Power Mover, Teknologi yang Buat Nissan Leaf Bisa Jadi "Genset" Rumah

27 Januari 2023

Power Mover, Teknologi yang Buat Nissan Leaf Bisa Jadi "Genset" Rumah

Lambat laun, teknologi mobil listrik semakin berkembang, terutama pada komponen baterainya. Berbeda dengan sebelumnya, mobil listrik zaman sekarang sudah memiliki kapasitas baterai yang tidak boleh diremehkan.

Inovasi pada teknologi baterai mobil listrik juga bertambah maju, seperti yang dapat diamati dari Nissan Leaf. Unit kendaraan listrik ini mempunyai pasokan cadangan tenaga listrik yang cocok untuk kondisi darurat. Seperti apakah cara kerjanya?

Kenalan dengan Nissan Leaf, mobil listrik pertama di dunia

Dalam rangka mendukung agenda menggalakkan penggunaan mobil listrik secara global, Nissan Leaf mulai diproduksi secara massal. Nah, dari sanalah lini kendaraan ini mendapatkan pamor sebagai mobil listrik pertama yang dijual secara besar-besaran.

Hingga saat ini, Nissan Leaf telah mencetak angka penjualan sebesar 500.000 unit dan akan terus meningkat. Dengan adanya sistem produksi massal Nissan Leaf, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama hingga bisa mengendarainya. 

Power Mover, jadikan Nissan Leaf "genset" rumah

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan powerbank untuk smartphone. Bisa dikatakan, Nissan Leaf mengusung konsep teknologi serupa dengan Power Mover. Apa itu?

Singkatnya, Power Mover adalah aksesori opsional untuk Nissan Leaf yang dapat menampung tenaga listrik cadangan untuk dibawa ke mana saja. Tenaga listrik yang diperoleh dari daya baterai utama Nissan Leaf untuk Power Mover dapat menjadi sumber energi untuk peralatan rumah tangga, seperti AC, kulkas, dan sebagainya.

Besaran daya yang dapat ditampung pasokan listrik portable ini cukup besar, tepatnya 4.500 watt. Dengan energi sebesar itu, Anda bisa beraktivitas seperti biasa ketika pemadaman listrik sedang terjadi di rumah Anda. Tidak mengherankan jika aksesori ini dapat dianggap sebagai “genset” untuk rumah.

Daya tahan baterai Nissan Leaf

Rahasia utama di balik daya tahan pasokan energi Nissan Leaf adalah baterai lithium-ion yang berkapasitas besar. Jika Anda berkendara dengan mobil listrik ini secara normal, baterainya akan bertahan selama delapan tahun atau hingga mencapai mileage 160.000 km. Lalu, Anda dapat melaju sejauh 311 km untuk sekali perjalanan dengan baterai Nissan Leaf yang sudah terisi penuh.

Dengan kata lain, kapasitas baterai yang dimiliki mobil ini sangat mendukung perjalanan jarak jauh Anda selama beberapa tahun ke depan. Daya tahan ini adalah wujud komitmen Nissan terhadap keberlangsungan energi demi melestarikan lingkungan karena Anda tidak perlu terlalu sering mengganti baterai.

Kenapa harus Nissan Leaf?

Tidak hanya portable charger yang praktis dan memiliki daya tampung yang tinggi, Nissan Leaf juga menawarkan sejumlah kelebihan bagi pelanggan. Berikut tiga fitur yang ditawarkan.

1. Dilengkapi dengan Nissan Intelligent Mobility

Kecanggihan Nissan Leaf terdapat pada fitur Nissan Intelligent Mobility yang mengoptimalkan akselerasi. Mobil listrik ini tidak membutuhkan waktu sampai delapan detik untuk dapat melaju sejauh 100 km berkat performa akselerasi yang disesuaikan oleh teknologi canggih ini.

Saat berkendara dengan Nissan Leaf, Anda juga tidak perlu repot memindahkan kaki dari satu pedal ke pedal lainnya. Semua fitur yang diperlukan untuk menghentikan atau menambah kecepatan mobil terpusat pada pedal gas saja. Caranya, Anda cukup mengatur kekuatan injakan Anda pada pedal.

2. Punya deretan fitur canggih

Teknologi canggih yang ada pada Nissan Leaf tidak hanya berfokus pada optimalisasi akselerasi, tetapi juga keamanan pengemudi serta penumpang. Untuk meminimalisir risiko kecelakaan, Nissan Leaf dilengkapi dengan sejumlah sensor serta alarm yang berperan sebagai pendeteksi potensi tabrakan dari berbagai arah.

Lalu, ada fitur assist start yang tersedia untuk membantu Anda menjaga posisi mobil saat berhenti di tanjakan curam. Jadi, Anda bisa berkendara dengan lebih tenang, seperti apa pun medannya.

3. Mobil listrik pertama di dunia

Sebagai pionir terdepan kendaraan listrik dalam lingkup global, Nissan Leaf terus mengutamakan inovasi demi kemudahan dan efisiensi energi. Untuk menunjang kepraktisan, daya listrik Nissan Leaf dapat diisi di rumah maupun sarana umum dengan berbagai pilihan kecepatan charging. Tidak hanya itu, Anda dapat menghemat pasokan energi saat berkendara karena sistem cerdas pada mesin mobil akan menyeimbangkan akselerasi dan emisi energi.

Apakah Anda berencana memiliki mobil listrik dalam waktu dekat? Mantapkan pilihan Anda dengan test drive mobil Nissan Leaf bersama kami!

Cara mendaftarnya juga sangat mudah dan cepat. Setelah mengunjungi www.nissan.co.id, Anda hanya perlu mencari menu “Daftar Test Drive” pada halaman khusus Nissan Leaf. Perwakilan kami akan menjadwalkan waktu test drive yang paling ideal jika Anda sudah mengisi daftar diri dan memilih lokasi dealer yang diinginkan. Kami tunggu kedatangan Anda!