukanlah perawatan secara rutin agar mobil Nissan Lovers tetap nyaman dillihat sampai ke bagian eksterior mobil.