Cari Mobil Serba Bisa? Mobil SUV Adalah Solusinya!

17 Februari 2023

Cari Mobil Serba Bisa? Mobil SUV Adalah Solusinya!

Saat akan membeli mobil baru, Anda pasti bingung memilih dari banyaknya mobil yang tersedia. Jangankan bicara merek, memilih model saja, mungkin Anda sudah bingung. Sekarang ini, tersedia banyak model mobil seperti hatchback, citycar, MPV, dan sebagainya.

Daripada bingung memilih, sebaiknya Anda memilih mobil serbabisa. Jadi, bisa dikatakan bahwa mobil SUV adalah pilihan terbaik untuk Anda. Mengapa demikian? Dan sebenarnya, apa itu SUV?

Apa itu SUV?

Kepanjangan dari mobil SUV adalah Sport Utility Vehicle. Mobil jenis ini menggabungkan elemen mobil penumpang yang lega dan nyaman, tetapi dengan sentuhan fitur off-road yang membuatnya bisa melewati segala medan.

Karena karakteristik tersebut, mobil SUV adalah pilihan yang tepat untuk berkeliling kota maupun melakukan perjalanan antarkota. Bahkan jika jalanan antarkota tersebut masih berbatu, Anda tidak perlu khawatir mobil akan kesulitan melewatinya.

Memangnya, kenapa mobil SUV adalah mobil yang cocok untuk Anda?

Apa untungnya memiliki mobil SUV?

Ada banyak keuntungan dari memiliki sebuah mobil SUV. Berikut adalah rangkuman mengenai apa saja manfaat mengendarai SUV daripada jenis mobil lainnya.

-       Bisa digunakan untuk berbagai jenis medan

Seperti yang sudah disebutkan, mobil SUV adalah mobil yang cocok untuk segala medan jalan. Alasannya karena mobil SUV telah dilengkapi dengan berbagai fitur khusus off-road, salah satunya termasuk sasis yang kuat dan kokoh.

Sasis yang kuat ini akan memungkinkan mobil menahan beban maksimum, tapi tetap mempertahankan ketinggian mobil. Sasis yang kuat ini juga didukung oleh suspensi yang tidak kalah tangguh.

Selain itu, mobil SUV juga biasanya memiliki diameter ban yang dua kali lebih besar daripada mobil pada umumnya, serta cengkeraman yang lebih kuat. Semua ini diperlukan agar mobil memiliki ground clearance yang tinggi. Dengan ground clearance yang tinggi, Anda tidak perlu takut mobil anda tersangkut atau bagian bawah mobil terbentur bagian tanah yang tidak rata. Karakteristik ini juga bermanfaat jika Anda terpaksa menerjang banjir.

Tidak hanya dari segi karakteristik, kemampuan untuk melewati semua medan ini juga didukung oleh sistem keamanan yang telah dimiliki oleh banyak SUV modern. Misalnya saja untuk mobil merek Nissan, terdapat fitur yang dinamakan Nissan Intelligent Mobility.

Fitur keamanan tersebut akan membuat pengendara semakin tenang saat harus melewati medan yang sulit. Pengendara juga tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menaklukkan medan tersebut.

-       Mampu menyimpan banyak barang

SUV pada umumnya dilengkapi dengan dimensi bodi yang besar. Tetapi bukan dimensinya saja, bagasi mobil SUV juga cukup besar untuk menyimpan banyak barang, apalagi jika kursi baris ketiga dilipat.

Jadi, mobil SUV adalah mobil yang cocok dibawa jika Anda akan melakukan perjalanan jarak jauh dan butuh membawa banyak barang . Misalnya saja saat Anda akan mudik atau melakukan road trip. Atau mungkin, Anda sedang melakukan pindah rumah dan Anda ingin proses pindahan jadi lebih praktis.

-       Kapasitas penumpang lebih besar

Selain memiliki bagasi yang besar, SUV biasanya memiliki kapasitas penumpang yang besar pula. Bahkan, beberapa tipe mobil SUV dapat menampung hingga tujuh orang tanpa berdesak-desakan.

Karena mobil ini juga didesain sebagai mobil penumpang atau passenger car, Anda tidak perlu takut penumpang yang duduk di baris tengah maupun belakang akan merasa tidak nyaman. Setiap SUV telah memiliki desain masing-masing agar penumpang bisa merasa nyaman selama perjalanan.

Untuk melengkapi kenyamanan para penumpang, beberapa tipe SUV juga dilengkapi dengan sistem entertainment. Mulai dari roof monitor, colokan untuk charger, dan kebutuhan lainnya, semua bisa jadi pelengkap perjalanan jauh Anda dan keluarga.

-       Dapur pacu yang tangguh

Rata-rata, setiap unit mobil SUV dibekali dengan mesin yang kapasitasnya cukup besar, seperti 2500 cc atau mungkin lebih. Mesin yang dapat menghasilkan tenaga besar ini memang dibutuhkan agar mobil dapat menaklukkan medan yang sulit meskipun dengan beban penumpang cukup banyak.

Selain mesin yang tangguh, keunggulan dari mobil SUV adalah penggunaan sistem 4x4 FWD atau four wheel drive. Artinya, keempat roda SUV memiliki sistem penggeraknya sendiri. Dengan begitu, SUV akan terasa lebih lincah saat melewati medan yang tidak rata. Namun, tenang saja, Anda juga tetap bisa mengaktifkan sistem penggerak 4x2 (2WD) jika memang lebih dibutuhkan.

Bagaimana, jadi tertarik untuk memiliki mobil SUV, kan? Jika iya, Anda bisa mempertimbangkan Nissan Terra, mobil SUV keluaran Nissan yang performanya tidak perlu diragukan lagi. Nissan Terra tidak hanya memiliki mesin yang tangguh, tapi juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap dan canggih.

Jika ingin tahu lebih jauh mengenai mobil SUV satu ini, Anda bisa mengunjungi website Nissan Indonesia atau follow Instagram Nissan di @nissanid!