NISSAN MENANGKAN TIGA PENGHARGAAN DALAM INDEKS KEBAHAGIAAN BERKENDARA

Jakarta, 1 April 2016

  • Penghargaan diberikan sebagai merek dan mobil paling membahagiakan untuk kategori “Merek Mobil”, “Double Cabin”, dan “High SUV Bensin”

PT. Nissan Motor Indonesia memenangkan tiga penghargaan sekaligus dalam survei Indeks Kebahagiaan Berkendara (IKB) 2016. Brand Nissan berhasil meraih penghargaan kategori “Merek Mobil Paling Membahagiakan 2016”, sementara Navara berada di peringkat teratas di kategori “Double Cabin” dengan nilai indeks 49,93% dan All X-Trail berhasil meraih penghargaan di kategori “High Sport Utility Vehicle (SUV) Bensin” dengan indeks penilaian sebanyak 56,86%.

General Manager Marketing Strategy NMI Budi Nur Mukmin mengatakan, “Bagi Nissan kepuasan pelanggan adalah prioritas kami. Nissan selalu berupaya untuk memberikan pengalaman terbaik dari sejak awal pembelian produk sampai dengan pelayanan purna jual. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan berdasarkan komentar langsung para konsumen yang puas dan bahagia dengan produk dan pelayanan kami. Penghargaan ini memperkuat posisi Nissan sebagai mobil yang berkualitas, andal, nyaman dan menyenangkan untuk dikendarai.”

Indeks Kebahagiaan Berkendara (IKB) merupakan formulasi dari indeks tingkat kepuasan berkendara dan indeks tingkat emosi saat berkendara. Indeks kepuasan berkendara terdiri dari kepuasan terhadap kendaraan (kualitas bodi, mesin, fitur/teknologi, after-sales/market), kondisi jalan yang dilalui, dan perilaku pengendara orang lain. Keseluruhan faktor tersebut mempengaruhi seberapa besar kebahagiaan seseorang dalam berkendara. Survei tersebut sudah memasuki tahun kedua sejak diselenggarakan tahun 2015.

Budi menjelaskan terpilihnya X-Trail di peringkat teratas dalam kategori “High Sport Utility Vehicle (SUV) Bensin” menegaskan bahwa X-Trail merupakan SUV yang dapat diandalkan. “Berbagai fitur di X-Trail seperti Around View Monitor (AVM), Touchless Backdoors, dan ruang bagasi yang luas menambah kenyamanan berkendara sehingga memberikan pengalaman menyenangkan.”

Navara yang juga duduk di peringkat teratas untuk kategori “Double Cabin” memiliki berbagai fitur seperti shift-on-the-fly 4x4, hill start assist, hill descent control, dan VDC & Traction Control System yang memudahkan pengemudi saat berkendara, baik di medan off-road maupun berjalan di jalan raya.

Navara juga dikenal sebagai mobil double cabin yang memiliki tenaga paling besar di kelasnya. Mesin 2.500 cc turbo diesel yang disematkan di balik kap mesin Navara VL mampu menyeburkan tenaga sebesar 163 hp di 3.600 rpm.

Meski termasuk dalam kategori double cabin, Navara tetap menyajikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya karena mengusung sistem suspensi rigid 5-link dengan coil spring.

“Berbagai fitur di dalam Navara diciptakan untuk kenyamanan, fungsional dan menitikberatkan pada fitur-fitur safety terbaik di kelasnya. Hal inilah yang menjadikan Navara mobil double cabin yang membahagiakan dari media otomotif nasional,” katanya.

Untuk kategori “Merek Mobil Paling Membahagiakan” peringkat Nissan naik dari posisi tujuh tahun lalu ke peringkat pertama tahun ini dengan perolehan angka indeks naik dari 64,12% menjadi 69,60%. Hal ini membuktikan bahwa Nissan selalu mendengarkan masukan dari pelanggan dan terus meningkatkan mutu pelayanannya. Peningkatan mutu sales dan after sales inilah yang juga menjadi fokus utama NMI pada tahun ini.

“Nissan selalu berusaha untuk menyuguhkan produk-produk yang Fun to Drive, mobil yang membuat sang pengendara bahagia saat mengendarainya,” ujar Budi.

Sebagai bagian dari usaha untuk selalu meningkatkan kepuasan pelanggan, awal tahun ini Nissan meresmikan Spare Part Center (SPC) baru di Purwakarta. SPC memiliki sistem informasi yang canggih, sehingga estimasi waktu pengiriman suku cadang ke pelanggan bisa dilakukan lebih akurat. Nissan menjamin ketersediaan suku cadang 1x24 jam atau gratis.

Selain itu, fasilitas ERA24 memberikan layanan darurat 24 jam atas kerusakan kendaraan di jalan. Layanan Mobile Service ditawarkan untuk para pelanggan yang ingin melakukan perawatan berkala tanpa harus mendatangi bengkel resmi. Nissan Care Online Assistance (Nicole) pun siap membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi komprehensif mengenai Nissan 1x24 jam.

“Walaupun telah mencapai peringkat pertama dalam Indeks Kebahagiaan Berkendara, namun Nissan akan terus berinovasi untuk menjaga kepuasan dan kebahagiaan pelanggan dengan sepenuh hati,” tutup Budi.

Survei yang dilakukan oleh Otomotifnet tersebut melibatkan 3.086 responden yang berusia lebih dari 18 tahun dan tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Survei kali ini juga terbagi menjadi 13 kategori sepeda motor dan 16 kategori mobil.