Berencana Touring Tahun 2023? Simak 7 Cara Perawatan Mobil Listrik Ini!

27 Januari 2023

Berencana Touring Tahun 2023? Simak 7 Cara Perawatan Mobil Listrik Ini!

Bagi yang sudah lama berencana untuk touring, tahun 2023 adalah waktu yang tepat untuk mewujudkannya. Selagi masih awal tahun, coba cari tanggal liburan yang cocok untuk touring ke luar kota. Jika Anda ingin ke luar kota dengan mobil listrik, sebaiknya pahami cara perawatan mobil listrik sebelum berangkat. Ikuti 7 kiat merawat mobil listrik di bawah ini agar Anda senantiasa aman dan nyaman sampai tujuan!

7 Cara Perawatan Mobil Listrik untuk Liburan

1. Periksa kondisi baterai

Apapun jenis dan tipe mobil listriknya, baterai merupakan komponen terpenting sebagai sumber bahan bakar. Pasalnya, tanpa baterai, mobil Anda tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi, pengecekan keadaan baterai akan membantu Anda menentukan langkah perawatan yang harus diambil selanjutnya.

Misalnya, jika persentase baterai mobil berada pada rentang 10 hingga 20 persen, sebaiknya langsung diisi ulang hingga 80 persen. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir mobil akan mogok di tengah perjalanan.

2. Utamakan slow charging

Mayoritas mobil listrik modern mendukung mode fast charging atau bahkan ultra fast charging untuk menghemat waktu. Tapi, slow charging lebih disarankan untuk pengisian ulang secara rutin dengan aman, walaupun waktu pengisiannya lebih lama.

Di sisi lain, fast charging dapat berpotensi memperpendek usia baterai mobil listrik Anda sebab daya yang disalurkan lebih banyak pada satu waktu. Jadi, gunakan fast charging seperlunya saja saat Anda mengunjungi tempat pengisian baterai mobil listrik.

3. Rajin cek software mobil

Salah satu langkah perawatan mobil listrik yang tidak boleh dilupakan adalah mengecek versi software atau perangkat lunaknya. Ini penting sekali karena fitur-fitur canggih pada mobil listrik beroperasi dengan perangkat lunak bawaan pabrik yang harus diperbarui secara berkala. Pembaruan ini akan mengatasi bug yang dapat muncul dan mengganggu operasional mobil.

Karena itu, Anda harus sudah memiliki versi software terbaru, terutama menjelang liburan Natal dan Tahun Baru. Dengan adanya perangkat lunak yang telah diperbarui, Anda dapat mengecek kondisi mobil dengan lebih mudah.

4. Tetap isi baterai walau sedang tidak digunakan

Perawatan mobil listrik yang efektif memerlukan jadwal charging rutin, terutama untuk menjaga kesehatan baterainya. Maka dari itu, sebaiknya baterai mobil listrik wajib diisi ulang secara berkala, walaupun Anda tidak sedang bepergian dengan mobil listrik.

Sebagaimana smartphone pada umumnya, baterai mobil listrik yang terus dibiarkan di bawah sepuluh persen dalam waktu lama akan lebih cepat rusak karena sirkulasi dayanya terganggu. Jika disimpulkan, Anda harus tetap mengisi ulang mobil listrik untuk menjaga sirkulasi baterainya, bahkan ketika sedang tidak digunakan.

5. Merawat outlet pengisian baterai

Menjaga kondisi baterai saja tidak cukup untuk perawatan mobil listrik, sebab saluran pengisian baterai yang kurang bersih juga akan memengaruhi kapasitas baterai. Jadi, Anda harus memastikan bahwa charging outlet yang terpasang di rumah senantiasa berada dalam kondisi bersih.

Untungnya, membersihkan outlet pengisian baterai mobil listrik sendiri tidaklah sulit karena Anda hanya perlu menyiapkan kain lembab yang sudah sedikit dibasahi dengan cairan pembersih khusus interior mobil.

6. Jangan lupa tetap cek komponen lain

Selain merawat baterai, jangan lupa memeriksa kondisi kampas rem, radiator, dan filter AC. Masalahnya, ketiga komponen tersebut akan mengganggu perjalanan jika diabaikan. Pertama, kampas rem yang sudah menipis dapat membahayakan Anda saat mengerem mobil. Kedua, air radiator yang sudah habis akan membuat mobil Anda lebih rentan terkena overheat. Ketiga, filter AC yang dibiarkan kotor dan tersumbat akan membuat interior mobil terasa lebih panas.

Jadi, Anda harus rajin membersihkan filter AC, mengisi air radiator, serta mengganti kampas rem supaya keluarga Anda merasa lebih nyaman di perjalanan.

7. Parkir di tempat yang sejuk saat liburan

Kini, mobil listrik memiliki sistem termal untuk menjaga sirkulasi suhu mesin agar tidak terlalu panas. Sistem tersebut akan bekerja semakin keras jika suhu udara sekitar sedang tinggi, dan akibatnya, daya baterai yang dihabiskan juga lebih banyak.

Untuk mencegahnya, hindari memarkir kendaraan di tempat yang terekspos sinar matahari langsung saat berlibur. Baterai mobil listrik Anda akan lebih awet kalau Anda memilih tempat parkir yang teduh dan sejuk.

Bagi Anda yang masih ragu untuk memiliki mobil listrik tidak perlu khawatir lagi dengan perawatannya. Tips-tips perawatan mobil listrik di atas bisa dilakukan dengan mudah, bukan? Nah, saatnya tentukan mobil listrik impian Anda dengan sesi test drive mobil listrik keluaran Nissan, yaitu New Nissan Kicks e-POWER dan Nissan Leaf!

Kunjungi website www.nissan.co.id untuk membuat janji temu test drive sekarang juga. Jangan lupa follow Instagram kami di @nissanid dan dapatkan informasi terbaru tentang mobil listrik Nissan!