Bedah Fitur Canggih Nissan Kicks e-Power

26 Mei 2023

Bedah Fitur Canggih Nissan Kicks e-Power

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tampilan eksterior dan interior, kini saatnya membahas fitur andalan Nissan Kicks e-Power. Sport utility vehicle (SUV) bermesin hybrid ini dibekali dengan beragam teknologi canggih yang diperuntukkan untuk kemudahan bagi penggunanya saat berkendara. Tak hanya itu, pada sektor hiburan mobil ini juga dibekali dengan tampilan yang modern. Nissan Kicks e-Power dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Mobil ini juga sudah dibekali dengan One-Pedal operation atau e-Pedal yang merupakan teknologi pintar untuk melakukan akselerasi dan deselerasi hanya dengan menggunakan satu pedal. Beberapa fitur keamanan yang cukup mumpuni juga sudah disematkan di SUV ringkas asal Jepang ini. Mulai dari Intelligent Forward Collision Warning yang mendeteksi pergerakan mendadak kendaraan di depan pada jalur yang sama dan memperingatkan pengemudi akan potensi tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Kemudian ada, Intelligent Emergency Braking yang secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan dan pengereman darurat saat risiko tabrakan meningkat sehingga dapat menghindarkan terjadinya tabrakan belakang atau mengurangi dampak dari tabrakan itu sendiri. Nissan Kics e-Power turut dilengkapi dengan Lane Departure Warning yang memberikan peringatan berupa getaran pada pengemudi apabila kendaraan mulai meninggalkan jalur. Ada juga Blind Spot Warning berupa sensor yang mendeteksi kendaraan lain mendekat ke titik buta kendaraan dari arah belakang. Uniknya, lampu indikator ini berada di dekat pilar A pada kabin. Berbeda dengan mobil lain yang biasanya meletakan lampu indikator peringatan pada kaca spion.

Tak hanya itu, masih ada teknologi canggih lainnya, seperti Intelligent Cruise Control yang membuat kendaraan secara otomatis menjaga jarak dan kecepatan aman dari kendaraan di depannya sehingga mengurangi kelelahan pengemudi saat perjalanan jauh. Sementara untuk fitur seperti Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Driver Alertness serta High Beam Assist sudah menjadi fitur standar pada Kicks e-Power.