Apa Iya Mobil Hybrid Lebih Irit? Ini Hasil Tes Konsumsi BBM Nissan Kicks e-Power

23 Mei 2023

Apa Iya Mobil Hybrid Lebih Irit? Ini Hasil Tes Konsumsi BBM Nissan Kicks e-Power

detikOto- Salah satu faktor penentu mobil yang nyaman digunakan sehari-hari adalah efisiensi bahan bakar. Lantas bagaimana dengan efisiensi dari sebuah mobil hybrid? detikOto melakukan pengetesan selama beberapa hari terhadap Nissan Kicks e-Power untuk mencari tahu efisiensi bahan bakarnya. Mobil yang kami tes merupakan Kicks e-Power facelift atau model tahun 2023 yang mendapat pembaruan dari sektor dapur pacu serta teknologinya.


Sebelum ke hasil pengetesan, perlu diketahui bahwa Kicks e-Power hadir sebagai mobil hybrid serial. Di mana, mesin bensinnya bertugas untuk memberikan tenaga ke motor listrik dan mengecas baterai, sementara roda digerakkan langsung oleh motor listrik. Nissan Kicks e-Power sendiri menggunakan mesin bensin HR12 1.198 cc 3-silinder yang sama dengan kepunyaan Nissan March. Mesin bensin ini diklaim bertenaga 82 PS di 6.000 RPM dan torsi 103 Nm di rentang 3.600-5.200 RPM.

Mesin bensin ini dikawinkan dengan motor listrik synchronous berkode EM47. Motor listrik ini bertenaga 136 PS di rentang 4.000-8992 RPM dan torsi 280 Nm di rentang 500-3.008 RPM.

Kombinasi mesin bensin dan motor listrik dari Nissan Kicks e-Power ini cukup efektif menyalurkan tenaga ke roda. Secara umum, karakter penyaluran tenaga dari mobil ini identik dengan mobil listrik murni yang instan dan senyap. Nissan Kicks e-Power hadir dengan torsi yang dapat keluar secara instan, tak hanya sejak pedal gas diinjak pertama kali. Sehingga mengendarai mobil ini terasa lincah dan bertenaga.


Kami tes di rute harian di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam, Nissan Kicks e-Power berhasil mencatatkan angka konsumsi BBM rata-rata di 19,6 km per liter. Sementara di rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km per jam, Nissan Kicks e-Power tercatat konsumsi BBM rata-ratanya di angka 18,3 km per liter. Mengendarai Nissan Kicks e-Power di rute dalam kota memang lebih irit, sebab mesin bensin lebih jarang menyala dan penggunaan mode EV lebih sering bekerja. Sebaliknya, saat mobil dipacu di jalan tol, baterai akan lebih cepat habis dan mesin bensin lebih sering menyala untuk mengisi dayanya.

Secara umum, Nissan Kicks e-Power hadir dengan nilai efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Sebagai sebuah SUV berukuran medium, tentu mobil ini layak dipakai harian dengan keiritan bahan bakarnya dan kemudahan menggunakan mobil hybrid-nya.